Mengenal Berbagai Jenis Produk Bisnis Properti

seotog08

New member
Menekuni bisnis properti bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang jika ada modalnya, dan sedikit susah saat mencari calon pembeli. Namun, berbisnis properti adalah investasi yang sangat menguntungkan dan bisa menjadi tabungan Anda di masa depan. Keuntungan dari model bisnis ini bisa berkali lipat dari bisnis lainnya, akan tetapi juga memerlukan modal yang tidak sedikit.

Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis properti, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis-jenis produk properti yang banyak berkembang saat ini. Hal ini penting terutama jika Anda masih seorang pemula. Dengan mengenal berbagai macam produk bisnis properti, Anda akan tahu produk mana yang menurut Anda paling menguntungkan, sesuai, dan cocok dengan lokasi yang akan dibangun serta berapa modal yang harus Anda siapkan.

Berikut beberapa jenis produk bisnis properti ada di bawah ini:

1. Residensial

Residensial adalah perumahan yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau lingkungan hunian yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mewadahi lingkungan tersebut. Contoh:
rumah atau perumahan, rumah susun, apartemen, bangunan asrama mahasiswa/pelajar, kondominium dan villa.

2. Bangunan Komersil atau Tempat usaha

Selain tempat hunian, produk properti lain yang paling banyak dicari adalah bangunan komersil yang digunakan sebagai tempat usaha. Bangunan komersil ini bisa berupa pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, ruko, hotel, atau rumah sakit. Prospek bisnis properti di bidang bangunan komersil ini bisa dibilang sangat bagus. Apalagi jika tempat usaha dibangun di kawasan yang ramai, maka para developer bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari harga sewa bangunan.

Contoh:
bangunan rumah sakit, hotel, motel, kondotel dan superblok

3. Bangunan industri dan agrobisnis

Bangunan industri seperti pabrik juga merupakan salah satu produk bisnis properti. Para developer banyak yang mengembangkan bisnis properti ini untuk dijual kepada para pengusaha. Selain itu, bangunan yang digunakan untuk kegiatan agrobisnis seperti perkebunan, pertanian, dan peternakan juga termasuk ke dalam produk bisnis properti. Bangunan agrobisnis pasti diperlukan oleh para pengusaha yang memiliki bidang usaha agrobisnis, yang membutuhkan bangunan khusus untuk menunjang aktifitas yang tidak bisa dilakukan di dalam pabrik.

4. Bangunan penelitian dan pengembangan

Bangunan untuk penelitian dan pengembangan juga memiliki karakter yang berbeda dengan bangunan lainnya. Produk yang satu ini biasanya juga banyak dibutuhkan terutama oleh instansi akademis untuk menunjang kegiatan belajar dan penelitian.

5. Bisnis properti untuk tujuan khusus

Bisnis properti seperti ini adalah digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang yang bersifat khusus, seperti tempat ibadah, sekolah, bandar udara, tempat hiburan, bioskop, terminal bus, stasiun kereta api, lapangan golf, ruang pertemuan, kebun binatang dan lain-lain. Propertiini memiliki desain khusus sesuai dengan kebutuhannya.
 
Back
Top