Cara Membuka Baut/Mur Yang Macet

herimarianto

New member
https://www.teknik-otomotif.co.id/ - Salah satu tipe sambungan yang sering digunakan untuk menyambung antara satu komponen dengan komponen lainnya adalah dengan menggunakan sambungan baut (bolt) dan mur (nut).

Sambungan baut dan mur ini merupakan sambungan yang tidak permanen artinya sambungan ini dapat dilepas dan disambung kapan saja tanpa merusaknya.

Macam-Macam Baut dan Mur
Dibidang otomotif sambungan baut dan mur banyak digunakan untuk menyambung atau menghubungkan antara part-part (komponen-komponen), misalnya saja untuk sambungan roda kendaraan, sambungan poros propeller, sambungan clutch cover dan lain sebagainya.

Sebagian besar baut dan mur menggunakan tipe ulir kanan yaitu pengencangan baut dan mur dengan cara memutarkan ke arah kanan dan untuk mengendorkannya dengan memutarkan ke arah kiri.



Namun juga ada baut dan mur dengan menggunakan ulir kiri yaitu untuk mengencangkannya dengan memutarkan ke arah kiri sedangkan untuk mengendorkannya dengan memutarkan ke arah kanan.

Tipe-Tipe Baut (Bolt)
Baut memiliki berbagai tipe yang berbeda-beda sesuai dengan bentuk kepala dari baut itu sendiri dan dari penggunaannya. Tipe-tipe baut pada umumnya antara lain :



Baut dengan kepala hexagonal (hexagonal bolt)
Baut hexagonal merupakan salah satu tipe baut yang sering digunakan, ciri-ciri baut tipe ini adalah memiliki kepala baut berbentuk hexagonal atau segi enam. Beberapa baut tipe hexagonal ada yang dilengkapi dengan flange (plat) pada bagian bawah kepalanya. Flange pada baut ini berfungsi sama seperti baut yang menggunakan washer.
Baut dengan kepala segi empat (square head bolt)
Baut tipe ini memiliki bentuk kepala segi empat.
Point head bolt
Pada baut tipe point head bolt ini memiliki bagian grip dan ulir yang ukuran diameternya sama atau sejajar. Pada bagian atas kepala baut ini memiliki 12 ridges yang melingkar lurus ke bawah ke arah ulirnya. Diantara bagian ridges dan ulir ini dibatasi dengan bahu
Carriage bolt
Baut tipe ini memiliki bentuk kepala seperti kubah dan pada bagian bawah kubah (leher) berbentuk segi empat.
Hex socket head bolt
Baut tipe ini memiliki kepala yang di dalamnya terdapat lubang berbentuk segi enam (hexagonal). Baut tipe ini dapat digunakan pada tempat (lubang) yang memiliki ukuran kecil karena ukuran dari kepala baut ini memiliki ukuran yang kecil.
Hexalobular hole bolt
Baut tipe ini memiliki kebala yang bagian dalamnya terdapat lubang berbentuk seperti bintang sehingga pada umumnya baut tipe ini sering disebut dengan baut bintang.
Baut U
Baut U ini memiliki bentuk seperti huruf U. Pada bidang otomotif, salah satu contohnya baut tipe U digunakan untuk menyambungkan pegas-pegas daun pada axle.
Baut tanam
Baut tanam tidak memiliki kepala, pada kedua ujung baut ini berbentuk ulir. Salah satu ulir baut ini ditanam pada bagian komponen.

Cara Membuka Baut/Mur Yang Keras Dan Gundul
Ada beberapa cara yang perlu dilakukan yang diantaranya yaitu:

Dengan gunakan kunci sok atau kunci ring segi enam (jangan pake yang gerigi).
Apabila memungkinkan sambung kunci supaya lebih panjang.
Dengan beri sedikit pukulan atau hentakan ketika membuka.
Dan untuk baut yang jika terlampau keras, pukul dulu sedikit kepala baut.
Cara Membuka Baut/Mur Yang Seret Karena Karatan
Ada beberapa cara yang perlu dilakukan yang diantaranya yaitu:

Dengan basuh pake minyak rem atau penetraring oil jika drat karatan.
Basuh menggunakan air apabila kotor oleh debu dan tanah kering.
Dan dengan buka baut/mur dengan gerakan bolak-balik putaran.
Cara Membuka Baut/Mur Yang Slek Tidak Mau Keluar
Ada beberap cara yang perlu dilakukan yang diantaranya yaitu:

Dengan buka baut/mur sambil di congkel pake obeng.
Congkel dulu baut/mur pake obeng supaya terangkat lalu coba buka sambil obeng di congkelkan terus.
Cara Membuka Sekrup Yang Keras Atau Macet
Ada beberapa yang perlu dilakukan yang diantaranya yaitu:

Dengan menggunakan obeng ketok.
Dan pukul dulu sekrup menggunakan mata obeng dan palu supaya lebih tertancap.

Untuk lebih jelasnya simak ulasan link berikut ini: https://www.teknik-otomotif.co.id/inilah-cara-membuka-baut-mur-yang-macet-keras-karena-karat/
 
Back
Top