Pangeran Philip Meninggal Dunia di Usia 99 Tahun, 2 Bulan Sebelum Berulang Tahun

spirit

Mod
w1200

Ratu Elizabeth II - Pangeran Philip © AFP

Kapanlagi.com - Sebuah kabar duka baru saja datang dari British Royal Family. Lewat akun Instagram resminya, Royal Family mengumumkan kalau Pangeran Philip suami Ratu Elizabeth II telah meninggal hari ini, Jumat (9/4) pada pagi tadi waktu setempat.

Pangeran Philip meninggal dunia di usia 99 tahun, hanya berjarak 2 bulan sebelum perayaan ulang tahunnya yang ke-100 pada 10 Juni mendatang. Berdasarkan pengumuman yang dirilis, Pangeran Philip telah meninggal dengan tenang di kediamannya yang terletak di Windsor Castle.


.
 
w1200

Mengenang Potret Manis Pangeran Philip Mendampingi Ratu Elizabeth II (Getty Images)


Mengenang Potret Manis Pangeran Philip Mendampingi Ratu Elizabeth II

Kerajaan Inggris sedang berduka. Suami Ratu Elizabeth II, yaitu Pangeran Philip meninggal dunia di usia yang ke-99. Kabar tersebut dengan cepat menyebar dan ramai di kalangan netizen.

Ucapan belasungkawa, berita, dan pemberitahuan turut disampaikan dari segala penjuru seperti: media online, tokoh kenegaraan, dan masyarakat.

Seperti yang sudah diketahui, Pangeran Philip adalah suami dari Ratu Elizabeth II, penguasa monarki Inggris sekaligus ayah dari Pangeran Charles, Kakek dari Pangeran William dan Pangeran Harry.

Lahir dan besar dari kerajaan Yunani, Pangeran Philip lekat dengan kehidupan militer. Setelah menikah dan mendapat gelar pangeran, ia menghabiskan sisa hidupnya menemani Ratu Elizabeth II

Pertemuan Pertama Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth

Keduanya pertama kali bertemu di Britannia Royal Naval College pada tahun 1938. Saat itu Ratu Elizabeth berusia 13 tahun dan Pangeran Philip berusia 18 tahun. Setelah itu, keduanya mulai rutin berkirim surat di era perang dunia kedua. Setelah kembalinya Pangeran Philip dari Pacific Theater, hubungannya dengan Ratu Elizabeth semakin bertumbuh.

Menikahi Ratu Elizabeth II di Tahun 1947

Kesetiaan Pangeran Phillip terhadap Ratu Elizabeth mengundang kekaguman dari orang banyak. Terhitung sejak 20 November 1947, Pangeran Philip menikah dengan Ratu Elizabeth dan dikaruniai empat orang anak. Mereka adalah Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward.

Di Pemerintahan yang Ke-50, Ratu Elizabeth Memuji Pangeran Philip Dalam Pidatonya di Golden Jubilee

Sebagai suami dari ratu, Pangeran Philip memiliki tugas kenegaraan yang sangat padat. Ia hadir di berbagai acara penting, menemani ratu di setiap kesempatan. Hal tersebut Ia lakukan selama puluhan tahun.

Bahkan, di tahun 2002, saat Ratu merayakan hari jadi menjadi ratu yang ke-50, ia menyisipkan pujian untuk sang suami di pidatonya. "Pangeran Philip dari Edinburgh telah memberikan waktunya yang sangat berharga bagi saya selama 50 tahun ini, beliau melakukan dan terlibat banyak hal" imbuhnya.

Pada Tahun 2017, Pangeran Philip Pensiun dari Kegiatan Kerajaan

Menginjak usia ke-86, Pangeran Philip memutuskan untuk pensiun dari tugasnya. The New York Times melaporkan, saat pensiun Pangeran Philip sudah terlibat di 22.219 acara dan 5.496 pidato, dan menjadi pendamping Ratu Elizabeth II selama 65 tahun

Mencapai Anniversary Pernikahan Ke-73

Pernikahan yang sudah berjalan selama hampir 7 dekade, terhitung sudah 73 tahun kebersamaan Pangeran Philip menemani penguasa terbesar di Monarki Inggris tersebut.

Ada banyak potret manis yang selama ini berhasil tertangkap oleh kamera, sejak mereka masih muda hingga berusia senja, keutuhan pernikahan Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II menjadi dambaan bagi banyak orang.

Mendampingi Ratu Elizabeth II Hingga Akhir Hayat

Sebelum meninggal dunia, kesehatan Pangeran Philip dilaporkan sering mengalami penurunan. Sejak pandemi COVID-19 berlangsung, Pangeran Philip juga jarang terlihat di muka umum.

Banyak doa dan harapan bagi Pangeran Philip untuk sehat kembali. Namun kenyataan berkehendak lain, Pangeran Philip menghembuskan napas terakhir di usia ke-99 di rumah sakit.

Di akhir hidupnya, Pangeran Philip tetap setia mendampingi Sang Ratu. Puluhan tahun berlalu, kesetiannya akan selalu dikenang oleh banyak orang.

Selamat jalan, Pangeran Philip. Rest in Love.

Penulis: Stefani Ditamei


 
w1200

Mengenang Kehidupan Pangeran Philip dari 1921-2021

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pangeran Philip, Duke of Edinburgh meninggal dunia pada usia 99 tahun. Suami Ratu Elizabeth meninggal di Kastil Windsor pada Jumat (9/4).

“Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu telah mengumumkan kematian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor,” tulis akun Twitter Istana Buckingham, dengan mengunggah foto Pangeran Philip.

Bangsawan senior itu sebelumnya dirawat di rumah sakit King Edward VII di London pada 16 Februari atas saran dokternya. Selama hampir sebulan, Duke of Edinburgh berada di bawah perawatan medis. Ini bukan pertama kalinya Duke of Edinburgh dirawat di rumah sakit dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2011, dia dirawat karena penyumbatan arteri koroner, dan pada 2012, dia melewatkan perayaan Queen's Diamond Jubilee karena infeksi kandung kemih.

Dia juga menghabiskan waktu di rumah sakit pada Desember 2019. Pasangan kerajaan itu jarang terlihat di depan umum pada tahun lalu, dengan pandemi virus corona yang sedang berlangsung. Pangeran Philip, yang merayakan ulang tahunnya ke-100 pada bulan Juni mendatang itu secara resmi pensiun dari tugas publik pada 2017.

Dilansir The Independent pada Jumat (9/4), berikut kehidupan Duke of Edinburgh dari kelahirannya di Pulau Yunani hinga posisinya sebagai anggota senior rumah tangga kerajaan.

10 Juni 1921

Pangeran Philip lahir di Corfu, di meja ruang makan Villa Mon Repos. Dia adalah putra HRH Pangeran Andrew dari Yunani dan Putri Alice dari Battenberg, keponakan Raja Constantine I dari Yunani, dan cicit dari Ratu Victoria.

5 Desember 1922

Pangeran bayi itu dibawa pergi dari Corfu dalam sebuah kotak jeruk. Keluarganya melarikan diri ke Paris, tempat mereka tinggal di pinggiran St Cloud.

1928

Pangeran Philip bersekolah di Sekolah Cheam di Surrey, tinggal bersama neneknya, Putri Victoria, di Istana Kensington dan dengan pamannya George Mountbatten di Berkshire.

1930

Pernikahan Pangeran Andrew dan Putri Alice selesai. Alice dikirim ke rumah sakit jiwa, menderita skizofrenia.

1934

Philip mendaftar di sekolah Skotlandia, Gordonstoun. Dia bertemu dengan calon Ratu Elizabeth II untuk pertama kalinya di pernikahan salah satu sepupunya dengan Duke of Kent.

18 April 1939

Philip mulai di Royal Naval College di Dartmouth, di mana dia akan dinamai best cadet.

Juli 1939

Pada malam perang, Philip dan Putri Elizabeth bertemu lagi di Dartmouth selama kunjungan keluarga Kerajaan. Philip diminta oleh pamannya, Lord Mountbatten, untuk menjadi pendamping bagi calon Ratu, dan romansa berkembang.

.
 
1921-2021
angkanya bagus, sayang sekali sedikit lagi juga angka bagus, 100 tahun

mudah2an Ratu Elizabeth 2 bisa diatasnya
sehingga bisa jadi motivasi yang lain untuk hidup hingga 100 tahun atau lebih juga
beliau sejauh ini pemecah rekor bertahta terlama di kerajaan Inggris ya, 69 tahun


ngomong2 pangeran Philip & Ratu Elizabeth 2 katanya ga tidur sekamar selama ini, karena aturan kerajaan ya
 
angkanya bagus, sayang sekali sedikit lagi juga angka bagus, 100 tahun

mudah2an Ratu Elizabeth 2 bisa diatasnya
sehingga bisa jadi motivasi yang lain untuk hidup hingga 100 tahun atau lebih juga
beliau sejauh ini pemecah rekor bertahta terlama di kerajaan Inggris ya, 69 tahun


ngomong2 pangeran Philip & Ratu Elizabeth 2 katanya ga tidur sekamar selama ini, karena aturan kerajaan ya

setelah diadakan polling, 60 % generasi muda masyarakat Inggris ingin mengakhiri pemerintahan monarki. mereka menginginkan ada presiden yang di pilih langsung oleh rakyat
 
pangeran-philip_43.png

Detik-detik Jenazah Pangeran Philip Menuju Pembaringan Terakhir

Jakarta, Insertlive - Pangeran Philip akan segera dimakamkan hari ini, Sabtu (17/4) di Kastil Windsor, Berkshire, Inggris.

Melansir dari tayangan siaran langsung dari YouTube The Royal Family, peti jenazah Duke of Edinburgh itu dibawa dari Istana Buckingham dengan mobil Land Rover Defender.

Mobil tersebut menjadi pilihan serta permintaan terakhir dari Pangeran Philip untuk upacara pemakamannya.

Pangeran Philip diketahui telah memesan dan merancang sendiri mobil tersebut sejak 18 tahun lalu sebelum kepergiannya.

Adapun, saat ini tengah berlangsung berbagai prosesi pemakaman Pangeran Philip yang dihadiri oleh pihak keluarga tanpa adanya publik.

Nyanyian-nyanyian rohani pun mengiringi prosesi pemakaman suami dari Ratu Elizabeth II tersebut.

Pangeran Philip meninggal dunia pada 9 April lalu di usia 99 tahun.

Kepergian Pangeran Philip membuat seluruh rakyat Inggris berduka.

Pangeran Harry yang tinggal di Amerika pun langsung bertolak ke Inggris demi menghadiri prosesi pemakaman sang kakek.

.
 
Back
Top