Penyebab Aki Mobil dapat Meledak

sirumi

New member
Banyak orang yang ingin memiliki mobil sendiri. Selain karena nilai prestisenya, juga karena faktor kenyamanan. Dan karena harga sebuah mobil tidaklah murah, sangat penting memberikan perawatan terbaik untuk mobil anda.
Namun sayangnya, banyak hal yang tanpa disadari ternyata terabaikan. Akibatnya, mobil sangat beresiko mengalami masalah. Dari masalah yang sepele, hingga masalah yang begitu fatal seperti mobil mogok, atau bahkan meledak.
Nah, salah satu penyebab meledaknya mobil adalah adanya masalah di aki mobil. Sebagai salah satu komponen mobil, aki mobil sangatlah penting dalam memberikan energy listrik. Energi ini berfungsi dalam banyak hal, seperti:
- Menjalankan mesin mobil
- Menyalakan AC mobil
- Menyalakan peralatan elektronik di dalam mobil
- Dan memastikan mobil dapat bekerja dengan semestinya.
Dan aki mobil ini juga yang akan mempengaruhi kinerja mobil. Namun seiring waktu, aki mobil dapat bermasalah. Apalagi jika aki mobil ini tidak dirawat dengan baik. Ada beberapa masalah pada aki mobil yang sering terjadi, di antaranya adalah:
a. Aki Mobil Soak
b. Aki Mobil Air Akinya Habis
c. Aki Mobil Meledak
Masalah yang terakhir adalah yang paling fatal. Karena ledakan ini dapat menghanguskan mobil kesayangan anda. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mencari penyebab meledaknya aki mobil, dan mencari cara mencegah terjadinya masalah tersebut.
Mengapa Aki Mobil Bisa Meledak
Setidaknya ada lebih dari 10 faktor yang menyebabkan aki mobil dapat meledak. Namun beberapa faktor utama terjadinya masalah ini adalah:
1. Korsleting
Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya korsleting pada aki mobil anda. Beberapa di antaranya adalah adanya ketidakstabilan kelistrikan di mobil, ataupun karena adanya kabel-kabel yang mengalami korsleting.

Biasanya korsleting ini terjadi di area baterai aki. Terutama jika kondisi baterai tidak sedang bagus. Ledakan ini terjadi pada saat gas hydrogen yang keluar dari aki mobil langsung menyambar percikan api. Dan boom!

Untuk menghindari terjadinya korsleting pada mobil anda, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan. Adapun langkah tersebut adalah dengan melakukan Pemasangan Volt Stabilizer.

Dengan menggunakan volt stabilizer, korsleting mobil dapat dihindari. Namun pemakaian volt stabilizer ini harus pilih-pilih. Tidak boleh sembarangan. Mengapa? Karena banyak volt stabilizer abal-abal yang justru menjadikan kelistrikan mobil bermasalah.

2. Penggunaan Aki Basah
Sebenarnya tidak ada salahnya menggunakan aki basah. Namun anda harus tahu bahwa jika aki basah mengalami “kering”, resiko meledak dapat terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, bagi anda pengguna aki basah, disarankan untuk mengganti dengan tipe aki kering, atau dengan selalu menjaga agar aki mobil anda tetap basah.

Fakta dan Mitos
Ada anggapan bahwa membiarkan air aki dalam keadaan kosong dapat menyebabkan aki mobil meledak saat mesin dihidupkan. Terkhusus pada mobil yang lama tidak dihidupkan. Apakah hal tersebut benar?
Faktanya, berdasarkan informasi yang diperoleh dari beberapa ahli di dunia otomotif, aki yang kosong tidak serta merta membuat aki meledak. Namun, resiko tersebut tetap ada, walaupun tidak terlalu besar.
Karena adanya resiko tersebut (walaupun sangat kecil) sebaiknya jangan biarkan aki mobil anda air akinya kosong. Apalagi mengingat ketika air aki kosong, beban kerja mobil akan lebih berat. Akibatnya akan meningkatkan resiko terjadinya masalah pada mobil anda.
Lantas apa solusi yang bisa dipilih untuk mencegah meledaknya aki mobil?
Mencegah Meledaknya Aki Mobil
Anda tentu tidak ingin mengalami masalah dengan aki mobil anda. Apalagi jika sampai meledak. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan.
Adapun beberapa cara mencegah aki mobil meledak adalah dengan:
- Menghindari Penggunaan Aki Basah
Tahukah anda, aki basah tidak boleh kering karena berpotensi dapat meledak. Jadi penggunaan aki basah sebaiknya dihindari mulai dari sekarang. Namun jika anda masih menggunakan aki basah, sebaiknya rawat aki mobil anda agar tidak sampai kering.

Aki basah yang mengalami kering memiliki potensi lebih dari 50% untuk meledak dalam waktu dekat.

- Isi Ulang Air Aki dengan Benar
Ada 2 jenis aki mobil, yaitu aki merah dan biru. Aki merah digunakan saat pertama kali isi tanki. Dan aki biru digunakan sebagai isi ulang. Penggunaan yang salah dapat meningkatkan resiko terjadinya masalah ledakan ini.

Dalam mengisi ulang air aki, checklah level airnya. Apakah level airnya sudah ada di garis low atau belum. Jika levelnya sudah ada di bawah garis tersebut, sebaiknya segera tambah air accu sampai batas upper level.

- Lakukan Perawatan pada Aki Mobil
Perawatan mobil tidak hanya pada mesin dan AC nya saja. Aki mobilnya juga perlu dirawat dengan baik. Perawatan ini termasuk di dalamnya pembersihan aki mobil agar tetap bersih.
Itulah beberapa penyebab dan solusi mencegah aki mobil anda dapat meledak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah membaca.
 
Back
Top