9 Software Antivirus Buatan Anak Indonesia

spirit

Mod
fi-3.jpg

Berikut ini adalah software antivirus terkenal dan memiliki kualitas terbaik buatan lokal.


1. PC Media Antivirus (PCMAV)
Berisikan informasi sebanyak lebih dari 3.000 jenis virus dalam databasenya. PC Media Antivirus atau PCMAV merupakan salah satu antivirus buatan lokal yang cukup populer dan digemari tidak hanya oleh orang Indonesia saja, melainkan juga sudah merambah ke luar negeri.

PC-Media-Antivirus-PCMAV-image-source.jpg

Kehebatan PCMAV ini adalah di dalam databasenya, masing-masing virus yang terdeteksi akan dibasmi dengan cara tersendiri. Tidak hanya itu, pemusnahan virusnya juga tergolong hati-hati dan tidak serampangan menganggap data yang tak sesuai dalam databasenya dianggap virus, jadi Anda tidamk perlu takut akan kehilangan sistem, file atau dokumen penting setelah antivirus ini melakukan scanning.

2. SmadAV
Tak kalah hebat dengan PCMAV, SmadaV adalah antivirus buatan lokal yang dapat diunduh secara gratis oleh siapa saja. Pihak pembuat SmadAV selalu memberikan update secara berkala dan juga tetap dapat diunduh secara gratis.

SmadAV-image-source.jpg

Kehebatan yang dimiliki SmadAV adalah mampu beroperasi bersamaan walaupun di dalam PC/laptop sudah terdapat antivitus lainnya, tanpa membuat perangkat menjadi berat. SmadAV juga sangat handalk untuk digunakan sebagai penghapus virus-virus yang terbawa dan bermuara di dalam flashdisk. Proses scanningnya pun cukup cepat tanpa membuat memory banyak terpangkas.

3. ANSAV Antivirus
Di urutan ketiga ada Ansav Antivirus yang juga tak kalah hebat dari dua program penghapus virus di atas. Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas menarik yang dapat diatur dengan leluasa dan mudah. Kelebihan lainnya adalah, ANSAV Antivirus memiliki ukuran kecil dan tidak butuh tempat besar ketika diinstal ke dalam PC atau laptop.

ANSAV-Antivirus-image-source.jpg

Sejak diluncurkan pada tahun 2006 lalu, ANSAV Antivirus menjadi salah satu penantang dan pesaing PCMAV dan SmadAV. Hanya saja masih kalah populer karena perusahaan penciptanya terlambat dalam perilisannya di pasaran Indonesia.

4. Blue Atom Antivirus
Mungkin tidak banyak orang yang mengenal nama software antivirus satu ini. Blue Atom Antivirus adalah program penghapus virus, trojan dan malware yang dibuat seorang anak kelas XI E SMP di Surabaya, yang bernama Alvin Leonardo yang masih berusia 14 Tahun. Hebatnya lagi, antivirus buatannya tersebut mendapatkan verifikasi 100% Clean dari Softpedia.com pada tanggal 19 Oktober 2009.

Blue-Atom-Antivirus-image-source.jpg

Dalam pembuatan Blue Atom, Alvin tidak pernah mengikuti kursus atau pelatihan bahasa pemrograman. Dia belajar secara otodidak dan mempelajari 3 bahasa pemrograman sekaligus yaitu Visual Basic, C#, dan Assembler (ASMX 86).

.
 
5. Gucup Antivirus (GAV)
Satu lagi produk antivirus karya anak bangsa yang diberi nama Gucup Antivirus atau GAV. Antivirus satu ini diciptakan oleh Yusuf Theretsa Patiku seorang mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Gucup-Antivirus-GAV-image-source.jpg

Seperti halnya Blue Atom Antivirus, Softpedia juga telah memberikan sertifikasi 100% clean untuk antivirus satu ini. Dalam membuatnya, Yusuf menggunakan Microsoft Visual Studio .Net 2003 dengan bahasa pemrograman C#.

6. Elkav Antivirus

Elkav-Antivirus-image-source.jpg

ELKAV Antivirus adalah Antivirus lokal yang berstatus tak berbayar atau freeware dan lebih menitikberatkan untuk mengatasi virus-virus lokal. Walaupun fokus pada virus-virus lokal, namun bukan berarti Elkav Antivirus tidak mampu menangkal virus-virus dari luar negeri yang juga menyebar luas di Indonesia. Dalam prosesnya, antivirus ini akan melakukan fast scanning yang akurat dan tidak sembarangan mengidentifikasi file serta di dalam databasenya terdapat banyak sekali varian-varian virus.

7. AVIGEN Antivirus
Tidak hanya berfungsi sebagai antivirus saja, AVIGEN Antivirus yang merupakan software buatan lokal ini juga dapat mengatasi file-file yang terinfeksi virus yang umumnya disebarkan oleh para peretas ‘nakal’ seperti worm, hacktool, exploit script, serta trojan horse.

AVIGEN-Antivirus-image-source.jpg

Fasilitas lain yang terdapat di dalam AVIGEN Antivirus, antara lain registry tweak, scan running proses, process viewer, scan autorun location dan masih banyak lagi. Dikarenakan kehandalannya itu, AVIGEN Antivirus juga sudah mengantongi sertifikasi 100% clean dari Softpedia.com

8. ARTAV Antivirus
Diciptakan oleh 2 pemuda asal Kota Kembang, Bandung. ARTAV Antivirus dapat dijadikan andalan ketika PC atau laptop Anda bermasalah karena terserang virus atau malware. Tidak tanggung-tanggung, ada 4 penghargaan yang didapatkan oleh Taufik Aditya Utama (23) selaku desainer dan Arrival Dwi Sentosa (18) sebagai programmernya dari perusahaan atau media luar negeri.

ARTAV-Antivirus-image-source.jpg


Seperti predikat 100% Clean Award dariSoftpedia.com, Top Editor Reviews – Bstdownload.com, Winner Jawa Barat ICT Award 2011 – Bandung dan Top Software Award – Softoxi.com. Keunggulan dari antivirus yang menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6 dengan C++ ini adalah dapat memangkas waktu scanning yang rata-rata lama dengan tingkat keakuratan yang tinggi.

9. Codenesia Malware Cleaner (CMC)
Kependekan dari Codenesia Malware Cleaner, CMC adalah software antivirus lokal yang memiliki kualitas bagus dan mampu mengatasi segala macam virus atau malware buatan dalam atau luar negeri.

Codenesia-Malware-Cleaner-CMC-image-source.jpg

Proses scanning dan tingkat akurasinya yang tinggi, menjadikan CMC cukup ampuh untuk dijadikan sebagai ‘benteng’ penjaga PC atau perangkat komputer Anda lainnya.


~boombastis.com
 
Back
Top