Menenangkan Hati
 
Go Back   Home > Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Menenangkan Hati

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Menenangkan Hati


Setiap orang pastinya pernah berada dalam keadaan sulit yang menyebabkan perasaan panik, khawatir dan stres berkumpul jadi satu. Biasanya kemunculan perasaan-perasaan tersebut disertai dengan jantung yang berdegup kencang. Dalam hal ini, penerapan cara menenangkan hati adalah kunci untuk mengatasinya.

Cara menenangkan hati

Sejumlah cara ini bisa Anda lakukan ketika kecemasan atau kepanikan sulit dikendalikan dan Anda tidak bisa tenang. Berikut adalah beberapa cara menenangkan hati yang dapat Anda coba supaya bisa tetap tenang meski dalam kondisi sulit.

1. Atur napas
Bernapas adalah cara menenangkan hati nomor satu dan paling efektif untuk mengurangi kepanikan dan kemarahan dengan cepat. Saat Anda cemas atau marah, Anda cenderung bernapas dengan cepat dan pendek.

Ada berbagai teknik pernapasan untuk membantu Anda tenang. Salah satunya adalah pernapasan tiga bagian. Penerapan teknik pernapasan ini mengharuskan Anda untuk mengambil napas dalam-dalam dan menghembuskannya sambil merilekskan tubuh Anda.

Setelah Anda merasa nyaman dengan pernapasan dalam, Anda dapat mengubah rasio penarikan dan pembuangan napas menjadi 1: 2 atau memperlambat napas.

2. Hindari pikiran yang negatif
Salah satu bagian dari perasan cemas atau marah adalah memiliki pikiran irasional yang selalu tidak masuk akal. Pikiran-pikiran ini sering kali sifatnya negatif. Ketika Anda mengalami hal ini, berhentilah dan cobalah untuk berpikir panjang atas dampaknya sebelum melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Lepaskan penyebab rasa tidak tenang
Cara menenangkan hati lainnya yang bisa Anda lakukan adalah melampiaskan perasaan Anda kepada hal-hal positif, misalnya dengan berolahraga. Melakukan berbagai aktivitas fisik dapat melepaskan serotonin untuk membantu Anda menjadi tenang dan merasa lebih baik. Selain olahraga, Anda juga bisa melakukan meditasi atau berpartisipasi dalam kegiatan sosial.

4. Visualisasikan diri Anda tenang
Cara yang satu ini mengharuskan Anda untuk berlatih teknik pernapasan yang telah Anda pelajari. Setelah menarik napas dalam-dalam, tutup mata dan bayangkan diri Anda tenang.

Bayangkan tubuh Anda santai dan diri Anda dapat melalui situasi yang menyebabkan stres atau kecemasan dengan tetap tenang dan fokus.

Dengan membuat gambaran mental tentang bagaimana rasanya tetap tenang, Anda dapat merujuk kembali ke visualisasi tersebut ketika Anda cemas.

5. Dengarkan musik
Setiap kali perasaan marah atau cemas meningkat, cobalah pasang headphone ke telinga dan dengarkan musik favorit Anda. Faktanya, mendengarkan musik dapat memiliki efek yang sangat menenangkan pada tubuh dan pikiran.

6. Ubah fokus Anda
Tinggalkan situasi atau penyebab perasaan tidak tenang. Cobalah lihat ke arah lain, keluar dari pemikiran negatif, atau keluar dari ruangan.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan supaya Anda tetap dapat berpikir dengan jernih. Anda tidak disarankan untuk mengambil keputusan saat sedang marah atau cemas.

7. Rilekskan tubuh
Ketika Anda cemas atau marah, perasaan tersebut bisa membuat setiap otot di tubuh Anda tegang. Berlatih relaksasi otot dapat membantu Anda menenangkan dan memusatkan diri.

Untuk melakukan ini, berbaringlah di lantai dengan tangan berada di samping. Pastikan kaki Anda tidak bersila dan tangan tidak mengepal. Mulailah dari jari kaki Anda dan katakan pada diri Anda untuk melepaskan perasaan negatif tersebut. Perlahan naik ke bagian tubuh hingga sampai pada kepala. Lakukan secara rutin dan berulang.

8. Buatlah tulisan
Ada sebagian orang yang saat marah sampai sulit untuk berbicara. Jika Anda juga mengalaminya, coba ambil jurnal dan tulis pemikiran Anda. Jangan khawatir tentang tata bahasa dan tanda bacanya, cukup tulis saja. Menulis membantu Anda menyingkirkan pikiran negatif.

9. Mencari udara segar
Suhu dan sirkulasi udara di suatu ruangan dapat meningkatkan kecemasan atau kemarahan Anda. Jika Anda merasa ruangan yang Anda tempati panas atau pengap, ini bisa memicu kepanikan dan perasaan tidak tenang.

Cobalah untuk pergi ke luar ruangan dan cari udara segar. Tidak hanya membantu menenangkan Anda, udara segar juga dapat menyingkirkan hambatan yang mengganggu proses berpikir saat cemas atau marah.

10. Mengobrol dengan orang yang dipercaya
Mengobrol dengan seseorang yang Anda percayai dapat membuat hati lebih tenang. Anda bisa mencurahkan apa yang Anda rasakan atau pikirkan sehingga beban terasa berkurang.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan hati. Jika cara di atas tidak bisa membuat hati Anda tenang, tidak ada salahnya untuk mengonsultasikan masalah ini kepada psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 73.065
 
Reputasi: 1897

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Menenangkan Hati

Dalam tarikan logika paling sederhana dapat dipahami bahwa hati yang rusak, apalagi mati, tidak akan mampu menjadikan seseorang berfungsi pemikirannya. Sehingga, mustahil hatinya dapat memahami segala sesuatu, bahkan pendengaran pun tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Lebih jauh, tidak ada gunanya mata kepala yang bisa melihat, jika mata di dalam hati telah buta.

Orang yang hatinya demikian, hidupnya akan dipandu oleh hawa nafsu, egoisme, sy#hwat, dan segala hal yang menimbulkan mafsadat, baik kecil maupun besar.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 73.065
 
Reputasi: 1897






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Menenangkan Hati

tak bisa itu mod,cara nya gampang kok,asal didompet punya duit,hati pun senang
k3nt0ng k3nt0ng is offline
City Level

Post: 474
 
Reputasi: 0

loading...
Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 2
k3nt0ng
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2021, Jelsoft Enterprises Ltd.