Apa Itu Clubhouse, Asal Usul, Cara Kerja dan Gabungnya

Status
Not open for further replies.

spirit

Mod
601a8a0f465ac.jpg

Media sosial baru Clubhouse langsung viral dan semua orang jadi penasaran. Apa itu Clubhouse, asal usul, cara kerja dan bergabungnya, inilah yang kamu perlu tahu. Clubhouse langsung cepat viral dan jadi perbincangan di seluruh dunia. Banyak selebriti dan influencer ikutan medsos baru ini. Apalagi bos Tesla, Elon Musk juga ikutan dan mempromosikannya.

Makin banyaklah orang yang tertarik. Dihimpun detikINET, Rabu (17/2/2021) inilah yang mesti kamu tahu soal Clubhouse:

1. Apa itu Clubhouse

Clubhouse adalah aplikasi media sosial berbasis audio-chat. Pengguna bisa mengobrol, berdiskusi dengan orang lain dengan berbagai topik. Bayangkan saja ini seperti podcast tapi live, lebih interaktif karena bisa bersahut-sahutan dan sifatnya eksklusif.

Ruang obrolan atau conversation room ini seperti conference call. Ada yang bicara, ada yang mendengarkan. Obrolan selesai, ruang obrolan pun ditutup.

2. Asal usul Clubhouse

Dari Business Today, Clubhouse dibuat oleh enterpreneur Silicon Valley Paul Davison dan mantan pegawai Google, Rohan Seth. Menurut PC Mag, aplikasi ini meluncur pada Maret 2020, pas pandemi COVID-19 mulai melanda Amerika.

Perusahaan di balik Clubhouse adalah Alpha Exploration Co. Mereka dapat suntikan investasi USD 12 juta dari Andreessen Horowitz pada Mei 2020, ketika penggunanya baru 1.500 orang. Clubhouse melejit namanya di seluruh dunia tahun 2021 berkat promosi oleh Elon Musk.

Hingga 1 Februari 2021, Clubhouse punya 2 juta pengguna. Valuasi Clubhouse saat ini sekitar USD 1 miliar dan sudah dianggap sebagai Unicorn.

3. Cara kerja Clubhouse

Aplikasi Clubhouse memberikan tempat virtual dimana orang bisa mengadakan obrolan, mendengarkan dan ikut obrolan bersama komunitas pengguna Clubhouse lainnya. Begitu membuka aplikasi Clubhouse ada beberapa ruang obrolan berbagai topik dan ada siapa saja di sana.

Orang bisa ikut obrolan yang sudah ada atau bikin sendiri. Tiap ruang obrolan punya moderator, pembicara dan pendengarnya. Moderator mengatur siapa yang bicara, pendengar bisa acung tangan untuk bicara.

4. Cara gabung Clubhouse

Uniknya, Clubhouse menawarkan eksklusivitas, setidaknya untuk saat ini. Anda cuma bisa ikutan kalau diundang pengguna lain. Jika diundang, akan ada link dikirim ke SMS diarahkan ke halaman sign up aplikasi Clubhouse. Pengguna Clubhouse hanya punya sedikit undangan untuk orang lain. Semua orang bisa download, namun mereka tidak bisa bergabung kecuali ada teman yang memberi undangan atau mengizinkan kita masuk.

Akibatnya, undangan gabung Clubhouse pun diperjualbelikan di e-commerce, misalnya di China seperti diberitakan The Guardian. Hal ini pun menjadi permasalahan sendiri, karena sejatinya gabung Clubhouse itu gratis.

Hal lainnya adalah, Clubhouse hanya tersedia untuk pengguna iPhone. Alias, aplikasi ini hanya untuk iOS, bukan Android. Sejauh ini, memperluas Clubhouse ke pengguna Android baru sebatas rencana. Sabar-sabar ya...


 
Status
Not open for further replies.
Back
Top