Cara Gampang Membedakan Ikan Cupang Koi dan Cupang Fancy

mikoajah

New member
Secara umum perbedaan ikan cupang koi dan ikan cupang fancy atau marble ialah dari warna dan juga motif warna pada sekujur badan ikan tersebut. Pada badan Ikan cupang koi terdapat corak warna yg sama persis dengan ikan koi asli, sedangkan untuk ikan fancy (marble) terdapat warna yang lebih variatif dari koi yaitu bisa tiga atau lebih dengan motifnya juga tak sama dengan ikan koi.

Pada jenis Ikan Cupang koi tak hanya yang berjenis plakat, tetapi juga ada jenis halfmoon. Ikan cupang jenis plakat lebih masuk akal karena bentuknya lebih menyerupai ikan aslinya dan bentuk sirip yg agak pendek dan tak terlalu panjang.
Apabila anda melakukan kawin persilangan antara sesama cupang koi maka hasilnya tak seperti yg anda harapkan karena adanya persilangan genetik.

Untuk melakukan perawatan ikan cupang plakat koi sangat mudah tak seperti ikan halfmoon atau rosetail. Kedua ikan tersebut harus dijaga supaya bentuk sirip ekor nya bagus dan tak sobek, disini dituntut kehati-hatian dan ketelitian dalam pemeliharaan.
Untuk warna-warni ikan cupang fancy akan terlihat jelas ketika mereka dewasa. Karena terus bertumbuh maka ketika ikan masih kecil warna dan corak yg menarik belum kelihatan.

Dalam perihal memilih jenis makanan untuk ikan ini pun juga harus diperhatikan, jangan sampai sembarangan memberikan pakan juga faktor kebersihan air yg harus dijaga. Memelihara ikan cupang seperti ikan cupang koi dan ikan cupang fancy memang memberikan rasa kebahagiaan dan ketenangan yg tak bisa di tukar dengan yg lain.
 
Back
Top