Benarkah Rutin Minum Bir atau Wine Bisa Memperpanjang Usia? Ini Kata Ahli

spirit

Mod
4849d584-e91e-4454-b91d-bc3a052516cb.jpg

Ternyata ada kaitan antara pola hidup dengan usia. Sebuah penelitian menemukan kalau kebiasaan minum dua gelas bir atau wine bisa memperpanjang usia. Kok bisa?

Sebuah riset yang dikepalai oleh seorang ahli saraf dari Universitas California bernama Claudia Kawas meneliti sebanyak 1.700 orang tua yang berusia di atas 90 tahun. Datanya diambil dari situs Studi 90+ dari tahun 2013.

Mereka meneliti kaitan antara umur yang panjang dengan kebiasaan sehari-hari. Penelitian ini menemukan kalau orang yang minum dua gelas bir atau wine setiap hari punya risiko kematian dini 18% lebih rendah dibandingkan yang tidak meminumnya, lapor Independent (19/2).

Hasil lainnya menunjukkan mereka yang lebih suka duduk, olahraga 15-45 menit setiap hari juga turun risiko kematian dini sebesar 11%.

"Saya tidak punya penjelasan tentang itu, tapi saya sangat yakin kalau minum bir dan wine dalam tingkat normal bisa memanjangkan umur," ujar Kawas padai pertemuan American Association for the Advancement of Science di Texas awal pekan lalu.

Berat badan juga mempengaruhi umur. Orang yang punya berat badan sedikit berlebih ternyata punya 3% risiko kematian dini lebih rendah. Dibandingkan mereka yang punya berat badan ideal.

"Tidak masalah kalau Anda kurus saat muda tapi sangat buruk jika Anda kurus saat tua," ujar Kawas. Hasil lainnya berkaitan dengan hobi yang rutin dijalani. Orang tua yang sibuk dengan hobinya selama 2 jam sehari punya risiko terkena kematian dini 21% lebih rendah.

Sementara orang tua yang sering menyesap dua cangkir kopi sehari punya risiko kematian dini 10% dibandingkan yang tidak mengonsumsi kopi. Diperlukan penelitan lebih lanjut agar bisa diketahui secara pasti kaitan pola hidup dengan umur yang panjang.


~sumber
 
sama seperti yang ane baca di forum kesehatan dan forum fitnes sebelah, minum bir atau winenya kan tapi dalam tingkat normal, bukan berlebihan. salahnya orang indo suka berlebihan, jadi banyak yang mati duluan.
 
sama seperti yang ane baca di forum kesehatan dan forum fitnes sebelah, minum bir atau winenya kan tapi dalam tingkat normal, bukan berlebihan. salahnya orang indo suka berlebihan, jadi banyak yang mati duluan.

Apalagi kl di oplos ya. Bir campur duren atau bahkan campur spiritus
 
Back
Top