3 Syarat Memilih Software Akuntansi Terbaik Untuk Keuangan Perusahaan

izkey1

New member
41328407-accounting-management-finance-marketing-business-concept.jpg


Mengenai fungsi dan peran Software Akuntansi sudah dijelaskan pada kesempatan sebelumnya. Selanjutnya kali ini kita akan membahas apa saja syarat-syarat memilih accounting software terbaik untuk mengelola keuangan perusahaan.

Tidak perlu buru-buru membeli accounting software karena belum tentu sesuai dengan sistem keuangan perusahaan. Lalu bagaimana cara memilih yang terbaik? Software akuntansi yang Anda pilih minimal harus memenuhi beberapa syarat berikut ini.

1.Memenuhi Standar Laporan Keuangan dan Transaksi Perpajakan

Software akuntansi yang Anda pilih harus mampu memenuhi standard pembentukan laporan keuangan di Indonesia. Ini sangat penting untuk menghindari munculnya masalah di masa mendatang karena laporan yang dibuat tidak sesuai dengan ketentuan.

Aplikasi akuntansi juga harus memiliki fitur penghitungan pajak dalam sistemnya. Fitur yang dimaksud mencakup penghitungan PPN maupun PPh termasuk mencetak fakturnya dan berbagai hal yang berkaitan dengan sistem perpajakan.

2.Disesuaikan dengan Jenis Usaha

Syarat memilih Software Akuntansi terbaik berikutnya yaitu menyesuaikan software dengan bidang usaha yang dijalankan. Teliti terlebih dulu fitur apa saja yang ditawarkan kemudian sesuaikan dengan karakter perusahaan.

Perusahaan merupakan bentuk bisnis berkelanjutan oleh sebab itu pastikan software akuntansi yang digunakan cukup prospektif untuk jangka panjang. Artinya pilih software dengan kompabilitas jangka panjang sehingga tidak perlu beralih ke software yang lain sewaktu-waktu.

3.Perhatikan Layanan Aftersales dan Pengembang

Karena accounting software merupakan aplikasi yang terus berjalan maka layanan aftersales sangat penting untuk diperhatikan. Disini pastikan software yang dipilih tidak sering mengalami kendala atau minimal perawatan sistem yang dibutuhkan lebih mudah.

Pastikan juga pelayanan yang diberikan lebih cepat dan akurat sehingga tidak mengganggu aktivitas keuangan perusahaan.

Layanan aftersales sebuah software tentu berkaitan dengan pengembang aplikasi itu sendiri. Pilih pengembang software akuntansi dengan rekam jejak yang bagus. Lakukan survei lalu perhatikan pendapat dari pelanggan sebelumnya. Semakin banyak testimoni positif dari pengguna, semakin membuktikan bahwa software tersebut memang berkualitas dan terpercaya.

Sumber: Soltius - software akuntasi
 
Back
Top