Oli Mesin Motor yang Bagus Tidak Harus yang Encer
 
Go Back   Home > Otomotif

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Oli Mesin Motor yang Bagus Tidak Harus yang Encer

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Oli Mesin Motor yang Bagus Tidak Harus yang Encer

Mengganti oli mesin motor harus dilakukan secara rutin agar performa tetap baik dan memperpanjang umur mesin. Tanda-tanda yang paling umum ketika harus ganti oli adalah perpindahan gigi yang tidak mulus, dan suara mesin yang tidak halus. Tapi, jangan sembarangan memilih oli karena harus ada kesesuaian antara jenis oli dan kondisi motor.



Memilih Oli Berdasarkan Kekentalan? Perhatikan Dulu Dua Hal Ini
Tingkat kekentalan oli terkadang menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan oli untuk motor. Apakah sepenuhnya benar? Sebelum menuju ke situ, ada baiknya membahas masalah kekentalan dulu. SAE (Society of Automotive Engineer) merupakan badan internasional yang mengeluarkan indeks kekentalan oli mesin. Maka dari itu, kekentalan oli mesin dikenal dengan SAE. Identifikasi ini hanya mengukur tingkat kekentalan oli bukanlah mutu oli.

Kode SAE yang tertera bukan hanya soal encer dan kental melainkan kemampuan adaptasi oli pada suhu rendah maupun tinggi. Kode huruf ‘W’ yang tertera berarti ‘Winter’ yang digunakan sebagai acuan di negara-negara bermusim dingin. Huruf tersebut juga berarti titik beku oli. Semakin kecil angka di depan huruf ‘W’ maka tingkat keenceran oli semakin tinggi.

Berikut dua hal yang berpengaruh dalam pemilihan oli:
1. Suhu Lingkungan Anda Sehari-Hari
Bagi Anda yang biasa menggunakan motor di daerah bersuhu tinggi seperti perkotaan, maka disarankan untuk memilih oli dengan titik beku yang rendah hingga sedang. Sedangkan, bagi yang menggunakan motor di daerah bersuhu rendah seperti pegunungan, maka gunakan oli bertitik beku tinggi.

2. Karakteristik Motor
SAE yang rendah diperlukan untuk motor yang harus bekerja lebih berat. Dengan kekentalan yang lebih encer, maka mesin motor lebih leluasa beroperasi sehingga nyaman dikendarai. Oli yang lebih kental cocok digunakan untuk kendaraan yang kinerjanya tidak berat, dan yang sering menjumpai jalanan macet. Oli yang lebih encer akan membuat mesin mengeluarkan asap berlebihan pada kondisi tersebut.

Jadi tidak selalu berpatokan bahwa oli lebih encer itu lebih bagus, ya. Karena pemilihan oli tergantung dengan kondisi motor dan lingkungan/jalanan yang biasa dilewati. Agar tidak bingung memilih merk oli yang terpercaya, Anda bisa menggunakan Produk Mobil yang menawarkan oli terbaik untuk motor, mobil dan truk.

mobil.co.id
Birulaut Birulaut is offline
Home Level

Post: 9
 
Reputasi: 0

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Oli Mesin Motor yang Bagus Tidak Harus yang Encer

wah jadi ingat,pemanasan global masbro
kentong kentong is offline
National Level

Post: 814
 
Reputasi: 2

loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Upgrade Performa Motor Matik, Trik Buat Yang Ogah Oprek Mesin jozz78 Otomotif 2


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.