5 Model PlayStation dari Masa ke Masa, Fiturnya Semakin Canggih
 
Go Back   Home > Games Console (PS & Xbox)

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


5 Model PlayStation dari Masa ke Masa, Fiturnya Semakin Canggih

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

5 Model PlayStation dari Masa ke Masa, Fiturnya Semakin Canggih


Liputan6.com, Jakarta Model PlayStation pertama kali diluncurkan sekitar 25 tahun yang lalu. Model PlayStation pertama ini memiliki sebutan yang lebih populer yaitu PS1, dan menjadi konsol game yang sangat booming di zamannya.

Seiring perkembangan teknologi, permintaan pasar akan grafis game dan performa dari model PlayStation yang lebih baik, memang menuntut Sony sebagai developer dari produk ini untuk bekerja lebih keras dalam mengembangkan produknya. Dan terbukti butuh hampir 10 tahun untuk mengeluarkan produk lanjutan dari model PlayStation 1, yaitu PlayStation 2.

Sebenarnya hingga saat ini terdapat lebih dari 5 model PlayStation yang pernah dikeluarkan oleh Sony. Namun, sayangnya model PlayStation lainnya seperti PSP, PSP GO, dan PS Vita, masih kurang diminati pasaran. Hal ini memang karena keluarnya model PlayStation tersebut dibarengi dengan hadirnya smartphone yang semakin canggih, dimana grafis game pada smartphone kala itu sudah mampu mengimbangi model PlayStation tersebut.

Dan saat ini, Sony telah mengumumkan kehadiran dari model PlayStation 5 yang sudah cukup lama ditunggu kehadirannya oleh para penggemar setianya. Namun sayang, model PlayStation 5 ini masih belum diketahui berapa harga resmi yang dipasarkan terutama di Indonesia.

Mungkin beberapa dari Anda pernah atau bahkan masih memiliki salah satu dari beberapa model PlayStation yang pernah dikeluarkan oleh Sony. Liputan6.com di bawah ini sudah merangkum berbagai model PlayStation yang paling populer dari masa ke masa, dan tentunya akan membawa Anda sedikit bernostalgia, Senin (15/6/2020).

PlayStation 1


Generasi pertama dari model PlayStation keluaran Sony diluncurkan pada tahun 1994. Sony merilis PlayStation 1 ini di Jepang lalu 11 bulan kemudian diikuti perilisannya di Amerika Utara dan Eropa. Hadirnya PS1 langsung mendapat sambutan positif dari masyarakat dunia kala itu. Kesuksesan dari PS1 ini tidak lepas dari fitur Compact Disc (CD) yang belum dimiliki konsol dari pesaing lainnya.

Sony pada tahun 2000 juga meluncurkan PS1 dengan bentuk yang lebih menarik. Secara spesifikasi, PS1 generasi ke-2 ini sama dengan generasi sebelumnya, dan yang membedakan hanya ukuran dan warnanya. Lalu seiring menurunnya penjualan dan permintaan pasar yang meningkat terhadap grafis yang lebih baik, maka pada tahun 2006 Sony akhirnya menghentikan penjualan model PlayStation 1 dan ditutup dengan meraup total penjualan hingga lebih dari 101 juta unit kala itu.

PlayStation 2


PlayStation 2 sendiri sebenarnya sudah diluncurkan oleh Sony pada tahun 2000 bersamaan dengan PS1 generasi ke-2. Namun memang di Indonesia sendiri kehadiran model PlayStation 2 ini dapat dibilang terlambat. PS2 sendiri hadir dengan kombinasi warna hitam dan biru dan tercatat telah ada lebih dari 3.800 judul game yang pernah dirilis untuk PS2.

Model PlayStation 2 menjadi produk laris milik Sony hingga saat ini. Bahkan penjualan PlayStation 2 pernah meledak hingga mencapai angka 155 juta unit. PS2 sendiri sebenarnya juga memiliki dua versi. Pada tahun 2004, Sony meluncurkan PS2 versi slim, yang lebih ramping, lebih tipis, dan lebih tenang dari versi PS2 generasi pertama.

PlayStation 3


Selanjutnya pada tahun 2006 Sony merilis PlayStation 3 atau PS3 di Jepang. Model PlayStation generasi ini memiliki beberapa pembaruan yang cukup banyak. Selain grafis yang lebih baik, PS3 juga dilengkapi fitur kontroler DualShock 3 yang sudah nirkabel. PS3 kala itu memiliki pesaing kuat yaitu Xbox 360 dari Microsoft, dan Wii dari Nintendo.

PS3 juga memiliki dua versi lainnya, yaitu versi slim yang diluncurkan pada tahun 2009. Versi PS3 Slim ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan bobotnya juga lebih ringan dibanding versi pertamanya. PS3 Slim ini juga memiliki konsumsi daya yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan model PS3 versi lama.

Lalu, pada tahun 2012 Sony juga meluncurkan versi super slim, yang diharapkan mampu mendongkrak penjualan dari PS3. Namun, hal ini akhirnya kurang berhasil, karena tidak adanya inovasi baru dari PS3 super slim ini dari segi performa dan spesifikasi.

PlayStation 4


Setelah melalui perjalanan panjang dari versi PS3, akhirnya pada tahun 2013 Sony akhirnya merilis PlayStation 4. Kala itu, PS4 sudah menggunakan teknologi yang terbilang sangat luar biasa. PS4 ini dibekali dengan prosesor AMD Jaguar x86-64 eight core yang diperkuat dengan adanya chip prosesor kedua. Chip prosesor kedua ini memberi keuntungan agar pengguna bisa melakukan pembaruan atau download game terbaru, sembari bermain game yang ada.

Berjarak sekitar tiga tahun dari generasi PS4 pertama, akhirnya Sony menghadirkan varian PlayStation 4 Slim yang diluncurkan pada tahun 2016. Hampir sama dengan versi slim sebelum-sebelumnya, versi ini memang memiliki bentuk yang kecil dan ramping. Namun, Sony memberi sedikit fitur tambahan pada versi slim ini. Yaitu ‘power button’ yang sudah diganti menjadi ‘physical power button’ sehingga mengurangi risiko mudah tersentuh secara tidak sengaja.

Tidak sampai versi slim saja, Sony juga meluncurkan versi PS4 Pro pada tahun yang sama. Versi ini merupakan jawaban Sony terhadap era grafis 4K dan HDR. Model PlayStation 4 Pro sendiri merupakan tipe paling mahal diantara ketiganya. Sebab, tipe ini memiliki spesifikasi hardware yang lebih kuat dan juga performa yang lebih baik dari dua versi lainnya.

PlayStation 5


Setelah bertahun-tahun dinantikan oleh gamer, Sony akhirnya mengungkap desain dari PS5. Generasi terbaru dari model PlayStation ini hadir dalam dua versi, yaitu PS5 standar dan PS5 Digital Edition. Dari segi tampilan, versi PS5 Digital Edition memiliki bentuk yang lebih tipis dari pada varian standarnya. Selain itu, tombol yang dimiliki PS5 Digital Edition juga lebih sedikit.

Pada bagian tengah PS5, akan terlihat adanya port USB-A dan USB-C pada bagian depan. Memang, jika dilihat secara performa dan desain, model PlayStation 5 cukup memuaskan penggemarnya. Namun, sayangnya Sony belum memberikan rilis resmi mengenai harga PS5 ini. Akan tetapi, pada beberapa situs jual beli online, model PlayStation 5 ini dikabarkan memiliki harga sebesar US$ 699.99.

Namun, lebih baik menunggu terlebih dahulu mengenai rilis resmi harga dari model PlayStation 5 tersebut oleh Sony. Mengingat sangat besar risikonya jika teburu-buru membeli di situs jual beli online tersebut, karena rentan terhadap produk palsu yang justru akan merugikan Anda.

.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 71.758
 
Reputasi: 1840

Loading...
       
loading...
Reply
 


«
Spesifikasi PS3 | - »

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2021, Jelsoft Enterprises Ltd.