5 Cara Mencegah Penularan Penyakit Polio
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


5 Cara Mencegah Penularan Penyakit Polio

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Umum] 5 Cara Mencegah Penularan Penyakit Polio

Polio atau poliomyelitis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit yang menyerang sistem saraf ini berpotensi menyebabkan kelumpuhan, bahkan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), satu dari 200 infeksi polio akan mengakibatkan kelumpuhan permanen.

Selama beberapa tahun belakangan sejumlah negara di dunia sudah dinyatakan bebas polio, termasuk Indonesia. Hal ini bermula dari inisatif pemberantasan polio global pada tahun 1988. Kasus akibat virus polio pun telah menurun sebanyak lebih dari 99%, dari sekitar 350.000 kasus pada tahun 1988 hingga kini menjadi 33 kasus yang dilaporkan pada tahun 2018.

Sudah lama tak terdengar, polio kabarnya kini kembali hadir di sejumlah negara. Pertengahan bulan lalu, Filipina secara tak terduga melaporkan kasus polio pertama setelah 19 tahun negara tersebut dinyatakan bebas dari polio. Tak hanya Filipina, Kamerun sebelumnya juga sudah terlebih dahulu mengumumkan keadaan darurat umum setelah adanya kasus polio di bagian utara negara tersebut.

Dengan polio yang kembali menjangkit beberapa negara, kita juga harus ikut mewaspadai wabah ini. Bukan tanpa alasan, pasalnya Indonesia sendiri bertetanggaan langsung dengan Filipina. Migrasi yang setiap harinya terjadi antara kawasan Indonesia Timur dengan Filipina Selatan membuat risiko penyakit ini untuk menular semakin besar.

Namun jangan khawatir, karena Anda masih bisa mencegah penularan polio sebelum terlambat. Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan sebagai langkah pencegahan penyakit polio:

1. Vaksin
Imunisasi merupakan langkah pencegahan polio yang paling efektif. Umumnya imunisasi polio diberikan sebanyak empat kali dalam 4 bulan pertama kehidupan bayi. Kemudian dilanjutkan dengan imunisasi polio tambahan yang dilakukan setiap tahun dalam PIN (Pekan Imunisasi Nasional).

2. Mencuci tangan
Virus polio masuk melalui rongga mulut dan hidung, kemudian virus menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Untuk itu, pastikan tangan Anda bersih sebelum menyentuh hidung atau mulut untuk mencegah virus polio masuk ke tubuh.

3. Pertahankan daya tahan tubuh
Kunci agar tubuh bisa melawan virus polio yang akan menginfeksi tubuh adalah dengan mempertahankan daya tahan tubuh yang kuat. Agar daya tahan tubuh kuat, konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi dengan memadukan sayur, daging, dan buah secara seimbang, istirahat dengan cukup, dan perbanyak minum air putih.

4. Kebersihan makanan dan minuman
Virus dapat bertahan dalam air dan makanan, maka dari itu kita harus memastikan untuk memasak air dan makanan hingga benar-benar matang agar virus mati dan gagal masuk ke tubuh.

5. Memilih toilet umum
Selain melalui rongga mulut dan hidung, virus polio juga bisa menular melalui kontak dengan feses penderita. Perhatikan kebersihan toilet umum sebelum digunakan dan jangan lupa untuk mencuci tangan setelah ke toilet adalah hal yang wajib dilakukan agar terhindar dari polio.


Sumber: Berita Kesehatan CNNIndonesia.com
auliakahasiwi auliakahasiwi is offline
Home Level

Post: 13
 
Reputasi: 0

Loading...
       
loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Mencegah Penularan Hepatitis B alitkurniawan Kesehatan 0
Coba Lakukan Hal Ini Untuk Mencegah Penularan Scabies anggisaputra Kesehatan 1
Cara Mencegah Penularan Hepatitis Yang Harus Anda Ingat anggisaputra Kesehatan 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.