Apa Saja Plus Minus Sekolah Via Zoom

lordard

New member
Keadaan lingkungan setelah merebaknya wabah pandemi beberapa waktu lalu, membuat beberapa kegiatan yang biasa dilakukan harus dilakukan secara daring. Salah satunya adalah proses belajar mengajar di sekolah. School from home adalah proses belajar mengajar yang dilakukan di rumah dengan menggunakan aplikasi teleconference seperti Zoom. Untuk menunjang kegiatan sekolah via Zoom, Orbit Star menawarkan paket khusus.

bdc9de87-43ef-44df-8a7f-b0427bfa1ae5.jpeg


Kelebihan Sekolah Via Zoom

Belum adanya informasi mengenai kapan sekolah akan dibuka kembali, membuat aktivitas pembelajaran masih dilakukan secara daring hingga saat ini. Meski rasanya berbeda dengan sekolah biasanya, namun sekolah online memiliki nilai plus yang tidak bisa didapatkan ketika anda sekolah dengan metode tatap muka langsung. Cara penggunaan media pembelajaran pengganti ini tergolong cukup mudah sehingga murid-murid masih bisa menerima ilmu.

Kelebihan utama yang dirasakan dalam proses pembelajaran via daring adalah kemudahan dalam menyimpan materi yang sudah dijelaskan. Biasanya, dalam pembelajaran daring guru akan menyebarkan materi pembelajaran yang dapat dibuka dan dilihat kapan saja. Selain itu, pada aplikasi Zoom terdapat fitur untuk merekam room yang sedang berlangsung. Sehingga, murid-murid dapat merekam penjelasan materi oleh guru dan menyimpannya untuk dilihat kembali.

Menjadi kelebihan lainnya, sekolah via Zoom dapat dilakukan dimana saja asalkan ada akses internet. Sehingga, murid bisa mengikuti pembelajaran dari rumah maupun dari luar rumah. Jadi, murid masih bisa mengerjakan tugas sekolah dan sesekali melakukan pekerjaan rumah. Dengan fleksibilitas tempat seperti ini, murid juga dapat menghemat biaya transportasi yang biasa dikeluarkan untuk mobilisasi dari rumah menuju sekolah, begitupun sebaliknya.

Terakhir, karena dilakukan di rumah maka energi yang dikeluarkan ketika sekolah via Zoom tidaklah banyak. Sehingga, murid dapat mengikuti seluruh rangkaian pembelajaran dengan keadaan yang masih segar, dan tidak merasa kelelahan. Berbeda dengan sekolah konvensional biasanya, dimana pada jam-jam setelah istirahat kedua murid sudah merasakan kelelahan sehingga ilmu yang disampaikan oleh guru tidak dapat diserap dengan baik.

Kekurangan Sekolah Via Zoom

Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitupun dengan proses pembelajaran via aplikasi seperti ini. Pelaksanaan sekolah via Zoom membutuhkan perangkat pembelajaran seperti laptop dan smartphone yang mendukung aplikasi. Karena itu, ada kemungkinan murid tidak akan fokus mengikuti pembelajaran karena akan terganggu dengan notifikasi dari aplikasi yang ada pada gadget yang digunakan. Murid akan sering mengecek smartphonenya setiap muncul notifikasi.

Penggunaan aplikasi Zoom hanya bisa diakses menggunakan koneksi internet. Padahal, jaringan internet bisa saja tidak stabil dan terkadang mengalami gangguan. Gangguan sinyal akan mengganggu kualitas gambar video yang dihasilkan, dan juga kualitas audio yang dikeluarkan. Hal ini akan mempengaruhi kegiatan belajar mengajar sehingga proses penyaluran informasi akan terganggu.

Kekurangan dari sekolah via Zoom yang paling sering dikeluhkan adalah kuota yang digunakan sangat boros. Aplikasi Zoom membutuhkan kecepatan internet 600 Kbps hingga 1,8 Mbps untuk melakukan panggilan video. Hal inilah yang menyebabkan kuota data internet cepat terkuras. Sebagai solusi, beberapa provider menawarkan paket internet terbaik dan murah untuk menggunakan aplikasi teleconference seperti paket Orbit Star dari Telkomsel Orbit.

Dikarenakan pandemi, proses belajar mengajar secara daring adalah jalan terbaik yang bisa dilakukan. Dengan adanya piranti pembelajaran seperti ini, murid-murid tidak akan ketinggalan ilmu selama tidak bisa pergi ke sekolah. Meski masih banyak kekurangan yang harus dievaluasi terkait dengan sekolah via Zoom, namun banyak kemudahan yang ditawarkan juga melalui cara pembelajaran seperti ini. Dengan begitu, ada kemungkinan kedepannya sekolah bisa dilanjutkan menggunakan metode ini.
 
Last edited:
penggunaan zoom sangatlah membebani orang tua siswa dari banyak sisi. disamping menguras kuota internet juga dukungan perangkat ponsel yang harus memadai. dan juga tidak cocok diterapkan untuk anak SD di daerah2 pelosok indonesia
 
blm sempat ngerasain via zoom
kl sempat seru kli yaaa..
yg ngerasain share yaa pengalamannya
 
Back
Top