9 Model Rambut Jadul

spirit

Mod
Seperti yang kita tahu, soal tren penampilan, manusia selalu mengalami lompatan-lompatan besar. Ya, perubahan semacam ini cukup cepat bergantinya. Salah satu buktinya adalah celana cut bray, zaman sekarang mana ada sih yang pakai beginian. Ada sih, tapi mungkin untuk dipakai di acara-acara khusus macam pesta tema 80an. Selebihnya model itu bakal bikin orang ketawa kalau ada yang pakai sekarang.

Selain outfit, gaya rambut juga mengalami pergeseran tren. Coba kita kembali ke masa jadul dulu, pasti tatanan rambutnya sama sekali berubah. Di satu sisi kita mungkin ketawa ya ketika mengingatnya, tapi di sisi lain cukup kangen juga bahkan pengen mencobanya lagi. Nah, masih soal tren rambut jadul, berikut ini beberapa yang paling populer ketika itu.

1. Gaya rambut Duran-Duran yang ngehits banget

9-Model-Rambut-Jadul-yang-Lucu-Tapi-Bikin-Ngangenin-1.jpg

Model rambut Duran-duran berasal dari sebuah kelompok band metal bernama sama, Duran-Duran, yang sangat ngetren di era 80-90 an. Model rambut ini memiliki ciri khas jambul acak-acakan dan tipis di bagian samping, kemudian panjang di bagian belakangnya yang juga awut-awutan Seperti tidak tersisir. Banyak orang di era tersebut sangat menyukai model rambut Duran-Duran. Bahkan sampai-sampai icon karakter Lupus di novel komedi karya cipta Hilman Hariwijaya juga menggunakan model rambut seperti ini.

2. Rambut cepak ala Demi Moore

9-Model-Rambut-Jadul-yang-Lucu-Tapi-Bikin-Ngangenin-2.jpg

Gaya rambut ini terinspirasi dari model rambut yang digunakan oleh aktris Demi Moore pada tahun 90-an, ketika dia bermain dalam film “Ghost.” Gaya rambut ini memiliki ciri khas pendek mirip pria namun dengan sedikit poni di bagian depannya. Banyak pengagum dari gaya rambut satu ini, salah satunya adalah salah seorang diva Indonesia, Yuni Shara. Sekarang ini nampaknya model rambut Demi Moore kembali ngetren, namun sedikit dimodifikasi agar tidak terlihat jadul.

3. Belah pinggir ala Mandarin

9-Model-Rambut-Jadul-yang-Lucu-Tapi-Bikin-Ngangenin-3.jpg

Di tahun-tahun 90-an ke atas, aktor Andy Lau menginjak masa keemasannya. Setelah Andy Lau, banyak aktor Mandarin lainnya yang juga terangkat karirnya melalui beberapa film layar lebar. Namun di balik ketenaran para aktor Mandarin tersebut, ada satu tren yang langsung mewabah, khususnya di Tanah Air, yaitu model rambut yang dikenal dengan nama Potongan Rambut Mandarin. Model rambut Mandarin ini bercirikan potongan untuk kaum pria dengan sedikit menggembung pada bagian atas, samping kanan dan kiri, serta belakangnnya. Hanya saja, di bagian-bagian bawahnya sedikit dipangkas rapi sehingga terkesan rambutnya sedikit ‘terbang.’

4. Belah tengah yang tak terlupakan

9-Model-Rambut-Jadul-yang-Lucu-Tapi-Bikin-Ngangenin-4.jpg

Rambut model belah tengah juga sangat populer di era 90-an. Rambut model seperti ini bercirikan hampir seperti model mandarin, hanya saja belahan rambutnya dibagi tepat berada di tengah dan dibiarkan kedua sisinya mengembang. Banyak pengikut dari model belah tengah seperti ini, dari selebritis luar negeri, Tanah Air sampai dengan orang-orang umum. Jika kamu pernah menonton video clip jadul milik Back Street Boys, tentunya akan mengenali siapa personel yang menggunakan model rambut seperti ini.

5. Rambut Ponytail yang lucu

9-Model-Rambut-Jadul-yang-Lucu-Tapi-Bikin-Ngangenin-5.jpg

Model rambut ponytail atau ekor kuda juga merupakan salah satu potongan rambut nge-tren di era 80-90an. Model ini rata-rata digunakan oleh para wanita saja, karena akan menjadi aneh jika pria yang menggunakannya. Ciri khas dari rambut ponutail era 80-90 an adalah dengan menguncir bagian samping rambut, entar sebelah kiri atau kanan, dan menghiasinya dengan karet rambut berwarna, kemudian membiarkannya terjuntai mengikuti pola rambut bagian belakang.

6. Model rambutnya mbak Nike Ardilla

9-Model-Rambut-Jadul-yang-Lucu-Tapi-Bikin-Ngangenin-6.jpg

Di tahun 90-an, ada seorang penyanyi wanita yang sangat populer namanya, yaitu Nike Ardilla. Sayangnya, dia mengalami kecelakaan yang merenggut nyawanya. Selain lagu, ada satu lagi yang menjadi ‘warisan’ Nike Ardilla untuk masyarakat Indonesia, khususnya bagi kaum Hawa, yaitu model rambutnya yang sangat digandrungi pada zaman itu. Model rambut Nike Ardilla ini memiliki istilah potongan rambut Bob yang sedikit dipanjangkan dan diarahkan ke belakang agar tidak menutupi telinga. Selain itu, cara memotongnya pun harus seimbang antara kanan dan kiri, kemudian wajib hukumnya untuk membaginya menjadi dua bagian.

7. Rambut sangar ala Bon Jovi

9-Model-Rambut-Jadul-yang-Lucu-Tapi-Bikin-Ngangenin-7.jpg

Model rambut ala Bon Jovi ini merupakan inspirasi dari sang penyanyi bernama Bon Jovi itu sendiri. Bon Jovi memang memiliki ciri khas gaya potongan rambutnya yang terlihat acak-acaknya, berbelah samping dan sedikit panjang menyentuh bahu. Potongan rambut ini adalah model rambut untuk pria yang mana aneh jika wanita menggunakannya. Ada yang mengatakan bahwa model rambut Bon Jovi ini merupakan kembangan dari model rambut Duran-Duran yang terlebih dahulu populer namun dalam versi pendek dan sedikit lebih rapi.

8. Rambut ala personel F4

9-Model-Rambut-Jadul-yang-Lucu-Tapi-Bikin-Ngangenin-8.jpg

Nah, model rambut ini pastinya banyak yang mengenali, karena contoh potongannya terinspirasi dari gaya rambut para personel F4 yang bermain dalam film seri populer di negaranya, Taiwan, dan juga di Indonesia, yaitu Meteor Garden. Untuk potongan dan belahan rambutnya terkesan lebih bebas karena tidak ada patern khusus yang mengharuskan untuk membentuk modelnya. Hanya saja, yang menjadi satu hal wajib adalah rambut harus lurus dengan ujung sedikit keluar acak-acakan.

9. Rambut model Polem

9-Model-Rambut-Jadul-yang-Lucu-Tapi-Bikin-Ngangenin-cover.jpg

Jika di era tahun 2000-an ke atas ada yang namanya model EMO, tapi di tahun 90-an juga pernah ada model rambut serupa, yaitu poni lempar atau disingkat polem. Bedanya model polem tahun 2000 ke atas dan era 90-an adalah terletak pada bagian belakangnya. Jika di tahun 2000-an rata-rata sedikit memanjangkan rambut bagian belakangnya, di tahun 90-an justru dipangkas rapi, namun memanjangkan bagian poninya yang kemudian ditata rapi untuk dapat menutupi satu bagian mata atau wajahnya. Sekarang tren model polem jadul ini, nampaknya dipopulerkan kembali oleh Justin Bieber.

Beberapa potongan di atas sebenarnya tidak jelek-jelek banget kok kalau diaplikasikan di masa sekarang. Justru bisa jadi trendsetter. Tapi, beberapa memang agak aneh sih, misalnya si belah tengah. Yakin deh, seganteng-gantengnya orang, kalau dia pakai belah tengah di zaman ini bakal ditertawakan. Tapi, mungkin saja berawal dari situ malah jadi ngetren lagi.



~boombastis.com
 
Back
Top