Asap Karhutla Menebal, Bandara Kalimantan Lumpuh

hardlen

New member
JgeMtsWfM9EEeC9A7

Foto: ANTARA

Aktivitas penerbangan yang terjadi di Bandara Pangsuma, Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu dilaporkan lumpuh. Peristiwa ini disebabkan oleh kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan atau karhutla yang terjadi di sekitar kawasan Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

“Hari ini penerbangan dibatalkan karena jarak pandang terbatas di Pontianak dan Putussibau,” ucap Kepala Bandara Pangsuma Putussibau Hery Azari Batubara saat dihubungi Antara dari Putussibau, Minggu (15/9).

Kegiatan penerbangan yang sementara dihentikan ini dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan para penumpang. Setelah kabut asap menipis dan terlihat aman untuk melakukan penerbangan, barulah aktivitas penerbangan boleh dilakukan.

Seperti yang dilansir dari CNNIndonesia.com, kedua maskapai Wings Air dan Nam Air yang terdapat di Bandara Pangsuma tidak dapat melayani rute Putussibau-Pontianak dan sebaliknya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Tjilik Riwut Palangka Raya telah menyatakan bahwa tebalnya asap yang meliputi kota tersebut membuat jarak pandang di Palangka Raya menjadi terbatas.

“Saat ini arah angin di Kalimantan berasal dari arah Selatan dan Tenggara. Angin itu pun membawa asap di wilayah selatan dan tenggara itu memang terjadi kebakaran hutan dan lahan,” ujar Prakirawan BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya, Lian Adriani.

Wilayah selatan dan tenggara yang dimaksud ialah Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas. Ia menambahkan bahwa kabut asap yang menyelimuti Palangka Raya seolah tidak berkurang karena kecepatan angin cukup rendah yaitu di bawah 10 kilometer pada pagi hingga siang dan di bawah 20 kilometer pada sore hingga malam.

Sementara itu di calon ibu kota, Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur jarak pandang pun hanya sekitar 10 meter. Di beberapa wilayah seperti di Tapis dan sekitar, jarak pandang bahkan hanya berkisar lima meter.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Paser AKP Donny Dwijaya Romansa mengimbau kepada warga sekitar untuk selalu menyalakan lampu kendaraan saat berkendara dan menyesuaikan kecepatan laju kendaraan sebaik mungkin.

Pemerintah daerah telah menyatakan status darurat asap serta imbauan kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker jika berada di luar rumah.

Sumber: CNNIndonesia.com
 
Last edited:
Menagih Janji Jokowi di Tengah Pekatnya Kabut Asap

Asap pekat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) semakin tak terkendali. Janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mencopot perwira TNI-Polri yang tak bisa mengatasi karhutla pun dinanti.

Arahan tegas mengenai karhutla disampaikan kepada Panglima TNI Marsekal Hadji Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam rapat koordinasi nasional pengendalian karhutla di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8/2019). Jokowi meminta Panglima dan Kapolri mencopot jajarannya yak mampu mengatasi karhutla.

Jokowi awalnya berbicara tentang aturan penanganan karhutla. Dia menegaskan aturan lama mengenai karhutla masih berlaku.

"Dan aturan main kita tetap, masih sama. Saya ingatkan pangdam, danrem, kapolda, kapolres, aturan main yang saya sampaikan 2015 masih berlaku," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8/2019).


sumber
 
Kabut Asap di Indonesia, 28 Pesawat Lion Air Group Batal Terbang

20a5fb33-b4d6-43d0-a79e-6f89de2496be_169.jpeg

Masalah kabut asap di sejumlah wilayah Indonesia seperti di Riau dan Kalimantan berdampak pada penerbangan. Banyak maskapai dari Lion Air Group batal terbang.

Dalam siaran pers yang diterima detikcom, Rabu (18/9/2019) Lion Air (kode penerbangan JT) dan Wings Air (kode penerbangan IW) dari Lion Air Group menginformasikan perkembangan terbaru operasional penerbangan pada Selasa (17/9) hingga pukul 21.30 WIB malam. Terkait kabut asap di beberapa daerah, banyak pesawatnya yang batal terbang.

"Dalam rangka memastikan keselamatan dan keamanan, Lion Air dan Wings Air mengalami pembatalan penerbangan (cancel), di beberapa jaringan domestik yang dilayani," terang Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro.

Berikut informasi pembatalan penerbangannya:

1. Lion Air Penerbangan JT-876 Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) - Pontianak (PNK)

2. Lion Air Penerbangan JT-877 Pontianak (PNK) - Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK)

3. Lion Air Penerbangan JT-832 Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) - Pontianak (PNK)

4. Lion Air Penerbangan JT-833 Pontianak (PNK) - Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK)

5. Lion Air Penerbangan JT-712 Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) - Pontianak (PNK)

6. Lion Air Penerbangan JT-713 Pontianak (PNK) - Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK)

7. Lion Air Penerbangan JT-837 Pontianak (PNK) - Surabaya (SUB)

8. Lion Air Penerbangan JT-836 Surabaya (SUB) - Pontianak (PNK)

9. Lion Air Penerbangan JT-967 Pontianak (PNK) - Semarang (SRG)

10. Lion Air Penerbangan JT-966 Semarang (SRG) - Pontianak (PNK)

11. Lion Air Penerbangan JT-817 Makassar (UPG) - Pontianak (PNK)

12. Lion Air Penerbangan JT-816 Pontianak (PNK) - Makassar (UPG)

13. Wings Air Penerbangan IW-1348 Pontianak (PNK) - Ketapang (KTG)

14. Wings Air Penerbangan IW-1349 Ketapang (KTG) - Pontianak (PNK)

15. Wings Air Penerbangan IW-1346 Pontianak (PNK) - Ketapang (KTG)

16. Wings Air Penerbangan IW-1347 Ketapang (KTG) - Pontianak (PNK)

17. Wings Air Penerbangan IW-1378 Pontianak (PNK) - Kuching (KCH)

18. Wings Air Penerbangan IW-1373 Kuching (KCH) - Pontianak (PNK)

19. Wings Air Penerbangan IW-1468 Pontianak (PNK) - Putusibau (PSU)

20. Wings Air Penerbangan IW-1469 Putusibau (PSU) - Pontianak (PNK)

21. Wings Air Penerbangan IW-1358 Balikpapan (BPN) - Tanjung Selor (TJS)

22. Wings Air Penerbangan IW-1359 Tanjung Selor (TJS) - Balikpapan (BPN)

23. Wings Air Penerbangan IW-1362 Balikpapan (BPN) - Berau (BEJ)

24. Wings Air Penerbangan IW-1363 Berau (BEJ) - Balikpapan (BPN)

25. Wings Air Penerbangan IW-1228 Batam (BTH) - Letung Anambas (LMU)

26. Wings Air Penerbangan IW-1229 Letung Anambas (LMU) - Batam (BTH)

27. Wings Air Penerbangan IW-1804 Surabaya (SUB) - Sampit (SMQ)

28. Wings Air Penerbangan IW-1805 Sampit (SMQ) - Surabaya (SUB)

"Keputusan tersebut disebabkan akibat cuaca buruk berupa fog/ smoke (kabut asap) yang terjadi di beberapa daerah. Kondisi ini mengakibatkan jarak pandang pendek (visibility below minimum) dan tidak memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan untuk proses lepas landas dan mendarat," terang Danang.

Dampak yang timbul berpotensi mengakibatkan terganggunya pada rotasi pesawat untuk sektor atau rute penerbangan berikutnya. Lion Air Group menegaskan, bahwa berdasarkan situasi yang terjadi seluruh operasional dijalankan berdasarkan standar operasional prosedur (SOP).

"Lion Air dan Wings Air sudah menginformasikan kepada seluruh penumpang atau tamu yang terganggu perjalanannya. Lion Air dan Wings Air memfasilitasi kepada penumpang bagi yang akan melakukan proses pengembalian dana (refund), perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku," papar Danang.

Menurut Danang, Lion Air Group akan terus berkoordinasi bersama pihak terkait guna memperoleh perkembangan atau keterangan sesuai situasi terbaru.

"Operasional Lion Air dan Wings Air akan berjalan normal kembali setelah jarak pandang dinyatakan aman untuk penerbangan (safe for flight)," tutupnya.



 
Ane rencana pengen menggadakan tur,ongkos 500.000/orang saja termasuk masker,untuk mimin dan momod ane kasi diskon 499.000 gimana?
 
Waduh kok serem amat ini mah harus ngungsi. Dan bagi pemerintah yang mau mengadakan seminar dan ingin memberikan souvenir berupa tas untuk para korban. Maka wajib bagi kamu untuk cek tas seminar disini
 
Back
Top