Resensi: Terapi Berpikir Positif

Status
Not open for further replies.

spirit

Mod
buku_terapi-Berpikir-Positi.gif

Judul : Terapi Berpikir Positif
Penulis : Dr. Ibrahim Elfiky
Penerbit : Zaman
Tahun terbit : 2014, cetakan ke-31
Halaman : 347

Semua orang mempunyai potensi kekuatan pikiran, tapi tidak semua tahu dan mampu mengaktifkannya untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa. Melalui buku ini, Dr. Ibrahim Elfiky sebagai salah seorang motivator muslim dunia, tergerak untuk membantu mengenal kekuatan pikiran, cara kerjanya, dan cara mengaktfikannya dengan mudah dan efektif.

Sekilas Tentang Penulis

Dr. Ibrahim Elfiky adalah seorang motivator muslim dunia, juga pendiri dan ketua dewan komisaris beberapa perusahaan berskala internasional di Kanada. Meraih gelar doktor di bidang metafisika di Universitas Los Angeles, serta meraih 23 gelar diploma dari beberapa lembaga papan atas di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia, Manajemen dan Marketing, diakui sebagai penyusun dan peletak dasar ilmu Neuro Conditioning Dinamic (NCDᵀᴹ) dan ilmu Power Human Energy (PHEᵀᴹ)

Buku “Terapi Berpikir Positif” ini telah diterjemahkan ke dalam lima Bahasa (Inggris, Perancis, Arab, Kurdi, dan Indonesia), dan terjual jutaan ekslamper di dunia. Ia banyak melakukan seminar dan pelatihan di seluruh dunia yang mengantarkannya sebagai salah satu pembicara terbaik di dunia.

Isi Buku

Buku ini terbagi menjadi lima bagian yang merupakan inti dari materi yang Elfiky sampaikan yaitu:

  • Bagian pertama membahas mengenai kekuatan pikiran yang dapat diperoleh dari tujuh sumber berbeda. Pikiran melahirkan mindset, mempengaruhi intelektualitas, fisik, perasaan, sikap, hasil, citra diri, harga diri, rasa percaya diri, kondisi jiwa, kesehatan, pikiran melampaui batas waktu, tidak mengenal jarak, waktu, pikiran menambah atau mengurangi energi, melahirkan kebiasaan termasuk juga pengaruh pikiran terhadap sistem kerja akal bawah sadar pikiran dan mata rantai persepsi.
  • Bagian kedua membahas tentang pikiran negatif, beserta faktor-faktor yang menyebabkan pikiran ini terjadi. Menurut Elfiky, berpikir negatif dapat menyebabkan kecanduan. Contoh-contoh berpikir negatif dijabarkan dalam sifat: ragu, emosional, dengki, benci, dan lain-lain.
  • Bagian ketiga membahas tentang pikiran positif macam-macam berpikir positif, ciri-ciri kepribadian positif, tiga kekuatan berpikir positif serta tujuh prinsip berpikir positif. Tujuh prinsip berpikir positif itu antara lain membahas masalah dan kesengsaraan hanya ada dalam persepsi, setiap masalah ada solusi spiritualnya, mengubah pikiran berarti mengubah kenyataan dan lain-lain.
  • Bagian keempat membahas tentang strategi berpikir positif. Pokok bahasannya melingkupi pemikir, pikiran, dan berpikir, serta strategi bagaimana berpikir positif itu.
  • Bagian terakhir membahas tentang sepuluh wasiat berpikir positif, yaitu keinginan yang menggebu, keputusan yang kuat, bertanggung jawab penuh, persepsi yang disadari, menentukan tujuan, dukungan dari dalam, waktu yang positif, pengembangan diri, diam dan renungan harian serta perhatian individual dan kegiatan harian.

Dengan pembagian pembahasan yang sistematik, kita dapat memahami materi yang disampaikan secara bertahap. Selain itu, di dalam buku ini terdapat contoh-contoh kasus yang membuat kita paham bagaimana teori yang disampaikan dapat diimplementasikan di dunia nyata. Akan tetapi terdapat beberapa istilah-istilah khusus yang kurang dimengerti oleh orang-orang awam dan di beberapa bagian, Elfiky justru mengatasi masalah dengan gayanya seorang ‘psikolog’, sementara kita sebagai pembaca lebih membutuhkan pemecahan masalah yang bisa diatasi tanpa menggunakan terapi psikolog.

Namun secara garis besar, buku ini amat layak untuk dibaca. ditambah dengan gaya bahasa mudah dimengerti sehingga buku ini dapat dibaca oleh semua kalangan Materi yang disampaikan pun erat kaitannya dengan kehidupan kita, sehingga kita tidak akan menyesal membaca buku ini hingga tuntas.



Penulis: Asmaul Husna
~kertasonline.com
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top