Cara Budidaya Ikan Mas

novripuji

New member
budidaya-ikan-tombro.jpg


Ikan tombro atau Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) merupakan jenis ikan yang banyak dibudidayakan di perairan Indonesia dan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Tidak heran bila banyak yang melakukan budidaya ikan mas ini.

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan agar mendapatkan kesuksesan dalam budidaya ikan tombro. Lalu bagaimana caranya, saya akan membahasnya.

Cara Budidaya Ikan Mas
Inilah langkah-langkah dalam budidaya ikan mas atau ikan mas :

1. Pembuatan Kolam
Ikan mas biasanya akan hidup di perairan waduk, danau, dan sungai dengan ketinggian 150-600 mdpl, dengan suhu sekitar 20-30 derajat Celcius. Petani ikan mas akan menggunakan kolam beton, terpal, jaring apung, kolam air deras, kolam tanah ataupun menyesuaikan dengan lokasi.

2. Cara Pemijahan
Proses pemijahan ikan tombro perlu adanya rangsangan secara alami dengan habitat air yang mirip degan aslinya, atau bisa juga dirangsang menggunakan hormon.

Berikut hal-hal yang harus disiapkan dalam proses pemijahan :

1. Kolam atau bak yang berisi air 75-100 cm
2. Hapa untuk memudahkan panen larva dengan dimensi 4x3x1 m. Hapa diberi pemberat agar tidak mengambang
3. Kakaban dilokasi pemijahan atau didalam hapa berupa ijuk yang dijepit bambu atau papan dengan memiliki dimensi 1,5 x 0,4 m
4. Masukkan induk ikan betina dan jantan dengan perbandingan 3:1
5. Setelah pemijahan selesai dilakukan, induk ikan dapat dipindahkan ke kolam yang berbeda.

Telur yang sudah berumur 4 hari akan menetas menjadi larva, Anda harus memberikan makanan berupa pelet, kutu air, dan kuning telur yang direbus. Setelah 5 hari, larva siap dipindahkan ke dalam kolam pembenihan.

3. Cara Pemeliharaan
Agar ikan mas dapat berkembang dengan baik pastikan pH air antara 6 hingga 7. Selain itu dalam pemeliharaan dilakukan di air yang tenang atau tidak terlalu deras namun juga memiliki sirkulasi air yang cukup terus-menerus. Dalam pemeliharaan dapat dilakukan selama 3 hingga 4 bulan.


4. Pemberian Pakan
Makanan yang dibutuhkan oleh ikan tombro tidaklah sulit, karena ikan tombro termasuk kedalam hewan omnivora. Jadi Anda dapat memberikannya makanan nabati maupun hewani seperti cacing, lumut, ganggang, sayuran serangga, dan lainnya.

Lakukan 3 kali sehari untuk memberi makan secara rutin. Waktu yang pas untuk memberi pakan yaitu pada pagi hari karena adanya sinar matahari dapat meningkatkan kadar oksigen yang telah dikeluarkan oleh tanaman air.

5. Proses Pemanenan
Tahapan terakhir adalah proses panen. Anda perlu memilihara ikan tombro 3 sampai 4 bulan agar siap untuk dipanen. Umur tersebut pada umumnya biasa digunakan petani ikan tombro untuk melakukan panen.

Itulah cara budidaya ikan tombro yang harus Anda lakukan agar mendapatkan hasil yang baik. Semoga dapat membantu Anda memulai bisnis budidaya ikan tombro.
 
Back
Top