Gempa Dahsyat Kembali Mengguncang Majene Sulbar, Kantor Gubernur hingga Hotel Ambruk

spirit

Mod
w1200

Gempa kembali mengguncang Majene, Sulbar. Kantor Gubernur dilaporkan ambruk. (Foto: Liputan6.com/Istimewa-Abdul Rajab Umar)​


Liputan6.com, Majene - Gempa bumi dengan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat pada Jumat 15 Januari 2021 pukul 02.28 Wita. Gempa itu berpusat di 2,98 LS, 118,94 BT atau 6 kilometer Timur Laut Majene.

Gempa ini juga turut dirasakan di pusat ibukota Provinsi Sulawesi Barat, yakni Kabupaten Mamuju yang hanya berjarak 34 kilometer dari pusat gempa. Sejumlah bangunan dilaporkan roboh atau ambruk akibat gempa ini.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com sesaat usai gempa di wilayah Mamuju, bencana alam ini mengakibatkan kerusakan yang sangat parah. Sejumlah bangunan di kawasan kantor Gubernur Sulawesi Barat roboh, begitu juga dengan dua buah hotel, yakni Grand Maleo Hotel dan Matos Hotel bangunannya juga rusak parak.

Gempa ini juga membuat panik warga yang ada di pusat Kota Mamuju, mereka berbondong-bondong menyelamatkan diri ke daerah berdataran tinggi. Sejumlah tempat seperti Anjoro Pitu, Pattidi, dan Salletto menjadi lokasi mereke untuk mengamankan diri.

Andika seorang warga di Perumahan Legenda Mamuju mengatakan, gempa dengan megnitudo itu memaksanya untuk membangunkan sanak keluarganya yang tengah terlelap untuk keluar dari bangunan rumah. Karena guncangan gempa membuat seisi rumahnya berhamburn.

"Saya merasakan guncangan yang cukup keras, perabotan rumah seperti lemari berjatuhan. Secepatnya kami (sekeluarga) cepat keluar dari rumah dan menuju tempat yang lebih aman," kata Andika.

2 Gempa di Sulbar

w1200

Gempa kembali mengguncang Majene, Sulbar. Kantor Gubernur hingga hotel dilaporkan ambruk. (Foto: Liputan6.com/Istimewa-Abdul Rajab Umar)​

Andika menambahkan, Ia tidak mengetahui bagaimana persis keadaan rumahnya, karena saat gempa listrik padam disertai hujan. Mendadak semua penghuni perumahan meninggalkan rumah mereka untuk menyelamatkan diri.

"Semoga tidak ada lagi gempa susulan," ucap Andika.

Sebelumnya, gempa magnitudo 5,9 mengguncang Majene, Sulawesi Barat pada Kamis (14/1/2021). Gempa terjadi pada pukul 13.35 WIB. Dilaporkan terjadi dua kali gempa susulan usai gempa pertama.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, lokasi gempa 2.99 Lintang Selatan (LS), 118.89 Bujur Timur (BT). Pusat gempa 4 km Barat Laut Mejene, Sulawesi Barat. BMKG menyatakan, gempa pada kedalaman 10 kilometer tersebut, tidak berpotensi tsunami.


.
 
Back
Top