Alasan Tidak Ada Lantai 13 di Bangunan Hotel
 
Go Back   Home > Misteri & Supranatural

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Alasan Tidak Ada Lantai 13 di Bangunan Hotel

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Alasan Tidak Ada Lantai 13 di Bangunan Hotel


CNN Indonesia -- Angka 13 selalu identik dengan hal mistis atau kesialan. Oleh karena itu, hampir tak ada bangunan usaha, seperti hotel, yang memiliki lantai 13.

Ketakutan berlebih terhadap angka 13 disebut triskaidekaphobia.

Selain dari legenda nenek moyang, semakin banyak orang mengalami triskaidekaphobia setelah film horror slasher ‘Friday the 13th’ dirilis pada tahun 1980.

Dalam film fiksi tersebut, diceritakan kalau sekelompok anak muda yang sedang kemping dibunuh satu persatu secara misterius.

Dari survei Gallup pada 2007 yang dikutip oleh USA Today, disebutkan bahwa 13 persen tamu hotel sangat menghindari berada di lantai 13, walau hal mistis atau kesialan belum tentu menimpa mereka.

Mereka mengaku merasa tidak nyaman dan gelisah saat berada di lantai 13, bahkan mereka sampai meminta pindah ke lantai yang lain.

Tidak diketahui secara pasti, kapan triskaidekaphobia menjadi "tren". Namun, semenjak film itu dirilis, semakin banyak hotel yang mengganti penulisan lantai 13 dengan lantai 12B atau 14A, walau mereka masih memiliki lantai dengan urutan ke-13 dalam bangunannya.

Tak hanya satu, hingga saat ini ada 629 bangunan hunian bertingkat yang tidak lagi menuliskan lantai 13 di Amerika Serikat, seperti yang dilansir dari survei CityReality.

Sementara itu, masih ada 55 bangunan hunian yang masih “berani” menuliskannya.

Meski demikian, ada juga hotel legendaris yang masih menuliskan lantai 13, yakni Palmer House Hilton di Chicago.

Alasannya, karena hotel itu sudah berusia 140 tahun, sehingga sang arsiteknya tak terpengaruh dengan “tren” triskaidekaphobia, seperti yang dilansir dari Orbitz.

.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 71.787
 
Reputasi: 1865

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Alasan Tidak Ada Lantai 13 di Bangunan Hotel

lantai 4 juga ya di beberapa negara?
agungsuhada
agungsuhada agungsuhada is offline
Admin

Post: 8.049
 
Reputasi: 170






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Alasan Tidak Ada Lantai 13 di Bangunan Hotel

Kutip:
Oleh agungsuhada View Post
lantai 4 juga ya di beberapa negara?
di jakarta juga dan kota2 besar lainnya byk hotel yang tak memiliki lantai 4. dari lantai tiga langsung lantai 5 atau dari lantai 3 ke lantai 3A. dan semua hotel dan apartemen milik horison di dunia tak mencantumkan lantai 4 pada bangunannya. Alasannya krn angka 4 mengandung angka sial atau bisa juga krn alasan strategi bisnis :)
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 71.787
 
Reputasi: 1865






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Alasan Tidak Ada Lantai 13 di Bangunan Hotel

weh weh weh baru tau kalo angka yang lain kirain angka 13 doang

nice inpoh kak
Ryan.adiputra Ryan.adiputra is offline
Village Level

Post: 23
 
Reputasi: 1

__________________
Distributor resmi sedia Mesin printin kain | Textile | Sublimation juga Tinta





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Alasan Tidak Ada Lantai 13 di Bangunan Hotel

banyak pula pasangan calon pengantin yang menghindari menikah di tanggal 13, karena takut pernikahan mereka menjadi sial.

Banyak faktor yang membuat orang takut dengan angka 13. Ada yang berkaitan dengan agama hingga karena cerita-cerita mitologi. Berikut ini beberapa teori yang membuat orang takut angka 13.

1. Judas di Perjamuan Terakhir
Dilansir dari Elite Readers, teori paling populer sampai saat ini berkaitan dengan kisah Perjamuan Terakhir. Dikisahkan bahwa ada 13 orang hadir dalam Perjamuan Terakhir, dan orang ke-13 yang datang adalah Judas Iscariot. Judas merupakan salah satu murid Yesus Kristus yang dianggap telah mengkihanatinya dengan imbalan 30 keping perak.

2. Cerita Mitologi
Menurut cerita mitologi Nordik, 12 dewa sedang makan dengan tenang sampai Loki, dewa tipu muslihat muncul. Setelah tamu ke-13 itu datang, terjadilah kekacauan dan pembantaian besar-besaran.

3. Pembunuhan Ratusan Ksatria
Pada 1307, terjadi penangkapan dan pembunuhan terhadap ratusan Ksatria Templar di Prancis. Peristiwa berdarah itu terjadi Hari Jumat, 13 Oktober. Oleh karena itulah, hingga saat ini Jumat tanggal 13 dianggap sebagai hari keramat. Bahkan sampai dibuat judul film 'Friday The 13th'.

4. Angka Janggal
Secara ilmiah, 13 sebenarnya hanyalah angka pada umumnya. Hanya saja karena berdekatan dengan angka 12 maka keberadaan angka 13 menjadi janggal. Setidaknya begitu menurut para ilmuwan dan ahli matematika.

Seperti dikutip dari msn, dalam berbagai budaya kuno, 12 dianggap sebagai angka yang sempurna. Dalam satu tahun ada 12 bulan; 12 Zodiak; 12 Shio; 12 angka dalam penghitungan jam.

Sebagai angka yang muncul setelah 'angka' sempurna, maka jadilah 13 sebagai angka yang 'cacat' dan janggal. Membuat masyarakat kuno sering mengaitkannya dengan peristiwa-peristiwa mengerikan.


~wolipop
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 71.787
 
Reputasi: 1865

loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2021, Jelsoft Enterprises Ltd.