Contoh Surat Penawaran 2019
 
Go Back   Home > Penulis, Buku, Sastra & Bahasa

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Contoh Surat Penawaran 2019

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Contoh Surat Penawaran 2019



Sumber:Contoh Surat Penawaran

Surat Penawaran itu apa ya? Kenapa harus membuat jenis surat itu? Bagaimana cara membuatnya? Formatnya bagaimana? Isi surat penawaran gimana? Kapan harus kita memakai surat penawaran? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang sering kita berjumpa saat bilang tentang surat penawaran. Sekarang mari Anda bersama 123dok.com mencari tahu lebih dalam tentang Surat penawaran ini ya.

1. Pengertian dan tujuan Surat Penawaran

Untuk tahu lebih dalam tentang sesuatu hal, kita harus tahu definisi serta tujuannya dulu. Ini sama juga untuk Surat Penawaran. Sebelum tahu format dan cara membuat, kita harus mengerti apa itu Surat Penawaran dulu?
Surat Penawaran merupakan salah satu surat yang bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa dari perusahaan yang umumnya bertindak sebagai distributor ataupun supplier dari barang atau jasa tersebut. Tujuan Surat Penawaran tidak lain adalah agar penawaran barang maupun jasa yang diberikan dapat berjalan lancar dan produk yang ditawarkannya menjadi produk yang dipilih oleh konsumen untuk dibeli baik dalam jumlah sedikit maupaun dalam jumlah besar.
Selain itu, Surat Penawaran juga berfungsi untuk memasarkan jenis usaha atau produk agar laris dan laku dipasarkan. Dengan begitu, surat bisa dipakai untuk kepentingan perusahaan dalam menawarkan barang atau jasa, kerjasama kepada orang lain. Sehingga itu, Surat Penawaran masih sangat diperlukan dalam berbagai hal.
Sudah ada pengetahuan tentang definisi dan fungsi Surat Penawaran, selanjutnya kita perlu tahu bagaimana cara menulis Surat Penawaran. Lanjut membaca bagian selanjutnya yuk!
2. Cara menulis dan format Surat Penawaran
Contoh Surat Penawaran 2019
Format yang baik dan benar dalam Surat Penawaran adalah:
Kop Surat
Kepala Surat
Pembuka Surat
Isi Surat
Penutup Surat
Lalu sudah tahu formatnya, tapi apa yang harus kita menulis di dalam setiap bagian? Nah, ini ia isi setiap bagiannya.
Bagian 1: Kop Surat
Kop surat biasanya adalah bagian yang tidak bisa ditinggalkan. Fungsi bagian ini adalah memberikan identitas pada Surat Penawaran. Hal-hal yang tidak bisa kurang dalam bagian Kop surat adalah:
Nama Perusahaan atau instansi
Logo perusahaan atau instansi
Alamat lengkap perusahaan atau instansi
Kontak (CP) perusahaan atau instansi yang bisa duhubungi

Bagian 2: Kepala Surat
Bagian ini biasanya dicantumkan beberapa hal berikut.
Tanggal pembuatan surat
Nomor surat
LampiranPerihalTujuan surat
Bagian 3: Pembuka Surat
Bagian ini menjelaskan dengan singkat biasanya pemberitahuan atau balasan dari surat permintaan yang diterima terkait barang atau jasa yang ditawarkan dan menjelaskan sedikit terkait perusahaan atau instansi penawar.
Bagian 4: Isi Surat
Inilah bagian yang paling penting dalam sebuah Surat Penawaran. Karena ia bertanggung jawab menjelaskan harus sesuai dengan realita yang ada secara teliti bagaimana barang atau jasa yang ditawarkan. Berikut ini adalah hal-hal yang sering dijelaskan dalam bagian isi Surat Penawaran.
Harga produk ataupun jasa
Jenis produk atau jasa
Merek produk dan warna produk
PembayanPengiriman

Bagian 5: Penutup Surat
Dengan bagian ini, penulis biasanya menulis himbauan atau harapan dari pihak penawar kepada konsumen dan jika perlu, Anda bisa cantumkan beberapa administrasi tambahan agar semakin meyakinkan pihak konsumen.
Itulah cara serta format Surat Penawaran yang 123dok.com berikan Anda. Berikut ini mari kita melihat beberapa contohnya agar Anda bisa paham lebih jelas tentang Surat Penawaran.
tuanvers810 tuanvers810 is offline
Home Level

Post: 15
 
Reputasi: 0

__________________
Name: TuTuVers
Website: id.123dok.com
Email: tuanvers81097@gmail.com
Loading...
       
loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.