Berikut 5 Poin Sebelum Anda Tanda Tangan Kontrak Kerja
 
Go Back   Home > Kuliah & Mahasiswa

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Berikut 5 Poin Sebelum Anda Tanda Tangan Kontrak Kerja

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Berikut 5 Poin Sebelum Anda Tanda Tangan Kontrak Kerja

1. Pahamilah Deskripsi Pekerjaan Secara Detail

Meski saat melamar Anda sudah mengetahui posisi dan apa yang akan kamu lakukan nantinya, tidak berarti kamu bisa mengabaikan judul dan deskripsi pekerjaan dalam kontrak. Bagaimana pun deskripsi pekerjaan yang tercantum di kontrak sangatlah penting karena di sana tertulis jelas apa saja yang akan jadi dan bukan tugas Anda. Jangan sampai karena tidak membaca deskripsi pekerjaan, Anda akan mengeluhkan jika disuruh melakukan tugas lain yang bukan kewajiban Anda dan membuat beban kerja jadi lebih berat dari yang seharusnya.

2. Gaji Perbulan

Gaji per bulan jelas jadi salah satu poin penting yang wajib Anda perhatikan. Anda juga harus tahu kapan, berapa dan memastikan bahwa jumlahnya sesuai dengan apa yang sudah dinegosiasikan dengan atasan. Selain gaji, kamu juga harus tahu tunjangan apa saja yang akan kamu dapatkan. Tunjangan ini mencakup kesehatan, keselamatan kerja, dan bonus uang tambahan jika kamu harus lembur di kantor. Ingat, uang adalah hal yang sensitif, jadi kamu harus membaca kontrak dengan teliti atau kalau perlu mendiskusikannya dengan atasan.

3. Libur dan Cuti

Lewat kontrak kerja, perusahaan menjelaskan ketentuan libur dan jumlah cuti yang bisa Anda dapatkan dalam satu tahun. Jangan sampai gara-gara tidak membaca kontrak membuat Anda menyesal kemudian dan menuduh perusahaan kejam karena tidak kunjung membiarkan kamu pergi liburan.

4. Jam kerja

Pada Umumnya perusahaan di Indonesia mempekerjakan karyawannya 7 atau 8 jam per hari. Namun yang namanya perusahaan tidak akan selalu sama. Jadi daripada saat kerja nanti Anda sibuk menghitung waktu, akan lebih baik kalau Anda mengetahui terlebih dahulu jam kerja diawal kontrak. Selain jam kerja, di kontrak juga biasanya tercantum ketentuan lembur seperti kapan dan berapa jam yang harus ANda habiskan di kantor. Jangan-jangan karena saking cintanya sama pekerjaan membuat Anda kebablasan dan lembur hampir setiap hari dan tidak memperhatikan kesehatan.

5. Awal mulai dan berakhirnya kontrak

Kalau masalah kapan kontrak dimulai, Anda pasti sudah tahu. Tetapi kapan kontrak itu berakhir? Itu yang harus diperjelas. Biasanya perusahaan mengontrak karyawan selama tiga tahun. Jika kinerja Anda bagus, mereka akan memperpanjang kontrak atau mengangkat kamu sebagai karyawan tetap. Tetapi tidak semua perusahaan sebaik itu, ada perusahaan yang langsung menghentikan karyawan ketika kontrak selesai dan mencari yang baru. Dengan mengetahui kapan berakhirnya kontrak, dan kebijakan perusahaan akan membantu Anda menentukan nasibmu.
seotog08 seotog08 is offline
City Level

Post: 109
 
Loading...
       
loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.