4 Tips Cerdas untuk Berhemat Menjelang Lebaran
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


4 Tips Cerdas untuk Berhemat Menjelang Lebaran

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

4 Tips Cerdas untuk Berhemat Menjelang Lebaran


Marhaban ya Ramadan. Dalam hitungan hari beberapa hari ke depan lebaran atau Hari Raya telah tiba. Menjelang lebaran, biasanya kebutuhan semakin meningkat. Ada banyak barang yang hendak dibeli. Mulai dari pakaian baru, camilan untuk sajian lebaran dan masih banyak lagi.

Menjelang lebaran, tidak sedikit dari kita yang juga harus menyiapkan uang angpao untuk saudara-saudara yang membutuhkan. Mengingat semakin meningkatnya kebutuhan menjelang lebaran, tidak sedikit dari kita yang akan semakin boros dan melakukan pengeluaran lebih banyak dari hari-hari biasanya.

Agar kita tetap bisa mengontrol keuangan dan berhemat, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Jangan sampai lebaran menjadikan kita kurang cerdas mengelola keuangan dan asal beli segala kebutuhan yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan. Berikut tips cerdas untuk berhemat menjelang lebaran.

Catat Kebutuhanmu

Tips pertama adalah catat segala kebutuhanmu. Catat segala kebutuhan dari yang bernilai paling tinggi hingga yang bernilai paling rendah. Dengan melakukan pencatatan, ini akan memininalisir kemungkinan belanja barang yang sebenarnya tak dibutuhkan atau diperlukan. Pastikan untuk membeli kebutuhan yang menjadi prioritas utama.

Tabung Sebagian Pendapatan

Saat mendapat penghasilan baik dari gaji atau THR, pastikan untuk segera menyisihkan sebagian untuk tabungan. Miliki dua rekening yang berbeda di mana satu untuk menabung dan satu untuk mencukupi kebutuhanmu sehari-hari. Karena mendapat pendapat penghasilan yang lebih banyak, jangan sampai menghabiskan pendapatan tersebut di sekali waktu.

Jangan Mudah Tergiur dengan Diskon Besar

Walau menjelang lebaran ada banyak barang dan produk yang didiskon secara besar-besaran, usahakan agar tidak mudah tergiur dengan diskon tersebut. Belilah segala sesuatu secukupnya. Ketika menghadapi diskon besar, usahakan untuk lebih bijak dan teliti dalam belanja.

Hindari Terlalu Sering Pergi ke Pusat Perbelanjaan

Jalan-jalan atau mengungjungi pusat perbelanjaan memang menyenangkan. Namun ingat, jalan-jalan dan mengunjungi pusat perbelanjaan juga membutuhkan uang yang akhirnya menuntutmu untuk melakukan pengeluaran. Kunjungi pusat perbelanjaan seperlunya saja. Kunjungi pusat perbelanjaan dan jalan-jalanlah saat memang dibutuhkan. Tinggal di rumah justru akan membuatmu lebih hemat dan bijak dalam mengelola keuangan.


~fimela.com
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 70.540
 
Reputasi: 1766

Loading...
       
loading...
Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 1
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Kenapa menjelang bulan puasa dan lebaran marak uang palsu? azizi Politik, Ekonomi & Hukum 3


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.