Strategi Hidup Tanpa Utang Meski Gaji Pas-pasan

spirit

Mod
a1c3df7a-cc36-452a-ab91-882c5da4c0db_169.jpg

Memiliki gaji pas-pasan bukan berarti hidup ini juga pas-pasan. Segala sesuatunya memang seolah menjadi terbatas karena penghasilan sedikit.

Padahal masih banyak orang yang memiliki gaji pas-pasan tapi mampu membeli banyak barang. Hal itu tentu saja dengan cara menabung.

Menabung satu-satunya solusi untuk meminimalisir masalah di kemudian hari, anggap saja sebagai dana darurat. Jadi bagi yang memiliki penghasilan kecil jika mampu konsisten dalam menabung maka tak perlu takut lagi akan masa depan.

Selain itu bisa tak perlu lagi untuk berutang. Berikut ini adalah tips agar pekerja dengan penghasilan sedikit bisa memperoleh yang diinginkan tanpa harus berutang.

1. Mengatur Anggaran
Tiap bulan pasti ada anggaran yang keluar. Hal yang harus dilakukan adalah mengatur secara ketat anggaran pengeluaran bulanan dengan mempertimbangkan, menghitung dan menyusun keuangan. Hindari kebutuhan yang tidak penting dan utamakan kebutuhan yang paling penting sehingga uang dibelanjakan dengan cara yang baik.

2. Menempatkan Dana Darurat
Dana darurat adalah dana yang harus dipertimbangkan sejak awal, karena dana darurat bisa membantu keberlangsungan dana tabungan yang telah disisihkan. Dana ini juga bisa meminimalisir utang, apabila kelak ada keperluan yang mendesak maka tidak perlu berutang karena akan diambil dari dana darurat. Oleh karena itu sebaiknya masukan sejumlah dana darurat ke dalam anggaran keuangan.

3. Kegiatan Menabung setelah Gajian
Apabila gaji telah cair hal pertama yang harus dilakukan adalah menabung. Menabung harus diutamakan mengingat kebutuhan setiap waktu semakin meningkat namun penghasilan masih tetap sedikit. Jadi sebaiknya sisakan terlebih dahulu gaji yang akan ditabung, kemudian sisanya bisa digunakan untuk anggaran lain. Tabungan bisa membantu jika ada keadaan darurat sehingga tidak perlu berutang.

4. Tabungan dimasukkan ke dalam Rekening Khusus
Agar tabungan tidak tercampur dengan uang bulanan, sebaiknya masukkan tabungan ke dalam rekening khusus. Sehingga tabungan tidak ikut dipakai apabila hendak memakai uang bulanan untuk membeli sesuatu. Menempatkan tabungan pada rekening juga dapat mengontrol diri untuk tidak memakainya.

5. Menyisihkan jangan menyisakan
Khusus untuk pengeluatran wajib dan kebutuhan pokok, jenis pengeluaran ini harus menjadi prioritas sebelum untuk pengeluaran lainnya. Jadi sebaiknya saat mendapatkan penghasilan harus menyisihkannya bukan menyisakan. Dengan demikian bila yang wajib sudah dan butuh terpenuhi, maka lainnya lebih mudah tertangani.


sumber
 
kalau BPJS membantu ga ya? jadi meskipun ga punya dana darurat, kalau sakit & perlu dioperasi apa bisa pakai BPJS juga?
BPJS cuma bantu bidang kesehatan. Operasi juga geratis kalo dirujuk RS/Klinik dimana dia cek-up.
Kalo bantuan utang dulu di asuransi jiwa-sraya/bumi-putra bisa.
...
Napa sih takut utang? Indonesia yg kaya-raya saja jik suka ngutang!
cxixixi.. palagi orang-miskin kek aku.
Tiap tahun jatah ngutang 10jt. angsuran bulanan 850rb 12X potong gaji. sudah jalan 10th lebih!

- n1 -
 
Tiap tahun jatah ngutang 10jt. angsuran bulanan 850rb 12X potong gaji. sudah jalan 10th lebih!

- n1 -

ngutang dimana tuh. termasuk murah cicilannya. temanku ngutang 10juta di HomeCredit cicilan rp.690.000/bulan selama 24 bulan
 
attachment.php

...
Bank lokal/bank jateng.
---
ditawarin KUR di BRI. 25-50 jt. agunan cuma BPKB SPM. bunga sama cuma harus punya warung/toko kecil buat usaha. jik mumet mau buka warung apa!

- n1 -
mau buka warung jimat+obat ajaib!
 

Attachments

  • img001.jpg
    img001.jpg
    174.7 KB · Views: 121
Cara Mengatur Keuangan Pribadi Untuk Gaji Kecil
  1. Melakukan Pencatatan Pengeluaran. ...
  2. Menciptakan Anggaran Bulanan. ...
  3. Membebaskan Pribadi dari Hutang. ...
  4. Menggunakan Voucher dan Promo. ...
  5. Menjual Barang yang Tidak Digunakan. ...
  6. Membeli Barang Bekas. ...
  7. Menggunakan Transportasi Umum. ...
  8. Menjaga Kesehatan
 
Back
Top