Tren JavaScript Untuk Para Front-End Developer

seotog08

New member
Tahun 2018 ternyata tahun yang sangat produktif bagi banyak developer perangkat lunak, tetapi di tahun 2019 membawa pertumbuhan yang lebih besar lagi ke bidang TI. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan tren JavaScript untuk para Front-End Developer, yang harus diperhatikan oleh setiap programmer front-end untuk tetap mengikuti perkembangan zaman saat mengerjakan proyek mereka.

Karena tren membangun website menggunakan framework dan library JavaScript saat ini sedang tinggi-tingginya. Bahkan perkembangan framework dan library JavaScript sangat cepat sekali. Periode 2000an awal website menggunakan JavaScript paling sering untuk validasi form atau hal yang fancy. Kemudian JavaScript digunakan untuk membuat seluruh halaman website karena kemudahan dari framework dan library yang tersedia.

Tren javascript untuk para front-end developer :


1. GraphQL

GraphQL adalah bahasa query API yang dibuat oleh developer Facebook. Dibuat untuk melampaui fitur-fitur API REST dan untuk menyederhanakan agregasi data yang dikirimkan dari berbagai sumber secara bersamaan.

2. Angular

Framework ini menggabungkan Javascript dengan HTML dan CSS. Kedua, ini ideal untuk bekerja dengan tim, karena aplikasi yang dibuat dapat dibagi menjadi komponen, logika dan front-end. Ini dimungkinkan karena environment pengembangan didasarkan pada MVVM (Model-View-View-Model).

3. Vue.js

Kenapa Vue.js ada di atas? Pertama, ini adalah environment yang sangat mudah dipelajari dan fleksibel untuk membuat front-end, yang memungkinkan penulisan kode dengan kemungkinan kesalahan yang rendah. Evan You pengembang Vue, sebelumnya bekerja dengan Angular.
 
Back
Top