Nasi kucing

spirit

Mod
1024px-Nasi_kucing_langgi.jpg

Nasi kucing adalah makanan yang berasal dari Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta. Porsi nasi kucing yaitu sedikit, biasanya ditambah sambal, ikan, dan tempe, lalu dibungkus daun pisang.

Kata "nasi kucing" berarti "nasi untuk kucing", karena porsinya yang kecil. Kata tersebut berasal dari kebiasaan masyarakat Jawa yang memelihara kucing dan memberikan makanan untuk peliharaannya dengan porsi kecil.

Nasi kucing berasal dari Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta.

Nasi kucing memiliki porsi kecil yang ditambah dengan berbagai macam lauk. Jenis lauk yang disediakan biasanya ikan bandeng dan tempe. Bahan lain yang dapat ditambahkan yaitu telur, ayam, dan mentimun. Disajikan dengan daun pisang dan bisa langsung disantap.

Variasi dari nasi kucing adalah sego macan, ukurannya tiga kali lebih besar dibandingkan nasi kucing. Biasanya disajikan dengan nasi yang dibakar, ikan, dan sayuran. Seperti nasi kucing, sego macan juga dibungkus daun pisang.

Nasi kucing biasanya dijual dengan harga murah (terkadang Rp 1000 untuk nasi kucing dan Rp 4000 untuk sego macan) di tempat yang kecil, maupun jajanan pinggir jalan yang disebut angkringan.Nasi ini sangat digemari oleh berbagai kalangan terutama kalangan muda seperti mahasiswa.


 
fakta-menarik-nasi-kucing-2_43.jpeg

Nasi Kucing Sudah Dikenal Tahun 1950 dan Jadi Menu Ikonik Angkringan

Nasi kucing identik dengan angkringan. Menu yang selalu ada di angkringan ini nasinya hanya 3 sendok makan plus secuil bandeng dan sejumput sambal.

Menurut sejarah, angkringan sudah ada sejak tahun 1950, yang pada masa itu dibawa oleh Mbah Pairo dari Klaten ke Yogyakarta. Saat itu Mbah Pairo berjualan di emplasemen Stasiun Tuju Jogja, seperti dikutip dari Good News From Indonesia (29/7).

Berawal dari angkringan yang dibawa Mbah Pairo itulah nasi kucing mulai dikenal. Mbah Pairo juga menawarkan menu nasi kucing itu pada angkringannya. Pada akhirnya nasi kucing menjadi menu khas yang dihadirkan oleh angkringan hingga saat ini.


~detikfood
 
Back
Top