14 CARA MENDAPATKAN BACKLINK BERKUALITAS ALA PAKAR SEO

hadi20

New member
Cara mendapatkan backlink berkualitas - Backlink adalah tautan yang menuju ke suatu situs web yang berasal dari referensi atau rekomendasi dari situs web lain. Singkatnya, backlink adalah tautan yang menuju situs web.

Backlink bisa didapatkan dari cara manual ataupun natural. Manual berarti dibuat sendiri oleh pemilik situs, sedangkan natural berarti didapatkan dari hasil rekomendasi orang lain. Untuk memperoleh backlink ada teknik tertentu. Nah, cara membuat backlink disebut juga link building.

Pada dasarnya, SEO terbagi menjadi dua, yakni on page SEO dan off page SEO. Nah, link building termasuk ke dalam off page SEO.

Sebelum ke intisari artikel (cara mendapatkan backlink), saya ingin sedikit menerangkan lebih lanjut mengenai definisi backlink karena ini cukup penting.

Selama mesin penelusur seperti Google, Bing, Yahoo, dan lainnya masih ada dan belum tergantikan, peranan backlink masih sangat diperlukan sampai saat ini. Namun penanaman backlink yang tidak tepat akan menyebabkan situs web Anda diabaikan oleh mesin pencari (terutama Google yang sangat agresif dengan kecurigaan backlink 'manual').

Backlink secara manual terbagi menjadi dua jenis, yaitu white hat dan black hat. White hat merupakan teknik mencari backlink yang pada dasarnya disukai oleh Google. Sebaliknya, black hat merupakan teknik spam untuk memanipulasi Google dengan tujuan untuk mempercepat perkembangan ranking di halaman pencarian.

White hat sulit untuk dilakukan, makanya para webmaster lebih suka memakai teknik black hat walau mengandung risiko yang besar untuk masuk ke penalti Google. Walau demikian, white hat sangat bersih dan risiko terkena 'hukuman' penalti dari Google sangat kecil atau bahkan tidak ada sama sekali karena backlink terkandung dari cara yang aman.

Agar Anda tidak terjebak, berikut link building yang dikategorikan sebagai black hat yang tidak baik.

- Guest blog secara berlebihan di situs web berkualitas rendah.
- Web 2.0 yang hanya terdiri dari satu sampai dua buah artikel.
- Membeli backlink (menggunakan jasa backlink).
- Linkwheel.
- Spam di forum.
- Spam di komentar blog.
- Submit ke bookmark sosial secara berlebihan.
- High OBL (Situs web yang mengeluarkan banyak tautan keluar).
- Redirect/ auto submit situs web .GOV, .EDU, dan sebagainya.
- Dan lain-lain.

Lebih baik Anda tinggalkan teknik black hat di atas demi kesehatan blog Anda. Hukuman dari Google tidak tanggung-tanggung untuk penggunanya. Google telah menyiapkan banyak 'prajurit' seperti Google Penguin, Panda, dan sebagainya. Saya pun pernah terkena dampaknya, dan akhirnya membutuhkan waktu lama untuk memulihkannya. Bahkan kalau sudah parah bisa SELAMANYA.

Tidak berarti bahwa menggunakan teknik black hat akan pasti terkena dampak buruknya. Ada beberapa teknik black hat yang aman dan risiko terkena penalti kecil selama kadar penggunaannya tidak berlebihan. Cara ini akan dibahas lebih lanjut pada poin berikutnya.

Black hat ditemukan oleh para praktisi SEO Tools yang selalu mencari cara untuk berhasil melakukan tekniknya untuk mendapatkan ranking yang diinginkannya di Google. Teknik hitam ini memanfaatkan celah-celah yang belum diketahui Google. Namun celah tersebut semakin sempit karena Google sudah semakin pintar dalam menentukan posisi SERP. Hal ini biasa disebut algorithm atau dalam bahasa Indonesia disebut algoritma.
 
Back
Top