SEJARAH PANJANG PAK HANSIP SEJAK ZAMAN BELANDA

spirit

Mod
hansip11.jpg

Sekarang hansip fungsi nya ngamanin orang yang hajatan.kawinan atau nyunatin dengan senjata pentungan. Siapa sangka dulu Hansip pernah di persenjatai.

Inilah sejarah panjang pembentukan pak hansip

1. Pada tahun 1939 Pemerintah Kolonial mendirikan Lucht Bescherming dienst ( LBD ) alias perlindungan bahaya udara. Jenderal Soedirman,pernah ikut bergabung.

2. Pada tahun 1942 Hindia-Belanda dipertahankan oleh KNIL bersama organisasi mirip Hansip bernama Stadswacht ( Penjaga Kota ) dan Landwacht ( Penjaga Desa ).

3. Pada tahun 1943 Dibawah kepolisian pendudukan Jepang didirikan Keibodan - yang bertugas menjaga ketertiban dan keamanan.

4. Pada tahun 1945 Badan Keamanan Rakyat atau BKR didirikan pada 22 Agustus oleh Republik Indonesia.

5. Pada tahun 1962 Pertahanan Sipil atau Hansip didirikan dibawah Departemen Pertahanan Keamanan atau Dephankam.

6. Pada tahun 1972 Hansip dialihkan ke Departemen Dalam Negeri atau Depdagri dari Dephankam.

7. Pada tahun 2014 tanggal 3 September, Hansip resmi dibubarkan lewat Peraturan Presiden No.88 tahun 2014 pada saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebetulnya bukan dibubarkan sihhh.... tapi diganti nama jadi linmas dan diserahkan ke pemda masing masing


hansip10.jpg


Jajaran anggota Hansip diera 70an akhir yang diberi kewenangan menggunakan senjata api setelah melalui latihan di depot-depot pelatihan militer dalam rangka Integrasi Timor Timur kedalam wilayah Republik Indonesia.





ak110.jpg


ak210.jpg


Tipe senjata yang di gunakan adalah tipe Karl Gustav M/45.​



~dari berbagai sumber
 
Last edited:
Hansip bukan profesi, tak digaji hanya mengabdi

hansip-bukan-profesi-tak-digaji-hanya-mengabdi.jpg

Pertahanan sipil atau saat ini disebut Satlinmas berperan penting dalam lingkungan masyarakat. Sebab dari dulu hingga sekarang tugas dan fungsi Satlinmas tidak berubah yakni membantu penanggulangan bencana, membantu keamanan, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu dan membantu upaya pertahanan negara.
 
Back
Top