Jokowi Lantik 6 Menteri Baru Hasil Reshuffle

spirit

Mod
w1200

IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik enam menteri barunya di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020) pagi ini. Pelantikan tersebut digelar pada pukul 09.30 WIB.

Pelantikan enam Menteri Kabinet Indonesia Maju hari ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 133/P/2020 tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Dengan mengenakan setelan jas berwarna abu-abu dasi merah, peci hitam, dan masker hitam, Jokowi memimpin jalannya acara pelantikan. Ia meminta para menteri tersebut untuk mengucapkan sumpah jabatan dengan mengikuti ucapannya.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata mereka.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengumumkan pergantian menteri kabinet pada Selasa (22/12/2020) kemarin. Ia memperkenalkan satu per satu para menteri barunya itu di Veranda Istana Merdeka, Jakarta.

Berikut enam menteri baru hasil reshuffle yang mengisi kursi Kabinet Indonesia Maju:

1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial
2. Sandiaga Uno sebagai Menparekraf
3. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan
4. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama
5. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
6. Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan

.
 
Back
Top