Cohtoh Berita Acara Rapat, Kejadian, Serah Terima Barang, Kegiatan

tuanvers810

New member
Sumber:Contoh Berita Acara
I. Berita Acara
1. Pengertian berita acara
Dalam dunia kerja, segala kegiatan atau apapun yang kita lakukan berkaitan dengan pekerjaan kita selayaknya rapih secara administratif. Ini ditujukan supaya pekerjaan kita terekam secara jelas di atas hitam putih. Seperti halnya satu dokumen yang penting dalam dunia pekerjaan, yaitu berita acara.
Berita acara adalah sebuah dokumen legalitas untuk dijadikan sebagai bahan bukti suatu transaksi atau kegiatan tertentu. Jadi, pada dasarnya pengertian surat berita acara adalah sebuah dokumen yang isinya berupa catatan, termasuk berita acara serah terima.
Berita acara mengandung suatu pengesahan atau pernyataan di dalam sebuah acara, kejadian atau peristiwa, serah terima, jual beli, transaksi, insiden dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang mana berita acara akan berfungsi sebagai keabsahan suatu kegiatan yang telah dilakukan. Berita acara juga memiliki peran terpenting dalam masing-masing instansi. Dan dari instansi tersebut akan menggunakan berita acara sebagai bukti otentik suatu kegiatan yang dilakukan oleh penerima tugas, dan si penerima tugas akan membuktikan bahwa ia menyelesaikan tugasnya dengan pembuktian hasil dari suatu kegiatan sebagai notulen.
Cohtoh Berita Acara Rapat, Kejadian, Serah Terima Barang, Kegiatan

kanban-board-workplace-illustration-agile-scrum-management-teamwork-business_33099-729.jpg

2. Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Berita Acara
Dalam pembuat berita acara, ada beberapa point yang harus kita diperhatikan.
Pastikan untuk mencantumkan pihak-pihak yang terlibat dalam acara tersebut. Jangan lupa untuk memperhatikan detail dari pihak-pihak yang bersangkutan; seperti nama, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat, pekerjaan, jabatan dan lainnya yang harus tercantum pada berita acara tersebut. Jangan sampai detail ini terlewatkan, karena ini sangat penting.
Dalam penyusunan berita acara serah terima sebuah barang, jenis barang yang diserah terimakan antara kedua belah pihak harus dijelaskan secara detail.
Pastikan untuk mencantumkan waktu kejadian. Jelaskan secara detail jika memang diperlukan; seperti menjelaskan secara detail dengan mencantumkan jam, hari, tanggal, bulan, dan tahun.
Perhatikan dan pastikan lokasi tempat kegiatan dilaksanakan juga tercantum pada berita acara tersebut. Ini bisa berupa detail seperti alamat lengkap sampai dengan kode pos.
Sebagai dokumen administrasi resmi, dokumen ini harus ditandatangani oleh pihak-pihak yang terlibat atau pihak-pihak yang berwenang yang terlibat dalam acara tersebut.
Pastikan untuk mencantumkan saksi jika diperlukan. Ini sebagai tanda bukti bahwa dokumen tersebut sah dan benar.
 
Last edited:
Back
Top