Alat Listrik Murah Jogja - 0882.1676.4980 (WA)

cmos_cmos-hk-400a-biru-lampu-emergency_full02.jpg


Cara Merawat dan Menggunakan Lampu Emergency agar Awet


Berikut cara singkat merawat lampu emergency agar awet dan tidak gampang rusak. Cara umum yang menyebabkna lampu emergency awet dan tidaknya adalah bagaimana perlakuan kita dalam menggunakannya Pada saat pertama anda membeli lampu emergency, usahakan untuk mengecharge dulu selama kurang lebih 3 jam. Kenapa harus di charge dulu sih? Untuk memastikan kondisi baterai dalam kondisi penuh. Setelah kondisi baterai sudah penuh, maka selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakannya? dalam hal ini Ada dua cara yang dapat kita pilih dalam menggunakan lampu emergency ini berikut caranya

Cara Pertama dengan melakukan  ISI ULANG

Caranya adalah setelah baterai terisi penuh, kabel listrik dicabut dari sumber listrik. apabila tidak menggunakannya dalam kurun waktu 1-2 bulan. Nyalakan lampu emergency kurang lebih 3 jam atau akan mendekati baterai habis. Kemudian charge kembali kurang lebih 3 jam. Kenapa kok lampunya pakai dinyalakan? Tujuannya agar tegangan yang tersimpan dalam baterai dapat dikosongkan dan di isi kembali. Cara Ini lebih baik daripada dengan di charge saja tanpa dilakukan pengosongan tegangan dulu dalam baterai. Jika dalam kurum waktu kurang dari 1 bulan lampu emergency anda pakai atau memang digunakan pada saat listrik PLN padam, maka lakukan charge selama kurang lebih 3 jam setelah digunakan. Kelebihan dari cara ini adalah baterai akan lebih awet. Kekurangan cara ini adalah lampu emergency tidak dapat otomatis menyala saat listrik PLN padam.

Cara yang kedua RE-CYCLE
Cara ini berbeda dengan cara yang pertama yaitu lampu emergency yang baru beli di charge tanpa dicabut. Jadi lampu emergency dicharge terus-menerus. Jika tidak digunakan dalam kurun waktu 1-2 bulan. Diharapkan dicabut dan dinyalakan lampu emergencynya kurang lebih 3 jam atau sampai lampu sudah redup. Kemudian dicharge lagi tidak perlu di copot dari sumber listrik. Kelebihan dari cara ini adalah lampu emergency bisa otomatis menyala pada saat listrik PLN padam. Kekurangannya dari cara ini adalah baterai sedikit tidak awet, karena dicharge terus-menerus. Tapi jika dibandingkan dengan dicharge terus tanpa dilakukan re-cycle atau tanpa dinyalakan, cara ini masih lebih baik dan dapat menghemat baterai. Sekaligus kita dapat mengontrol dan memonitor kondisi baterai masih normal atau sudah drop. Sehingga tidak terjadi lampu emergency tidak bisa nyala pada saat listrik PLN padam.
 
Last edited:
Back
Top