Tips Budidaya Udang Galah
 
Go Back   Home > Fauna, Hewan Peliharaan & Ternak

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Tips Budidaya Udang Galah

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Ikan-Udang/Lobster] Tips Budidaya Udang Galah



Udang galah merupakan jenis udang yang termasuk dalam spesies Macrobrachium rosenbergii. Udang galah memiliki ciri-ciri fisik yang lebih besar dari jenis udang lainnya. Udang galah biasanya hidup di daerah perairan air tawar yang dangkal

Udang galah memiliki nilai ekonomis penting karena sangat diminati baik di dalam maupun di luar negeri sehingga menjadikan udang ini menjadi salah satu komoditas andalan ekspor Indonesia. Bagi kamu yang memiliki space yang cukup untuk melakukan budidaya udang galah, tidak ada salahnya bila mencoba. Khususnya dimasa pandemi ini, akan membuat aktivitas lebih banyak dirumah saja.

Cara Budidaya Udang Galah

Berikut ini beberapa langkah untuk memulai budidaya udang galah :

1. Penentuan Lokasi

Pastikan kamu memilih lokasi jauh dari banjir, pencemaran tanah, air ataupun udara. Selain itu lokasi yang dipilih sebaiknya mengandung pasir serta tanah liat yang cukup. Perhatikan juga bahwa pH air sekitar 7,5 sampai 8,5 dengan debit air 0.5-1 liter per detik. Sedangkan media yang dapat Anda gunakan diantaranya kolam tanah, beton, terpal dan lain sebagainya.

2. Persiapan Alat dan Bahan
Siapkan cangkul, serok, ember, seser, jaring, timbangan dan ayakan dari kain yang akan digunakan untuk mengangkut benih udang. Dan untuk bahan yang harus dipersiapkan adalah bibit atau benih udang, pupuk dan kapur pertanian yang nantinya akan berfungsi sebagai penunjang pertumbuhan udang galah peliharaanmu.

3. Pembuatan Kolam Budidaya
Buat kolam dengan tinggi 70cm hingga 100cm dengan lebar 300 hingga 1000m2. Serta jangan lupa untuk membuat barit 50 x 30 cm untuk mencegah banjir. Adanya parit juga berfungsi untuk mencegah genangan. Bila kolam sudah jadi, maka sebaiknya tidak langsung ditebar bibit udang, melainkan perlu diisi dengan pupuk kompos atau pupuk kandang yang berfungsi membuat kolam berubah warna. Setelah didiamkan barulah benih udang bisa ditabur ke dalam kolam. Pemberian pupuk ke dalam kolam bertujuan sebagai pakan alami udang.

4. Pembibitan
Agar mendapatkan kualitas udang galah yang baik, maka kamu perlu melakukan pembibitan. Terdapat dua metode dalam proses pembibitan yaitu, dengan membeli langsung benih yang sudah jadi di toko atau melakukan pemijahan sendiri. Jika kamu memilih dengan cara pemijahan sendiri, maka perlu membeli indukan udang galah yang berkualitas dan lakukan pemijahan sendiri pada perut betina hingga telur atau larva udang keluar.

5.Pengelolaan Air dan Pemberantasan Hama dan Penyakit
Pastikan air mengalir dengan baik agar sirkulasi udara pada kolam menjadi bebas. Agar kualitas air kolam selalu baik, maka Anda perlu melakukan pergantian air setiap satu bulan sekali.

Lakukan juga pemberantasan hama dan penyakit dilakukan untuk mencegah adanya ikan lain yang masuk ke dalam kolam dan berpotensi menjadi hama bagi udang galah. Bila semua sudah dilakukan dengan baik, hanya butuh 4-6 bulan udang sudah siap dipanen.

Itulah cara budidaya udang galah yang bisa kamu lakukan sebagai pemula. Usaha budidaya udang galah ini memang menjanjikan keuntungan yang tinggi, tapi jangan lupa untuk menjaga kualitas udang yang kamu budidayakan.
novripuji novripuji is offline
Home Level

Post: 4
 
Reputasi: 0

Loading...
       
loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Budidaya Udang Galah nirhono Fauna, Hewan Peliharaan & Ternak 1


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.