Ban tubles motor kamu suka bocor terus ya, nih ada tips nya

adienoviyani

New member
Ban Tubeless itu sendiri sudah bukanlah trend yang baru, bahkan ban tubeless sendiri kini sudah banyak digunakan oleh beberapa pabrikan besar di beberapa produksi kendaraannya roda duanya.

Motor-motor yang tersebar di pasar tanah air juga sudah banyak yang pakai ban tubeless sebagai standar pabrik. Memang dari segi kualitas dan kuantitas, ban tubeless itu dinilai lebih baik dibanding ban tube biasa.

Nah ban tubeless itu sendiri kan udah gak pakai ban dalem, jadi tinggal isi angin terus udah deh. Tapi kenapa ya kok masih sering ditemui kasus-kasus kebocoran pada ban tubeless, padahal memang sudah dirancang khusus tanpa ban dalam agar supaya bisa meminimalisir kebocoran.


Sumber : edorusyanto.files.wordpress.com
Mungkin penyebabnya bisa dari sini nih, kenali 4 penyebab kebocoran ban tubeless di motor kamu menurut rangkuman motorplus.gridoto.com(7/5/2018), jangan sampai terlena, nanti repot bro.

1. Pentil Ban


Sumber : otonity.com
Pentil ban disini yang di gunakan untuk ban tubeless memang khusus, berbeda dengan tube tipe yang pentilnya menyambung dengan ban dalam. Di pentil ban tubeless itu sendiri memiliki karet sebagai penahan angin dari dalam agar tidak ngobos, tapi lama pemakaian pentil tersebut juga bisa mengakibatkan karet jadi getas sehingga angina bisa ngobos secara perlahan dan efeknya seperti bocor.

2. Sisi Ban


Sumber : webicdn.com
Karakteristik ban tubeless itu memiliki bahan yang keras, terutama pada bagian sisi samping ban samping karena memang diperuntukkan untuk menahan tekanan angina yang ada dialam. Dianjurkan pemasangan ban tubeless sendiri itu jangan di congkel, karena saat mencongkel tidak hati-hati akibatnya bisa menggores sisi-sisi ban tersebut, akibatnya ban jadi terluka dan bisa membuat angina jadi ngobos.

3. Velg Penyok


Sumber : ridergalau.com
Ban tubeless biasanya digunakan di velg cast wheel, karena lebih rapet dan tidak ada lubang-lubang dari ruji velg. Nah penyebab bocornya ban tubeless tersebut juga bisa dari velg yang penyok, karena benjolan pada bibir velg menimbulkan sekat yang bisa bikin angina ngobos keluar.

4. Tambal Ban


Sumber : massayur.files.wordpress.com
Pada proses penambalan ban di ban tubeless dibanding dengan ban tube biasa memang berbeda. Pastikan tambalan pada ban tubeless tersebut aman dan sempurna.

Sumber: ucnews
 
Back
Top