Alasan Orang Suka Bergosip
 
Go Back   Home > Keluarga & Berumah Tangga

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Alasan Orang Suka Bergosip

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Alasan Orang Suka Bergosip


Suara.com - Semua orang suka bergosip. Itu adalah fakta yang susah ditampik sebab kita semua pasti sering membicarakan orang lain, baik dalam konteks negatif maupun positif.

Bahkan melansir dari In Style, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science menemukan bahwa orang bisa menghabiskan sekitar 52 menit per hari untuk bergosip.

Lalu, mengapa kita menggunakan hampir satu jam waktu berharga untuk mengobrol tentang kehidupan orang lain? Semenarik itulah gosip?

Mark Leary, PhD seorang profesor psikologi dan ilmu saraf di Universitas Duke yang berspesialisasi dalam psikologi sosial dan pribadi, menjelaskan bahwa bergosip adalah naluri manusia yang mendasar karena kehidupan kita berakar dalam kelompok.

"Mengingat hal itu, mereka perlu memiliki informasi sebanyak mungkin tentang orang-orang di sekitar mereka untuk mengetahui seperti apa orang lain, siapa yang bisa dan tidak bisa dipercaya, siapa yang berteman dengan siapa dan lainnya," kata Mark Leary.

Mark menambahkan, gosip tidak hanya mengajari kita tentang orang yang menjadi subjek pembicaraan, tetapi juga tentang orang yang berbicara.

"Saya bisa belajar hal-hal tentang sikap, kepercayaan, dan cara berurusan dengan orang-orang dengan melihat siapa dan apa yang kamu gosipkan. Bahkan jika saya tidak bergabung, hanya dengan mendengar gosip orang memberi tahu saya hal-hal tentang apa yang mereka anggap penting, apakah mereka dapat dipercaya untuk menyimpan rahasia, dan sebagainya," ungkap Mark.

Selain itu, gosip rupanya juga dapat memperkuat ikatan sosial. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menemukan bahwa dapat gosip meningkatkan kerja sama kelompok dan membuat anggota menjadi lebih rendah hati.

Tentu saja, kita tidak bisa melupakan bahwa bergosip terkadang membawa efek jelek. Intinya, gosip dapat memisahkan maupun menyatukan orang dengan mudah.

"Pada dasarnya, berbagi informasi tentang orang lain adalah penting," kata Mark Leary.

.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 70.540
 
Reputasi: 1766

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Alasan Orang Suka Bergosip

Bergosip merupakan salah satu cara manusia untuk memberikan evaluasi negatif kepada orang lain tanpa sepengetahuan orang tersebut.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 70.540
 
Reputasi: 1766






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Alasan Orang Suka Bergosip

Your share is the great knowledge I have gathered, you are an important person I admire, thank you 8 ball
pukat pukat is offline
Home Level

Post: 3
 
Reputasi: 0

loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.