Khasiat Bunga Liar yang Membuat Awet Muda

spirit

Mod
khasiat-bunga-liar-yang-membuat-awet-muda-R9qtgG2EY8.jpg

Bunga-bunga yang tumbuh liar di pegunungan Albania ditengarai memiliki khasiat pada kecantikan. Bunga cowslip disebut mampu menjaga warna kulit dan minyak "bunga abadi" atau helichrysum adalah resep awet muda.

Bunga-bunga ini berkontribusi pada ekspor yang mencapai lebih dari Rp405 miliar sehingga membawa berkah kepada perekonomian warga lokal.
Warwatan BBC melakukan perjalanan pagi yang diawali secara terburu-buru. Dia masih sibuk mengutak-atik beberapa krim dan tabir surya tatkala minibus yang saya tumpangi akhirnya berangkat.

Sebelum meninggalkan kota Kukës di Albania, sang wartawan sudah diperingatkan akan menempuh perjalanan bergelombang ke dataran tinggi selama dua jam.

Bus penuh sesak dengan orang-orang dan barang bawaan mereka. Para penumpang memiliki kulit yang bersih dan struktur tulang yang bagus, yang biasa saya lihat pada pria dan perempuan di daerah pegunungan di utara Albania.

Namun, barang bawaan mereka mengejutkan saya. Ada pepatah mengerikan dari Kanun, aturan tradisional Albania yang menentukan kehidupan masyarakat, bahwa "perempuan adalah karung yang harus digunakan dengan baik".

Di sini, perempuan bertubuh kurus dengan jilbab sopan dan anyaman hitam panjang mengangkat barang bawaan yang cukup besar ke dalam bus.

Di sebelah saya, seorang perempuan membawa tas besar berisi setengah lusin roti yang segar dari toko roti.

Di depannya, seorang perempuan berdebat dengan pengemudi tentang menyimpan seprei besar yang diikat di sekitar kumpulan tangkai dan bunga, beberapa di antaranya mengotori lantai minibus.

Seorang perempuan lain - yang kemudian memperkenalkan dirinya hanya sebagai "istri Naim", sebagai penanda bahwa pandangan tradisional terhadap perempuan masih ada di daerah tersebut - ingin memberi tahu para penumpang minibus tentang apa yang ada di tumpukan rerumputan yang ia bawa pulang dari Kuks.

"Tanpa tangkai, kata mereka! Tahun lalu mereka senang dengan tangkai! Tapi sekarang tampaknya, itu tidak bisa diterima. Jadi, semuanya harus pulang lagi. Mungkin saya akan menjadikannya makanan domba saja,” ujar perempuan itu.


 
Back
Top