Viral, Ikan 'Bergigi Manusia' Muncul di AS

spirit

Mod
w1200

ikan 'bergigi manusia' itu ditemukan oleh seorang nelayan bernama Nathan Martin pada Senin (2/8) waktu setempat.

AKURAT.CO, Seekor ikan langka berhasil ditemukan di pantai kota Nags Head, Carolina Utara, Amerika Serikat (AS). Ikan itu kini viral karena memiliki gigi unik menyerupai gigi manusia.

Sebagaimana diwartakan BBC hingga Fox News, ikan 'bergigi manusia' itu ditemukan oleh seorang nelayan bernama Nathan Martin pada Senin (2/8) waktu setempat.

Sore itu, Martin yang tinggal satu jam dari kota Nags Head, menangkap ikan di Dermaga Jennette. Tak disangka, ikan yang sulit ditangkapnya kala itu ternyata memiliki gigi mirip dengan manusia. Martin pun mengaku sangat senang karena perjuangan menarik ikan dari laut berbuah 'kejutan'.

Karena sukar didapat, ikan itu juga rencananya akan digantung di dinding untuk dipamerkan Martin.

"Itu pertarungan yang luar biasa, itu tangkapan yang sangat bagus, dan rasanya sungguh menyenangkan," ujar Martin kepada McClatchy News.

Foto ikan yang ditangkap Martin itu kemudian langsung dibagikan oleh pihak Jennette's Piers di Facebook pada Selasa (3/8). Dalam foto-foto yang dibagikan itu, terlihat ikan tersenyum lebar dengan mulut dipenuhi satu set gigi mirip gigi manusia dewasa. Jika diperhatikan lebih lanjut, ikan itu juga memiliki baris gigi geraham.

Tak lama setelah diunggah itu, warganet langsung membanjiri laman Facebook Jennette's Pier. Dalam komentarnya, warganet mengaku penasaran dengan ikan tersebut. Namun, tak jarang pula ada warganet yang bersenda gurau dan membuat lelucon dengan penemuan ikan unik tersebut.

"Apakah dari ikan itu gigi palsu berasal?" tulis seorang pengguna Facebook.

"Ikan itu memiliki gigi yang lebih bagus dari gigiku," tulis yang lain.

Meski mengejutkan, tetapi ikan itu bukan merupakan tanda-tanda 'anomali' alam. Oleh ahli, ikan itu diidentifikasi sebagai ikan 'sheepshead'. Ahli menjelaskan bahwa sangat normal bagi sheepshead untuk memiliki gigi menyerupai manusia.

Gigi-gigi itu pun biasa digunakan ikan sheepshead untuk mengunyah teritip atau hewan bercangkang keras lainnya.

Ini juga bukan pertama kalinya ikan bergigi menjadi perhatian publik.

Pada Juli 2020 lalu, juga viral penemuan ikan dengan rupa unik karena memiliki satu set gigi yang juga mirip dengan gigi manusia. Seorang nelayan di Malaysia mengambil foto hewan aneh itu setelah menangkapnya, dan mengunggahnya ke Twitter.

Pada saat itu, beberapa pengguna mempertanyakan apakah ikan itu asli, karena hampir tampak memiliki gigi palsu yang ditempatkan di dalam mulutnya. Kendati demikian banyak juga pengguna Twitter lain yang kurang penasaran tentang asal usul hewan itu dan hanya membuat lelucon hingga meme tentang ikan tersebut.

Kemudian setelah viral, sejumlah media asing termasuk Times Now News melaporkan bahwa ikan itu sebenarnya adalah Triggerfish. Namun, menurut ahli yang disebut Times Now News, ikan di media sosial itu tampaknya telah diedit sedikit.

Kemudian penemuan lain terjadi pada Juni 2015 lalu. Ketika itu, ikan dengan gigi kecil-kecil menyerupai gigi manusia ditemukan oleh seorang nelayan bernama Ron Rossi. Rossi berhasil menangkap ikan itu saat memancing bersama dengan putranya di danau Swedes Lake di South Jersey, AS. Oleh 6ABC, ikan itu kemudian diidentifikasi sebagai ikan asli Amerika Selatan yang disebut Pacu.

.
 
Back
Top