Tips Membangun Brand Supaya Bisnis Laku
 
Go Back   Home > Bisnis, Peluang Usaha & Lowongan Kerja > Bisnis Offline & Peluang Usaha

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Tips Membangun Brand Supaya Bisnis Laku

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Tips Membangun Brand Supaya Bisnis Laku

Halo semua...

Hari ini saya mau sharing cara membangun brand supaya bisnis kalian laku. Dalam membangun bisnis, kita gak bisa cuma jualan aja. Ada yang namanya branding. Branding itu pada dasarnya identitas bisnis kita. Jadi kesan apa yang orang dapatkan saat berinteraksi dengan bisnis kita.

Kalau branding kuat, bisnis akan lebih mudah diingat sama konsumen. Misalnya saja Aqua. Kalau kalian beli air mineral pasti sebutnya Aqua kan? Padahal yang dibeli belum tentu merk Aqua. Itulah yang dinamakan branding.

Nah di sini saya mau share bagaimana caranya membangun branding yang kuat untuk bisnis. Berikut beberapa caranya:
  • Riset Kompetitor
Branding bisa membantu bisnis kita supaya bisa bersaing dengan kompetitor. Tapi sebelum branding kita harus tahu dulu siapa-siapa saja kompetitor kita. Dari sini kita bisa lihat bagaimana strategi mereka, visual mereka, dan sebagainya. Nantinya kita bisa adopsi cara-cara yang kira-kira bisa membantu bisnis kita dan strategi mana yang kelihatannya kurang pas.
  • Riset target konsumen
Namanya jualan, pasti ada target konsumen yang dituju. Tentukan dulu siapa target tersebut dengan spesifik. Misalnya jual produk kecantikan, targetnya jelas perempuan. Tapi perempuan yang seperti apa? Yang umur 18-25? Yang sudah bekerja? Yang ingin menghilangkan jerawat? Tentukan dengan jelas supaya nantinya jadi lebih mudah saat kita berkomunikasi sama mereka.
  • Bangun Karakter Brand
Baru setelah riset kompetitor dan target konsumen, tentukan karakteristik seperti apa yang kira-kira cocok untuk bisnis dan target konsumen kita. Anggaplah brand kita sebagai orang. Kalau brand kita adalah orang, kira-kira punya kepribadian yang seperti apa? Apakah ramah atau lebih formal? Semangat atau tenang? Dan sebagainya. Sesuaikan dan samakan untuk semua elemen brand, mulai dari logo, warna, visual, dan lainnya.

Dalam membangun karakteristiknya jangan lupa untuk disesuaikan sama target konsumen. Misalnya kamu jual produk kecantikan, mungkin warna yang lebih cocok warna pink. Atau misalnya kamu jualan produk suplemen untuk pria, pasti kamu menggunakan gaya bahasa yang bersemangat kan? Jadi harus disesuaikan juga ya dengan siapa target audiensnya.
  • Tonjolkan Keunggulan
Supaya bisnismu kelihatan beda dan lebih unggul dari kompetitor, kamu harus tunjukkan yang namanya diferensiasi. Apa yang membuat bisnismu berbeda dengan bisnis lainnya? Apakah kualitasnya premium? Harga lebih terjangkau? Atau pengirimannya pakai jasa ekspedisi yang ekspres? Tunjukkan itu lewat konten yang kamu buat, saat kamu membagikan info ke konsumen, beriklan, dan sebagainya.

Dengan branding yang tepat, bisnis kita jadi bisa lebih maju. Penjualan juga bisa meningkat jadi performa bisnis makin oke.

Untuk tips branding lainnya bisa dibaca selengkapnya di sini.
TrianaAlfa TrianaAlfa is offline
Home Level

Post: 6
 
Reputasi: 0

__________________
pengiriman barang | jasa ekspedisi
Loading...
       
loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.