Trik Jitu Menabung Untuk yang Bergaji Di Bawah Rp2 Jutaan
 
Go Back   Home > Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Trik Jitu Menabung Untuk yang Bergaji Di Bawah Rp2 Jutaan

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Trik Jitu Menabung Untuk yang Bergaji Di Bawah Rp2 Jutaan


Memiliki gaji yang kecil terkadang membuat seseorang tidak dapat menyisihkan pemasukannya untuk ditabung. Sehingga pemasukan selalu habis tak bersisa di setiap bulannya. Tentu saja hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Tabungan merupakan hal penting yang dapat menstabilkan kondisi finansial Anda, bahkan dapat membantu saat terjadi pengeluaran dadakan.

Bagi yang bergaji di bawah Rp2 juta sekalipun, Anda tetap bisa menyisihkan pendapatan untuk ditabung asalkan mengetahui trik-trik jitu. Berikut ini ada beberapa trik jitu menabung bagi yang memiliki pemasukan sekitar atau dibawah Rp2 juta.

1. Buat 2 Rekening Tabungan atau Lebih

Bagi yang kesulitan dalam mengelola keuangan dengan nominal gaji yang kecil, maka cara ini akan sangat efektif untuk dilakukan. buatlah 2 atau lebih rekening tabungan dari bank yang berbeda. Pilih rekening yang tidak memiliki potongan sebagai tempat menyimpan gaji serta jangan dibuatkan ATM, sehingga akan menahan Anda dari godaan untuk bisa mengambil uang setiap saat.

Sedangkan rekening lainnya digunakan sebagai uang bulanan untuk kebutuhan sehari-hari. Anda tak bisa menggunakan dana di rekening tabungan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, hal ini akan efektif untuk membuat Anda dapat mengatur keuangan agar lebih hemat dan tetap dapat menabung.

2. Atur Anggaran dengan Ketat

Pengeluaran yang membengkak biasanya dikarenakan pengeluaran bulanan yang tidak terkontrol. Untuk itu, cobalah untuk mengatur anggaran pengeluaran dengan ketat. Lakukan hal ini sebelum tanggal gajian, sehingga Anda memiliki waktu yang cukup melakukan perhitungan, pertimbangan, serta penyusunan anggaran yang terbaik bagi keuangan. Susun anggaran dengan ketat, sehingga kebutuhan prioritas dapat terpenuhi semuanya. Hindari untuk membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak penting yang dapat memboroskan pengeluaran.

3. Tetapkan Target Pribadi

Tak hanya mengatur anggaran, namun juga perlu menetapkan target pribadi. Tetapkan nominal uang yang akan disimpan dan digunakan sebagai kebutuhan sehari hari setiap bulannya. Besarnya nominal tersebut dapat ditentukan sendiri berdasarkan pemasukan yang diterima setiap bulannya. Namun yang lebih baik adalah jangan sampai menggunakan hingga 30-50 % pemasukan untuk kebutuhan setiap bulannya.

4. Tempatkan Dana Darurat dari Awal

Agar lebih memudahkan Anda sebaiknya langsung menempatkan dana darurat di awal sehingga nantinya tidak ada alasan lain untuk mengganggu dana tabungan yang dimiliki. Dengan menyisihkannya dari awal, juga akan memudahkan Anda untuk memiliki dana darurat karena gaji yang belum terpakai sama sekali. Dana darurat ini merupakan hal penting yang perlu diperhatikan karena akan berpengaruh besar ketika terjadi pengeluaran secara tiba-tiba.

5. Mencoba Menabung Setiap Hari

Selain tabungan bulanan, Anda bisa mencoba untuk menghemat pengeluaran sehari harinya. Meskipun harian, namun jika nominalnya cukup besar maka akan membuat jumlah tabungan semakin meningkat. Sehingga usahakan untuk menghemat pengeluaran sehari hari, mulai dari beralih menggunakan kendaraan umum yang murah, membawa bekal makan ke kantor, dan lainnya. Kegiatan menabung harian ini dapat membuat nilai tabungan menjadi lebih besar dari yang dipikirkan.

6. Investasi Kecil-Kecilan

Anda bisa mencoba untuk melakukan investasi kecil-kecilan sebagai tabungan kedepannya. Saat ini banyak sekali jenis investasi bermodal kecil yang dapat dilakukan. Salah satunya yaitu investasi emas, hal ini dikarenakan harga emas yang cukup stabil serta banyak cara investasi yang dapat dilakukan. Bahkan bisa membelinya dengan cara mengangsur sehingga cocok bagi yang memiliki gaji pas-pasan.

7. Pikirkan untuk Tidak Menggunakan Kartu Kredit

Tak hanya mengurangi penggunaan kartu ATM, namun pikirkan kembali jika ingin menggunakan kartu kredit. Jika memang lebih banyak kerugian dibandingkan dengan keuntungannya, maka akan lebih baik untuk tidak menggunakan kartu kredit. Daripada harus bertumpuk utang di kemudian harinya, akan lebih baik untuk menolaknya.

Terapkan Gaya Hidup Hemat

Bergaji kecil maupun besar, penting untuk menerapkan gaya hidup hemat dalam kehidupan sehari hari. Gaya hidup hemat tak hanya akan membuat Anda dapat menabung, namun juga membuat kondisi finansial menjadi stabil yang mana akan berpengaruh positif bagi keberlangsungan hidup hingga tua nanti.



~cermati.com
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 68.981
 
Reputasi: 1743

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Trik Jitu Menabung Untuk yang Bergaji Di Bawah Rp2 Jutaan

cukup tuh mod...gaji 3 jt?tak terbayangkan bagi ane
kentong kentong is offline
National Level

Post: 947
 
Reputasi: 2

loading...
Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 2
kentong
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Tips dan Trik Jitu Saat Wawancara Untuk Anda Yang Sedang Melamar Kerja majalahberita855 Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik 14
Tips dan Trik Jitu Saat Wawancara Untuk Anda Yang Sedang Melamar Kerja majalahberita855 Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik 4


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.