kenapa jumlah bulan ada 12, seperti jam yang ada 12?
 
Go Back   Home > Science & Penemuan

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


kenapa jumlah bulan ada 12, seperti jam yang ada 12?

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

kenapa jumlah bulan ada 12, seperti jam yang ada 12?

apa ada kaitan angka 12, atau 2x12 (1 hari) dengan lingkaran/putaran ya?

kenapa jumlah bulan/jam bukan sampai angka 10? apa jangan2 hitungan 1 putaran itu seharusnya sampai 12, bukan 10, kebetulan saja kita diajari menghitung umumnya sampai 10, karena jumlah jari tangan hanya ada 10
agungsuhada
agungsuhada agungsuhada is offline
Admin

Post: 7.941
 
Reputasi: 159

n1ngs1h: nurut boss ii gimana nih?
Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: kenapa jumlah bulan ada 12, seperti jam yang ada 12?

kalo kita gugling "sejarah perhitungan waktu bulan tahun" .. banyak teori2 yg dikatakan pakar kira2 awalnya kapan dan bagaimana.
kalo nurut aku yg cuma dukun akik.. blum pakar nih! berawal dari peradaban bangsa maya.
Mereka menandai 1 hari (dengan acuan terbitnya matahari) 1 garis. ditemukan posisi matahari berada pada titik awal selama 365 garis/hari.
Sampai perhitungan galaksi bima-sakti berada dlm 1 garis juga terhitung. matahari-pluto semua 1 garis selama ... th. tepat th 2012 mereka 1 garis.(diperkirakan akan datang kiamat juga!)
lalu mereka menandai dg acuan bulan saat purnama kira2. dlm hitungan mereka selama 365 hari terjadi 12X bulan purnama.
Untuk penamaan.. ya suka2 kaum/bangsa berikut yg buat. juga di diferensi lagi ke dlm minggu hari jam menit. namun semua tak lepas dari perhitungan awal bangsa maya.

- n1 -
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 4.214
 
Reputasi: 557

agungsuhada:





Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: kenapa jumlah bulan ada 12, seperti jam yang ada 12?

Kutip:
Oleh n1ngs1h View Post
kalo kita gugling "sejarah perhitungan waktu bulan tahun" .. banyak teori2 yg dikatakan pakar kira2 awalnya kapan dan bagaimana.
kalo nurut aku yg cuma dukun akik.. blum pakar nih! berawal dari peradaban bangsa maya.
Mereka menandai 1 hari (dengan acuan terbitnya matahari) 1 garis. ditemukan posisi matahari berada pada titik awal selama 365 garis/hari.
Sampai perhitungan galaksi bima-sakti berada dlm 1 garis juga terhitung. matahari-pluto semua 1 garis selama ... th. tepat th 2012 mereka 1 garis.(diperkirakan akan datang kiamat juga!)
lalu mereka menandai dg acuan bulan saat purnama kira2. dlm hitungan mereka selama 365 hari terjadi 12X bulan purnama.
Untuk penamaan.. ya suka2 kaum/bangsa berikut yg buat. juga di diferensi lagi ke dlm minggu hari jam menit. namun semua tak lepas dari perhitungan awal bangsa maya.

- n1 -
repu
agungsuhada
agungsuhada agungsuhada is offline
Admin

Post: 7.941
 
Reputasi: 159






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Re: kenapa jumlah bulan ada 12, seperti jam yang ada 12?

Kutip:
Oleh n1ngs1h View Post
kalo kita gugling "sejarah perhitungan waktu bulan tahun" .. banyak teori2 yg dikatakan pakar kira2 awalnya kapan dan bagaimana.
kalo nurut aku yg cuma dukun akik.. blum pakar nih! berawal dari peradaban bangsa maya.
Mereka menandai 1 hari (dengan acuan terbitnya matahari) 1 garis. ditemukan posisi matahari berada pada titik awal selama 365 garis/hari.
Sampai perhitungan galaksi bima-sakti berada dlm 1 garis juga terhitung. matahari-pluto semua 1 garis selama ... th. tepat th 2012 mereka 1 garis.(diperkirakan akan datang kiamat juga!)
lalu mereka menandai dg acuan bulan saat purnama kira2. dlm hitungan mereka selama 365 hari terjadi 12X bulan purnama.
Untuk penamaan.. ya suka2 kaum/bangsa berikut yg buat. juga di diferensi lagi ke dlm minggu hari jam menit. namun semua tak lepas dari perhitungan awal bangsa maya.

- n1 -
udah ada beberapa artikelnya ternyata
"Ada beberapa pendapat yang mengemukakan bahwa sebenarnya angka bukanlah dari 1 sampai 10, tetapi angka dimulai dari satu dan berakhir di angka 12.

Pendapat lain juga menyebutkan bahwa 12 merupakan situasi perubahan. Didalam jam, angka 12 juga menjadi patokan perubahan menuju pergantian hari ."
http://www.artimimpi.co/2014/12/keun...-angka-12.html
agungsuhada
agungsuhada agungsuhada is offline
Admin

Post: 7.941
 
Reputasi: 159






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: kenapa jumlah bulan ada 12, seperti jam yang ada 12?

Kutip:
Oleh agungsuhada View Post
udah ada beberapa artikelnya ternyata
"Ada beberapa pendapat yang mengemukakan bahwa sebenarnya angka bukanlah dari 1 sampai 10, tetapi angka dimulai dari satu dan berakhir di angka 12.

Pendapat lain juga menyebutkan bahwa 12 merupakan situasi perubahan. Didalam jam, angka 12 juga menjadi patokan perubahan menuju pergantian hari ."
http://www.artimimpi.co/2014/12/keun...-angka-12.html
mendekati keyakinan kita. Baru2 ini Ilmuwan India temukan planet baru, satu tahun hanya 19,5 Hari

Kutip:
KOMPAS.com - Ilmuwan India telah menemukan sebuah exoplanet atau planet di luar Tata Surya yang mengorbit pada bintang mirip Matahari. Planet tersebut berjarak sekitar 66 tahun cahaya dari Bumi. Planet ini diberi nama EPIC 211945201b atau K2-236b dan besarnya 27 kali lebih besar dari Bumi.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 68.956
 
Reputasi: 1742



loading...



Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: kenapa jumlah bulan ada 12, seperti jam yang ada 12?

, oh iya yah, jam yg ngikutin bulan ,atau bulan yg ngikutin jam ya ?
adienoviyani
adienoviyani adienoviyani is offline
National Level

Post: 1.928
 
Reputasi: 7






Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Re: kenapa jumlah bulan ada 12, seperti jam yang ada 12?

kenapa angkanya sampai 12, bukan 10?
agungsuhada
agungsuhada agungsuhada is offline
Admin

Post: 7.941
 
Reputasi: 159






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: kenapa jumlah bulan ada 12, seperti jam yang ada 12?

Kutip:
Oleh adienoviyani View Post
, oh iya yah, jam yg ngikutin bulan ,atau bulan yg ngikutin jam ya ?
kalau engga salah jam yang ngikutin bulan
dari dulu yang nama nya bulan sudah ada,engga tau yang nama nya jam ada apa engga
jindo
jindo jindo is offline
National Level

Post: 821
 
Reputasi: 2






Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: kenapa jumlah bulan ada 12, seperti jam yang ada 12?

Kutip:
Oleh jindo View Post
kalau engga salah jam yang ngikutin bulan
dari dulu yang nama nya bulan sudah ada,engga tau yang nama nya jam ada apa engga
, ouh gtuu iya

berarti jam adinya bulan iya?:D
adienoviyani
adienoviyani adienoviyani is offline
National Level

Post: 1.928
 
Reputasi: 7






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: kenapa jumlah bulan ada 12, seperti jam yang ada 12?

Kutip:
Oleh agungsuhada View Post
kenapa angkanya sampai 12, bukan 10?
,oh iya knapa ya bisa 12, bukan 10

ayoo ada yang tau ga nih?
adienoviyani
adienoviyani adienoviyani is offline
National Level

Post: 1.928
 
Reputasi: 7

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
kenapa jumlah zodiak ada 12? apa ada kaitannya dengan jumlah bulan yang ada 12? bagongtimur Science & Penemuan 4
Kenapa jumlah hari ada 7, ga digenapin 10 aja? kacaudeh Science & Penemuan 2
kenapa jumlah zodiak ada 12? apa ada kaitannya dengan jumlah bulan yang ada 12? kendalikan Science & Penemuan 6


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.