Avanza yang Satu Ini Bikin Minder Expander Kalau Ketemu

KiseRyouta02

New member
Siapa yang mengira bahwa mobil Toyota Avanza yang notabenya mobil keluarga ini bisa tampil sangar dengan mesin yang garang, Mobil sejuta umat ini dimodifikasi dan telah berganti status menjadi satu mobil custom bergaya mobil drag race .Bengkel modifikasi asal Manado Anzo Auto Garage yang menjadi Aktor dibalik ubahan Toyota Avanza sampai seperti itu.

147819320.jpeg

Enggak tanggung-tanggung, ubahan mulai menyentuh semua sektor, dan yang paling mencolok ialah eksterior. Ubahan bodi depan bahkan dibuat jadi one piece sehingga bisa dilepas pasang dengan mudah lengkap dengan rangka penguat karena sudah pasang turbo.

"Kita pilih Toyota Avanza karen ingin tampil beda aja, lagi pengen coba trend mobil-mobil MPV," ujar Anzo Sondakh, owner dari Anzo Auto Garage.
"Eksterior kita pakai kosep drag Thai look yang lagi rame sekarang ini,". "Iya bodi depan kita custom rangka dan bikin bodi jadi one piece pakai bahan setara serat karbon," Tambahnya.

Selain itu body dari Avanza tersebut juga dilebur dengan warna hitam kombiasi merah serta cutting sticker. ada juga spoiler, towing hook, dan diffuser custom yang disematkan pada Avanza ini biar makin total untuk kaki-kaki Toyota Avanza ini juga diubah pakai coilover. Plus ubahan ban yang menggunakan ban slick berukuran besar di roda belakang ini menjadikan tampilan Toyota Avanza ini jadi bikin pangling.

"Untuk ban depan pakai ukuran 123 195/50 -15, dan ban belakang slick MT Drag," ujar Anzo. Enggak heran dong tampangnya kayak mobil drag race banget.

Interior

Tampilan interior Toyota Avanza ini sudah tidak lagi mencerminkan sebuah mobil keluarga. Bahkan terkesan lapang karena berbagai part kabin dicopot agar bobot mobil jadi ringan tampak hanya menyisakan satu bucket seat saja sebagai kursi pengendara dan lapisan yang terpasang dilucuti.


3753695255.jpeg

Di bagian dasbor dan konsol tengah semua sudah di custom, bahkan tersimpan juga satu tabung NOS yang Ternyata piranti NOS ini bukan cuma buat pajangan karena mesin Avanza ini juga sudah dirombak pol-polan jadi NOS dalam mobil tersebut dapat di gunakan

"Interiornya juga kita custom dengan gaya drag race nih," kata Anzo.

Mesin

Aslinya, Avanza ini menggunakan mesin bensin berkode K3-VE dengan kapasitas mesin 1.298cc 4 silinder segaris dengan teknologi katup varabel VVT. Tenaga mesin standar Avanza hanya 92 dk di putara 6.000 rpm dan torsi mencapai 120 Nm di 4.400 rpm.

3574667660.jpeg

Tapi setelah di modifikasi Mesin Avanza ini sudah dicangkok turbo, supaya mobil ini memiliki performa lebih baik. mantep kan !!

"Mesin kita ubah, dan kita tambah turbo Garret bertekanan 0,5 psi biar lebih bertenaga," ujar Anzo.

Karena turbo itu bisa bekerja berkat putaran turbin oleh gas buang, biasanya efek suhu turbo akan sangat panas mencapai 800 derajat Celcius. Sehingga Avanza ini juga memasok intercooler aftermarket lansiran Apexi untuk menurunkan suhu.

Tidak berhenti di situ Mobil ini juga memasang piggyback Dastek Unicip untuk memanipulasi data ke ECU sehingga data yang masuk bisa sesuai dengan keinginan pemilik mobil, Anzo juga sudah melakukan porting polish biar volume udara dan bahan bakar yang masuk menjadi tambah besar dan lebih lancar.

Tetapi Sayangnya Anzo belum sempat menguji performa Avanza miliknya ini di atas mesin dyno. jadi belum terlihat seberapa signifikan peningkatan tenaga MPV sejuta umat ini.

"Iya karena di Manado enggak ada kelas turbo, mobil ini lebih sering saya pakai untuk kontes modifikasi aja" tambah Anzo. Berikut detail ubahan mesin Avanza turbo ini!

Untuk biaya Anzo mengaku untuk turbo kit saja yang dipasangnya saja mengeluarkan biaya cukup besar sampai 50 jutaan. Dan utnuk total biaya utuk merombak avanza ini sampai menjadi seperti itu kurang lebih menghabiskan dana 200 jutaan!!!

"Turbo kit semuanya itu sekitar Rp 50 jutaan" kata Anzo
"Buat ubah Toyota Avanza ini total habis sekitar Rp 200 jutaan," tambahnya

Masih lumayan buat beli All New Veloz 1.3 A/T tahun 2017 tuh, bahkan masi sisa Rp 30 jutaan. Namanya juga hobi, biaya berapun akan dikeluarkan atas nama hobi, harga diatas masih modifnya aja ya, belum termasuk mobilnya.


Data modifikasi AVANZA 1.3 TURBO NOS ( BABYBULL) THAILOOK DRAG STYLE :

Exterior :
- Custom onepiece body
- Custom spoiler drag style
- Bonet pen hood
- Towing hook PWJDM
- Bilion air funnel carbon
- Custom diffuser carbon
- Glass bonet 4 panel
- Parasut
- Cuting sticker theme anzo auto garage ( Thailook )

Interior :
- Bride bucket seat
- Takata seatbelt 4 point
- Quick release
- Vertex veloce stiering
- Sparco shift knob
- Sparco pedals
- Indikator gauge
- Race dash
- Defi fuel presure
- Defi water pamp
- Defi volt
- Defi oil presure
- Greddy boost meter
- Engine start
- Engine cut off hella
- Apexi neo
- Dastek Q+
- Dashboard custom
- Door trime custom
- Rolbar 6 titik custom

Engine:
- Turbo Garret AR 4.8
- Apexi intercoller
- Custom piping turbo
- Custom header
- Custom exhaust by anzo exhaust
- Blowoff greddy
- Turbo timer – apexi
- Bost meter – greddy
- Apexi open filter
- Samco hose – kit
- Custom throttle body
- Sard radiator almunium
- Porting polish
- Piston ART custom
- Clutch custom
- Valve spring
- Porting polish
- Cam shaft custom
- Injector racing 12 lubang
- Greddy oil cast tank
- Busi denso iridium
- Blue thunder coil
- Aero speed puley
- Nos
- Piggy back unicip dastek Q+
- Custom sturt bar 4 titik

Undercarriage :
- Big Brake Kit TTR 4 pot disc 300 mm
- Suspension
- Coilover custom
- Wheel front work Kiwami R15
- Wheel rear Engkei R13
- Tyre front Achiles 123 195/50 -15, tyre rear : slick tyre MT Drag


https://www.gridoto.com/read/01271085/xpander-pasti-minder-kalau-ketemu-avanza-satu-ini-wajah-bisa-dicopot-dan-siap-buat-drag-race?page=all#!%2F
 
menurut saya perubahan paling mencolok ada di bagian depan pada mobil ini , lihat saja mobil di atas jika tanpa penutup depan
 
semoga bengkel bengkel modifikasi seperti ini makin banyak kita jumpai. agar dapat menjadi tempat modifikasi anak anak muda yang kreatif
 
Back
Top