Contoh Teknologi Iot Untuk Peternakan

seotog08

New member
Membahas teknologi IoT (Internet of Things) sangatlah luas, berbagai bidang dan sector industry di Indonesia sudah beberapa menggunakan IoT, karna dipercaya dan sudah terbukti menggunakan IoT dapat memudahkan pekerjaan yang miliki, dengan bantuan internet dan sebuah mesin yang sudah terhubung dengan ke internet menggunakan sebuah koding dari Arduino atau microprosesor.

Cara kerja dari IoT sudah saya bahas sebelumnya, jika ingin tau Anda bisa lihat bagaimana cara kerja IoT. Pada pembahasan artikel kali ini saya ingin membahas mengenai IoT untuk peternakan.
Karna pada dasarnya sebuah kebutuhan pangan berasal dari industri peternakan, jumlah penduduk akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Dan akhirnya kebutuhan pangan dan pola hidup masyarakat meningkat.

Dilihat kondisi saat ini, peternakan di Indonesia masih sangat perlu dilakukan evakuasi dan pengembangan serta pengelolaannya. Sehingga membuat para peternak mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya, karna kurangnya inovasi dan dukungan teknologi.

Saya akan berikan contoh penerapan iot untuk peternakan adalah, saat saya bertemu dengan tema yang memang sudah ahli di bidang IT, dia bercerita bahwa di daerah Subang, Jawa Barat. Peternakan ayam disana sudah menggunakan IoT untuk mengontrol ternak ayam mereka.

Dengan dilengkapi sensor pengukur suhu dan kelembapan ruangan dengan thermohygrometer. Secara otomatis ruangan tersebut bisa diatur suhu dan menyesuaikan kebutuhan peternakan. Apabila suhu ruangan terlalu panas, maka fan otomatis akan menyala untuk mengurangi panas ruangan.

Setiap sudut tempat ternak tersebut, juga dipasang chip untuk mengetahui kondisi ternak, dengan seperti ini, hewan yang terkena penyakit atau mati. Semua itu bisa dilihat atau dikontrol dari pantauan chip tersebut,.

Contoh lain dari penerapan IoT di peternakan adalah, budidaya ikan. Kenaikan permintaan terhadap ikan dan protein akhir — akhir ini menyebabkan sektor perikanan banyak dicari. Namun melakukan budidaya ikan tidaklah mudah. Anda harus membekali dengan ilmu dasar yang cukup.
Nah dengan adanya perusahaan yang mau menawarkan alternative untuk memudahkan pekerjaan peternak ikan dengan perangkat berbasis IoT (internet of things).
 
Back
Top