Viral Toilet Tanpa Dinding di Taman Solo, Ternyata Begini Asal-usulnya

d-net

Mod
toilet-tanpa-dinding-di-taman-gor-manahan-solo-selasa-1622021_43.jpeg

Toilet tanpa dinding di Taman GOR Manahan, Solo, Selasa (16/2/2021). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)​

Keberadaan toilet tanpa dinding di taman depan GOR Manahan Solo sempat viral dan ramai diperbincangkan di media sosial. Keberadaan toilet tersebut dianggap mengganggu pandangan warga yang melintasi jalan tersebut. Pantauan di taman depan GOR Manahan Solo, tampak sebuah kloset jongkok berada di tengah-tengah taman kota. Kondisinya berbeda dengan sejumlah peturasan atau toilet di sekitar Manahan yang memiliki dinding penutup

Di bagian atas sudah tidak terlihat adanya tandon air. Artinya, toilet tersebut memang sudah tidak dipakai. Namun kondisinya tampak tidak terurus dengan banyaknya dedaunan yang menutupi lubang kloset.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo, Gatot Sutanto, mengatakan dinding toilet tersebut sebelumnya rusak hingga roboh. Pihaknya sudah sempat menutup kloset dengan seng.

"Dulu itu rusak, hampir ambruk, makanya sekalian dibongkar. Sudah sempat kita tutup seng, mungkin itu diambil orang, sehingga kelihatan (klosetnya)," kata Gatot saat dihubungi detikcom, Selasa (16/2/2021).

DLH masih belum berencana memperbaiki toilet umum itu. Gatot masih mengkaji apakah keberadaan toilet di titik tersebut selama ini berfungsi optimal.

"Sebab sebelumnya toilet itu malah dipakai penghuni liar, untuk mencuci dan lain-lain. Jadi masih kita pertimbangkan dulu," katanya.

Namun untuk sementara, pihaknya akan menutup kembali toilet di Taman GOR Manahan Solo itu. Sebab keberadaan toilet itu memang mengganggu pemandangan taman.

"Nanti sementara kita tutup lagi, kita cari penutup yang tidak bisa dicuri. Karena ini menyangkut estetika Kota Solo juga," pungkasnya.



sumber: detik.com
 
Back
Top