Rawon Surabaya Dinobatkan Jadi Sup Terenak se-Asia, Kalahkan Mi Kuah Malaysia

spirit

Mod
w1200

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak makanan khas Surabaya yang terkenal enak dan lezat. Salah satunya rawon. Bahkan, makanan berkuah hitam ini dinobatkan sebagai sup terenak se-Asia pada 2020.

Rawon dinobatkan menjadi sup atau makanan berkuah terenak se-Asia pada 2020 versi TasteAtlas. Survei ini dilakukan oleh kritikus restoran profesional dan 63.402 partisipan yang memberikan suaranya.

TasteAtlas sendiri merupakan situs berbasis di Kroasia dengan berfokus pada masakan tradisional, makanan lokal, resep otentik, dan ulasan para ahli.

TasteAtlas menampilkan hampir 20.000 hidangan, minuman, dan bahan makanan serta hampir 15.000 restoran, dikumpulkan dari seluruh dunia oleh tim yang terdiri dari 30 penulis dan peneliti.

Dilansir dari Seasia.co, Sabtu (6/3/2021) baru-baru ini TasteAtlas melakukan survei untuk menentukan sup terenak di Asia. Hasilnya, terpilihlah 12 makanan berkuah dari berbagai negara di Asia dan rawon berhasil menduduki posisi pertama.

Rawon merupakan makanan khas Surabaya, Jawa Timur. Makanan ini berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek. Di luar negeri, rawon disebut sebagai black soup.

Biasanya rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan kecambah atau tauge berekor pendek, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal), dan sambal.

Menariknya tak hanya Rawon, makanan Indonesia lainnya yakni gulai cincang juga dinobatkan sebagai sup terlezat se-Asia. Makanan khas Padang ini menempati posisi ke-3. Ada juga sayur asem menempati posisi ke-12.

Sementara di posisi kedua ditempati oleh sup daging dari Filipina, Bulalo. Selain itu, hidangan mi kuah asal Malaysia, Penang Laksa dan Asam Laksa, menempati posisi ke-4 dan ke-5.


.
 
Back
Top