Definisi eNofa

wismacibanteng

New member
Sudahkah Anda mengetahui sistem terbaru, eNofa online atau Elektronik Penomoran Faktur Pajak?

eNofa adalah aplikasi yang disediakan Direktorat Jenderal Pajak bagi Wajib Pajak untuk melakukan permintaan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) secara online.

Mari simak pembahasan lebih lengkapnya di artikel berikut ini.Definisi dan Regulasi eNofa Online
eNofa adalah website permohonan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) yang dibuat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk mempermudah Pengusaha Kena Pajak (PKP) dalam meminta NSFP yang sebelumnya dilakukan secara manual.

ENofa diatur dalam ketetapan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-17/PJ/2014 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-24/PJ/2012 tentang Bentuk, Ukuran, Tata Cara Pengisian Keterangan Prosedur Pemberitahuan dalam Rangka Pembuatan, Tata Cara Pembetulan atau Penggantian, dan Tata Cara Pembatalan Faktur Pajak.Langkah-langkah Permohonan Nomor Seri Faktur Pajak Lewat eNofa Online
Kini untuk memudahkan Wajib Pajak, pemerintah menganjurkan pengajuan NSFP dilakukan melalui eNofa online.

Berikut ini langkah-langkah permintaannya:

Masuk pada situs https://efaktur.pajak.go.id/login
Lalu masukan NPWP dan password masing-masing Wajib Pajak.
Setelah berhasil login, klik pilihan “PERMINTAAN NSFP” pada bagian kiri.
Lalu isilah data yang diminta dengan benar dan setelah menyelesaikan permintaan data klik “PROSES”Persyaratan Penggunaan Aplikasi eNofa Online
Sebelum Anda mengajukan permohonan NFSP, pastikan Anda telah memenuhi persyaratan berikut:

Pemohon adalah Wajib Pajak yang telah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP). PKP adalah pengusaha yang memiliki perusahaan dengan omzet di atas Rp4,8 miliar per tahun. Pengusaha yang memiliki omzet dibawah Rp 4,8 miliar per tahun dapat memilih untuk menjadi PKP atau nonPKP.
Memiliki kode aktivasi dan password yang diberikan DJP.
Memiliki sertifikat elektronik yang sebelumnya telah diajukan ke kantor pelayanan pajak tempat wajib pajak terdaftar dan disetujui oleh DJP. Masa berlaku sertifikat tersebut yaitu 2 tahun sejak diberikan.

Definisi Enofa
 
ENOFA adalah sistem yang dapat Anda gunakan online untuk meminta Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP). Layanan ini diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk menyediakan fasilitas bagi Pengusaha Kena Pajak (PKP) dalam meminta NSFP. Karena permintaan untuk Nomor Seri Faktur Pajak masih dilakukan secara manual sebelum eNofa ada.

Dengan adanya aplikasi e-Nofa, DJP dapat memberikan NSFP kepada Pengusaha Kena Pajak (PKP) dengan lebih sistematis dan dengan pengawasan yang lebih baik. Sebab, dulu PKP bisa dengan leluasa memberikan penomoran pada faktur pajaknya, namun kini hanya PKP yang telah melakukan registrasi dan terverifikasi yang dapat memperoleh NSFP.

Nah, e-Nofa menjadi sangat penting bagi PKP lantaran dulu untuk mengajukan permohonan NSFP, PKP harus melalui serangkaian proses pengajuan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Namun, dengan adanya aplikasi e-Nofa, saat ini prosesnya jadi jauh lebih mudah.
Oleh karena itu, sah-sah saja jika penulisan keduanya disandingkan menjadi e-Nofa faktur pajak. Karena, keberadaan e-Nofa sangatlah penting dalam pembuatan faktur pajak.
 
e-Nofa adalah layanan yang disediakan oleh Direktorat Jendral Pajak untuk melakukan permintaan Nomor Seri Faktur secara online. Jika sudah memiliki NSFP, anda bisa menggunakan layanan lain seperti aplikasi efaktur dari DJP atau pun mitra resmi DJP.
 
Izin menanggapi

NSFP dikeluarkan Ditjen Pajak untuk PKP. Nomor ini dikeluarkan sesuai sistem khusus pembuatan nomor faktur pajak.

NSFP terbuat atas dari 16 huruf, angka, atau perpaduan keduanya. Sebanyak 16 digit ini terdiri dari:

a. 2 digit pertama kode transaksi

b. 1 digit kode status

c. 13 digit nomor faktur pajak.

NSFP diterbitkan atas dasar hukum Peraturan Ditjen Pajak Nomor PER-04/PJ/2020. Aturan ini mencantumkan regulasi tentang pembuatan nomor faktur, mulai dari bentuk, ukuran, lalu sistem untuk mengisi, memberitahu, membetulkan, serta membatalkan.

Surat Edaran Ditjen Pajak Nomor SE-08/PJ/2020 tentang Tata Cara Penyelesaian Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak mengatur tata cara memohon kode aktivasi dan kata sandi. Regulasi ini juga mengatur sistem permintaan, pengawasan, dan pengembalian NSFP
 
Back
Top