5 Alasan Kenapa Cinta Batik Indonesia

SimplyLand

New member
Berapa baju batik yang tersimpan di lemari pakaianmu? Bila jumlahnya kurang dari tiga, sepertinya batiqlovers belum menjadi batik lover sejati. Ada baiknya batiqlovers menambah koleksi batik anda. Mengapa? Sebab batik adalah warisan budaya Indonesia yang sangat keren dan disukai oleh banyak orang, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Dari model tradisional seperti motif kawung, parang rusak, hingga motif modern karya desainer asli Indonesia, semua adalah kekayaan negeri yang patut dibanggakan.

Batik-1.jpg


Biar rasa cintamu terhadap batik bertambah, berikut ini beberapa alasan mengapa batik layak dibanggakan. Jangan kaget, setelah mengetahui lima fakta ini, batiqlovers bukan hanya akan cinta batik. Tapi juga cinta Indonesia!

1. Diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCObatik diakui oleh unesco


Batik menyusul wayang dan keris sebagai intangible cultural heritage of humanity oleh UNESCO. Artinya batik masuk sebagai salah satu warisan dunia yang berharga. Siapa tak bangga mendapat pengakuan seperti ini? Tentu saja semua warga bangsa layak bangga, termasuk batiqlovers tentunya. Jadi, nggak ada lagi cerita batik diklaim sebagai asli buatan negeri lain. Keren kan?

2. Banyak dicinta tokoh dunia tokoh dunia menggunakan batik

Kalau tokoh dunia saja bangga mengenakan batik, mengapa batiqlovers tak bangga? Banyak sekali pemimpin dunia yang bangga memakai batik seperti Nelson Mandela, Barrack Obama, Vladimir Putin, Ronald Reagen, dan masih banyak lagi. Bahkan, saat disemayamkan, almarhum Nelson Mandela dipakaikan batik kesayangannya. Tokoh perdamaian dunia ini memang batik lover sejati.


3. Salah satu model kain yang bisa multigunabatik multiguna

Sadar nggak sih, batik itu sangat pas dipakai di bagian mana saja di seluruh tubuh? Mulai dari kecil, dulu batik sering dipakai untuk menggendong anak. Sekarang, batik juga dikreasikan di baju, celana, kain rok, blus, blazer, termasuk aksesoris sepatu, tas, hingga jam tangan. Semua matching! Inilah kekayaan budaya asli Indonesia yang bisa pas untuk segala suasana.

4. Jadi kain yang jadi incaran perancang dunia untuk mencipta kreasi terbaru merekabatik menciptakan kreasi baru

Keunikan batik tidak dilewatkan oleh para desainer kelas dunia untuk dieksploitasi. Diane von Furstenberg, Burberry Prorsum, Nicolle Miller, dan Dries van Noten adalah beberapa perancang top yang sudah berksperimen dengan batik untuk baju rancangan mereka. Hasilnya? Tentu saja keren dan menarik. Tak heran juga artis mancanegara ikutan memakainya, mulai dari Jessica Alba hingga model Heidi Klum.

5. Batik Indonesia penyumbang devisa negara yang luar biasabatik disukai diluar negeri

Batik sebagai produk fesyen bukan hanya disukai di dalam negeri. Di luar negeri pun batik disukai. Amerika serikat adalah negara paling banyak mengimpor batik dari Indonesia. Selain Amerika ada Jerman, Jepang, dan Korea Selatan yang menjadi tujuan ekspor batik. Ingin tahu nilainya? Tahun 2105 lalu, total nilai ekspor kain batik ke luar negeri adalah Rp2,1 triliun! Itu duit semua lho Friends. Jadi berkat batik, devisa negara batiqlovers bertambah. Keren ya!

Batik Jogja | Batik Modern | Model Baju Batik
 
Back
Top