7 Cara Menghemat Uang dalam Keseharian yang Sering Disepelekan

spirit

Mod
saving-tips_2245371b-5-Cara-menghemat-uang.jpg

Banyak cara menghemat uang dalam rumah tangga yang bisa dilakukan setiap hari. Kamu bisa melakukannya mulai dari bujet makan, minum, hingga pengeluaran buat hiburan.

Berikut tips hemat sederhana yang mungkin sering disepelekan. Padahal jika kita benar-benar melakukannya setiap hari, ini bisa berdampak besar buat kesehatan keuangan. Yuk simak daftarnya.

1. Pilih belanja menu makan buat seminggu

Salah satu pengeluaran terbesar rumah tangga setiap hari adalah soal menu makanan, terutama buat yang jarang masak sendiri di rumah. Makanya salah satu cara menghemat uang bulanan paling ampuh adalah dengan mengatur bujet makan.

Kita hitung misalnya rerata bujet sekali makan adalah Rp 15.000. Jika dikali tiga dalam sehari, maka bujet makan bisa sampai Rp 45.000 untuk satu orang.

Sekarang hitung jika dalam satu keluarga terdapat tiga orang, yakni suami, istri, dan anak. Maka bujet buat makan bisa sampai Rp 135.000 per hari. Jika dihitung selama seminggu, maka total pengeluaran untuk makan saja bisa sampai Rp 945.000

Jadi mendingan untuk menu makan setiap hari, ada baiknya kita rencanakan buat belanja lauk pauk untuk seminggu dan masak sendiri. Dengan merencanakan menu makan, bahan masakan yang dibeli juga gak jadi terbuang sia-sia.

2. Ngopi di rumah aja

Bertebarannya kedai kopi dan kafe perlahan mengubah sebagian gaya hidup masyarakat. Dari yang semula kamu gak suka ngopi, eh jadi doyan ngopi sambil nongkrong.

Kamu mungkin gak sadar kalau biaya nongkrong buat ngopi aja minimal harus ngeluarin duit Rp 20.000. Karena gak mungkin dong kamu nongkrong buat ngopi aja. Pasti pesan makanan atau camilan juga, kan? Apalagi ngopinya di Starbucks. Harus pinter-pinter ngakalinnya deh.

Nah, tips hemat berikut ini bisa kamu ikuti. Daripada keseringan ngopi di luar yang bisa bikin kantong jebol, mending ngopi di rumah aja.

3. Sering-sering cek harga secara online sebelum belanja

Kalau kamu berencana belanja kebutuhan harian, usahakan cek harga dulu secara online di ponsel cerdas kamu. Misalnya stok tepung terigu di rumah abis. Daripada langsung meluncur ke supermarket, mending kamu cek dulu harga termurah secara online.

Jika udah dapat harga paling murah, kamu bisa tuh pilih supermarket yang menawarkan tepung terigu harga terendah. Atau kalau memungkinkan, kamu bisa juga beli secara online.

Hanya saja, pasti butuh waktu dong. Sementara kamu butuh banget tepung terigu buat bikin gorengan di rumah.

4. Cabut listrik yang gak digunakan

Pemakaian listrik sering banget disepelekan setiap harinya. Padahal, menghemat listrik adalah salah satu cara menghemat uang yang sederhana tapi dampaknya signifikan.

Misalnya, kalau abis nonton televisi kita sering lupa mencabut kabelnya. Begitu juga saat mengisi daya ponsel dan alat pemanas nasi. Kita sering membiarkan kabelnya dalam kondisi standby.

Padahal, kabel dalam posisi standby akan menyedot listrik juga. Ini tentu saja akan memakan biaya. Nah, daripada duit jebol gara-gara listrik yang gak kepake, mending kamu mulai hemat deh.

Paling tidak cabut semua kabel listrik kalau gak dipakai. Begitu juga dengan penggunaan air conditioner (AC). Matikan jika emang gak digunakan.

5. Bijak menggunakan air

Jangan mentang-mentang air di rumah ngalir deras, terus kamu mandi seenaknya sampai menghabiskan berliter-liter air. Gak gitu juga kali.

Gak cuma mandi, ini juga biasa terjadi pada pemakaian air lainnya, seperti saat mencuci piring. Air sering dibiarkan mengalir dari keran sewaktu kamu mencuci piring. Padahal sebaiknya matikan keran dulu sebelum air benar-benar diperlukan buat membasuh piring.

6. Pinjam atau barter

Kalau weekend emang sih enaknya jalan-jalan ke mal buat nyari buku atau belanja baju. Wait! Boleh-boleh aja sih belanja buku buat menikmati hari libur di rumah. Tapi kalau keseringan ya boncos juga bro!

Nah kamu bisa mencoba cara menghemat uang yang satu ini. Alih-alih beli barang-barang tersebut, kamu bisa pinjam atau barter aja dengan orang lain. Pinjam atau barter pasti bakal lebih hemat daripada beli baru dong.

7. Usahakan bayar transaksi secara tunai

Punya kartu kredit emang banyak untungnya. Kamu bisa dapat diskon khusus, promo gratis, sampai cashback. Keuangan pun bisa jadi lebih sehat kalau punya kartu kredit. Itu kalau bijak memakainya ya.

Kartu kredit bisa jadi pisau bermata dua. Kalau gak paham dan gak ngerti cara pakainya, besar kemungkinan keuangan malah berantakan. Atau yang lebih parah, hidup jadi gak tenang karena terlilit utang.

Nah, biar gak ngalamin kayak gini, lebih baik terapkan cara menghemat uang yang satu ini. Sebisa mungkin, gunakan uang tunai untuk tiap transaksi pembelanjaan. Dengan begitu, arus kas masuk dan keluar pun jadi lebih terkontrol.


~moneysmart.id
 
7 Tips Hemat Ala Seorang Perencana Keuangan

  1. Sadari bagian mana yang membuat Anda menjadi overspending. ...
  2. Siapkan peraturan untuk mencegah pembelian impulsif. ...
  3. Hindari kartu kredit, gunakan uang tunai. ...
  4. Carilah cara untuk menghindari godaan. ...
  5. Mulai gunakan anggaran. ...
  6. Buatlah rekening bank terpisah. ...
  7. Lacak pengeluaran Anda.
 
Back
Top