Dampak Smart City Untuk Perkembangan Real Estate Indonesia

seotog08

New member
Implementasi smart city di Indonesia sendiri mengalami berbagai kendala, mulai dari infrastruktur penunjang yang belum memadai, kesiapan pemerintah setempat, hingga masyarakat sendiri yang belum mampu memanfaatkan teknologi digital secara maksimal.

Dampak Smart City Untuk Perkembangan Real Estate Indonesia

Di India, konsep Smart City memberikan dampak positif dalam pengelolaan pajak, terutama pada wilayah yang padat penduduk.

Dilansir dari smartcitieschallenge.in, Visakhapatnam, satu kotamadya besar di India sempat mengalami permasalahan dalam hal menilai dan mengumpulkan pajak properti.

Lewat konsep Smart City, Pemerintah setempat membuat sistem perhitungan pajak pemukiman yang disesuaikan dengan zonasi. Sistem ini dapat diakses oleh masyarakat luas lewat internet. Selain itu, dengan sistem teknologi yang sama, masyarakat India dapat mengakses daftar properti secara detail tanpa harus survei langsung.

Selain itu, permasalahan sanitasi dan ketersediaan air bersih di India juga menjadi perhatian khusus di tahun 2011. Sebanyak 50% rumah tidak memiliki toilet yang dapat menampung jumlah populasi yang ada. Hingga pada akhirnya, banyak masyarakat yang terkena penyakit.

Dengan adanya Smart City, pemerintah setempat bekerja sama dengan komunitas pegiat lingkungan membangun 330 toilet modern dengan teknologi mutakhir.

Berbeda dengan India, di Amsterdam perkembangan properti menitikberatkan pada efisiensi energi. Pemerintah Belanda sudah memperkirakan harga energi yang akan meningkat dalam jangka panjang sehingga baik desain dan fasilitas penunjang menerapkan hemat energi.
 
Back
Top