Sayangi Ginjal! Ini Kisaran Biaya Cuci Darah, Seminggu 2 Kali Seumur Hidup

spirit

Mod
0b9fb0e0-24ae-4cbf-82cf-cc920a011924_169.jpeg

Cuci darah wajib hukumnya dilakukan bagi pengidap gagal ginjal. Sebab darah yang penuh racun akan berbahaya bila tak dibersihkan.

Sayangnya cuci darah masih terbilang mahal untuk sekali tindakan. Direktur klinik Hemodialisis Tidore, Jakarta Pusat, Andreas Japar mengatakan harga cuci darah bisa berbeda-beda tergantung dari tingkat fasilitas kesehatannya.

"Rp 737.700 untuk klinik HD (hemodialis) tipe D, kalau klinik di luar rumah sakit tipe D. Ada lagi rumah sakit tipe C itu sekitar Rp 825.000, kelas B sekitar Rp 935.000, kelas A antara sekitar Rp 1.000.000," kata Andreas saat ditemui detikcom, Senin (13/1/2020).

Prosedur cuci darah pun tak bisa dilakukan hanya sekali, karena racun-racun di dalam darah perlu dibersihkan secara terus menerus.

"Umumnya dua kali seminggu selama cuci darah itu berlangsung prosesnya 5 jam. Jadi bayangin saja dua kali seminggu 5 jam," ucap dr Risma Chrismawati.

Bahkan bagi pasien yang mengidap gagal ginjal kronis, cuci darah bisa dilakukan seumur hidup.

"Kalau sudah gagal ginjal kronis stadium 5 itu seumur hidup, tapi kalau yang bukan itu gagal ginjal akut itu (karena) ada penyakit penyerta lain," tambahnya.

Diketahui untuk penyakit gagal ginjal akut, masih ada kemungkinan membaik bila rutin cuci darah dan menjaga pola hidup sehat.



 
Back
Top