Potensi Wisata Pulau Terluar Sulawesi Utara

auliakahasiwi

New member
Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki jumlah pulau terbanyak serta keindahan alam yang mempesona. Hal ini pula yang mendorong pemerintah Sulawesi Utara untuk terus berupaya memberdayakan potensi pariwisata di pulau-pulau terluar Sulawesi Utara.

Saat ini pemerintah daerah tak hanya fokus pada sektor perikanan, namun juga potensi pariwisata di provinsi yang terletak di ujung Pulau Sulawesi ini. “Sebagai provinsi perbatasan, pemerintah daerah terus memberdayakan potensi pariwisata dan perikanan, dan workshop pengelolaan pulau-pulau kecil terluar merupakan upaya memaksimalkan potensi tersebut,” ujar Kepala Badan Perbatasan Daerah Sulawesi Utara, Djemi Gagola.

Menurut Gagola, pembangunan pariwisata dilakukan melalui beberapa langkah strategis, seperti pendidikan dan pelatihan (diklat), pelatihan bimbingan teknis (bimtek), magang, dan studi komparasi terkait pengembangan wisata. Selain itu bantuan modal usaha bagi masyarakat untuk pengembangan objek wisata di pulau-pulau terkecil juga dibutuhkan.

Ada hampir 300 pulau yang terdapat di Provinsi Sulawesi Utara, namun hingga saat ini yang menjadi daya tarik masih Bunaken dan Lembeh saja. Sedangkan berdasarkan Keppres Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penetapan Pulau-Pulau Kecil Terluar yang ditandatangani Presiden Jokowi, Sulawesi Utara memiliki 12 pulau terluar.

Dari ke-12 pulau terluar itu, yang paling dikenal adalah Miangas karena berbatasan dengan Filipina. Padahal, ada juga Batuwaikang yang letaknya paling ujung dan merupakan salah satu lokasi favorit penyu untuk bertelur.

Sumber: Berita wisata CNNIndonesia.com
 
Back
Top