Mengenal Kartu PVC untuk Printer Kartu

Birulaut

New member
evolis-primacy.png


Printer kartu menggunakan kartu PVC sebagai media mencetak. Proses pertama adalah kartu PVC yang masih kosong dicetak dengan kombinasi teks, gambar, foto, logo, dan lain-lain yang bisa digabungkan dengan strip magnetik dan smart card baik kontak maupun nir sentuh.

Namun apa pengertian dari kartu PVC? Kartu PVC atau Poly Vinyl Chloride adalah kartu plastik yang terbuat dari material PVC dan memiliki ukuran CR80 atau 85,5 mm x 53,6 mm, berwarna polos putih dan ketebalan standar 30 mil dan merupakan bahan standar yang dapat bekerja dengan baik untuk pencetakan kartu.

Ada pula kartu PVC dengan ketebalan 10 mil, 20 mil dan lain-lain, anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan anda. Kartu PVC juga terbagi lagi dalam beberapa jenis, diantaranya magnetic card atau kartu magnetik, kartu mifare, proximity card atau kartu proximity, kartu chip, dan kartu EM.

1. Magnetic Card atau Kartu Magnetik
Kartu magnetik adalah kartu plastik yang berwarna polos putih pada bagian sisi depan maupun belakang. Pada sisi belakang terdapat pita berwarna hitam yang berukuran 85,5 mm x 13 mm.

2. Kartu Mifare
Adalah kartu sejenis semi konduktor dan biasa digunakan untuk ID card, kartu transportasi publik, kartu parkir, kartu kredit, kartu absen, dan lain-lain.

3. Proximity Card atau Kartu Proximity
Adalah nama lain dari contactless card yang biasa digunakan untuk sistem pembayaran atau sistem akses keamanan. Kartu ini juga biasa disebut dengan RFID smartcard contactless.

4. Kartu Chip
Adalah kartu pintar atau smart card yang mempunyai karakteristik ICC atau Integrated Circuit Card. Anda bisa melihat rangkaian dari circuit pada lempengan metal dan biasanya memiliki warna silver atau emas. Kartu ini juga dilengkapi dengan memory yang dapat menampung data-data.

5. Kartu EM
Secara karakteristik sering disebut dengan proximity card namun kartu ini tidak memiliki memory seperti kartu mifare yang bisa digunakan untuk menyimpan data-data.

Inilah Kelebihan Kartu PVC
Kartu PVC memiliki berbagai kelebihan diantaranya berat kartu yang ringan, awet dan tahan lama, tesktur kartu yang fleksibel dan elastis, tampilan yang menarik dan hasil cetak yang berkualitas baik.

Itulah tadi penjelasan mengenai kartu PVC yang biasa digunakan untuk printer kartu berkualitas baik. Jika anda mencari distributor peralatan maupun aksesories printer kartu terlengkap, PT. Smart Identification Solutions adalah pilihan yang tepat.
 
Sekarang ini memang sangat banyak untuk pencetakan kartu ini dan itu gan. Sehingga pengusaha kartu menjadi kebanjiran order. Apalagi kartu chip yang memang digunakan dalam banyak dhal.
 
Back
Top